Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Edmodo

Authors

  • Iwan Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2659

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Media edmodo

Abstract

Inovasi dalam pendidikan matematika harus selalu diupayakan dalam rangka perbaikan proses pembelajaran matematika. Salah satu yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika adalah penggunaan pendekatan saintifik dengan menggunakan media Edmodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36. Dalam setiap siklus terdapat empat fase yaitu : 1) Merencanakan PTK, 2) Melaksanakan PTK, 3) Melaksanakan observasi. 4) Melakukan refleksi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti sampai pada kesimpulan sebagai berikut : 1) Teknik pembelajaran Pendekatan saintifik dengan edmodo dapat dilaksanakan pada proses pembelajaran 2) Hasil belajar siswa dan aktivitas siswa mengelami peningkatan tiap siklusnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan A.(2013). Berbagi Pengalaman Seru Menggunakan Edmodo [Online] Tersedia : http://amiroh.web.id/mengoptimalkan-e-learning-edmodo/[ 20 Maret 2015]

Darr, C dan Fisher, J. (2004). Self-Regulated Learning in Mathematics Class. [Online].Tersedia:www.arb.nzcer.org.nz/nzcer3/research/Maths/2004SRLthinkingmodels. htm. [20 Maret 2015]

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Modul Pelatihan Implementasi

Kurikulum 2013. Jakarta, 2013

_______________. (2013). Lampiran Permendikbud, No. 81 a tahun 2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta, 2013

Kusnidar, H (2012). Panduan Edmodo Bagi Teacher. [online] Tersedia: http://www.fkip.unidar.ac.id/wpcontent/uploads/2013/04/ Panduan Edmodo-bagi-Dosen.pdf. [20 Maret 2015].

Marfuah dan Indarti (2010). Penggunaan Internet Dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Yogyakarta, Kementerian Pendidikan Nasional PPPPTK, 2010.

Maulana (2012). Alternatif Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahapeserta didik PGSD. Tesis pada FKIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Rismayanti, A (2012) Mengenal Lebih Dekat Edmodo Sebagai Media E-learning

Dan Kolaborasi. [online]. Tersedia https://www.google.com/#q=Mengenal+Lebih+Dekat+Edmodo+Sebagai+Media+E-learning+%09Dan+Kolaborasi. [20 Maret 2015].

Sudrajat A. (2013; 1). Langkah-langkah pendekatan Saintifik [Online]Tersedia : http ://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/07/18/pendekatan-saintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran/

Sumarmo, U. (2011) Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1,ISBN 978-602-19541-0-2

Syamsuduha,D. (2012), Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta didik SMP. Tesis pada FKIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Turmudi (2009). Teknik dan Strategi Pembelajaran Matematika Referensi UntukGuru SMP/MTs, Mahapeserta didik dan Umum. Jakarta, Leuser Cita Pustaka.

Warjiman, M (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Matematika Menggunakan Edmodo. Tesis pada FKIP UNPAS Bandung, Tidak diterbitkan.

Weiman, C. (2007). Why Not Try Sceintific Approach to Science Education?. Diterbitkan di Change The Magazine Of Higher Learning.

Yaniawati, P. (2010). E- learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arvino Raya, 2010.

Published

2020-05-26