Efektivitas Pendekatan Somatik, Audio, Visual, Dan Intelektual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan

  • Tajudin .
  • Fiki Alghadari
  • Ahmad Jauhari Hamid Rifki

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya pendekatan somatik, audio, visual, dan intelektual (SAVI) dalam meningkatkan hasil belajar pecahan. Fokus penelitian pada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dengan pendekatan SAVI dan pendekatan konvensional. Penelitian ini dengan metode kuantitatif, quasi eksperimen, dan disain kelompok kontrol hanya postes. Teknik pengumpulan data dengan instrumen tes berbentuk uraian yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar yang dipilih secara purposive sampling. Analisis data hasil belajar menggunakan uji perbedaan rata-rata dua kelompok pembelajaran atau uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelompok pendekatan SAVI lebih baik dari pada siswa kelompok pendekatan Kvsl. Pendekatan SAVI efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya hasil belajar pecahan. Pendekatan SAVI merupakan salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 26, 2020
How to Cite
., Tajudin; ALGHADARI, Fiki; HAMID RIFKI, Ahmad Jauhari. Efektivitas Pendekatan Somatik, Audio, Visual, Dan Intelektual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 61-67, may 2020. ISSN 2722-7219. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2653>. Date accessed: 29 june 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2653.
Section
Articles