Main Article Content

Abstract

Inovasi dalam pendidikan matematika harus selalu diupayakan dalam rangka perbaikan proses pembelajaran matematika. Salah satu yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan hasil belajar matematika adalah penggunaan pendekatan saintifik dengan menggunakan media Edmodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 36. Dalam setiap siklus terdapat empat fase yaitu : 1) Merencanakan PTK, 2) Melaksanakan PTK, 3) Melaksanakan observasi. 4) Melakukan refleksi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti sampai pada kesimpulan sebagai berikut : 1) Teknik pembelajaran Pendekatan saintifik dengan edmodo dapat dilaksanakan pada proses pembelajaran 2) Hasil belajar siswa dan aktivitas siswa mengelami peningkatan tiap siklusnya.

Keywords

Pendekatan Saintifik Hasil Belajar Media edmodo

Article Details

How to Cite
Kurniawan, I. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Edmodo. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 128–134. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2659

References

  1. Adnan A.(2013). Berbagi Pengalaman Seru Menggunakan Edmodo [Online] Tersedia : http://amiroh.web.id/mengoptimalkan-e-learning-edmodo/[ 20 Maret 2015]
  2. Darr, C dan Fisher, J. (2004). Self-Regulated Learning in Mathematics Class. [Online].Tersedia:www.arb.nzcer.org.nz/nzcer3/research/Maths/2004SRLthinkingmodels. htm. [20 Maret 2015]
  3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Modul Pelatihan Implementasi
  4. Kurikulum 2013. Jakarta, 2013
  5. _______________. (2013). Lampiran Permendikbud, No. 81 a tahun 2013
  6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta, 2013
  7. Kusnidar, H (2012). Panduan Edmodo Bagi Teacher. [online] Tersedia: http://www.fkip.unidar.ac.id/wpcontent/uploads/2013/04/ Panduan Edmodo-bagi-Dosen.pdf. [20 Maret 2015].
  8. Marfuah dan Indarti (2010). Penggunaan Internet Dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Yogyakarta, Kementerian Pendidikan Nasional PPPPTK, 2010.
  9. Maulana (2012). Alternatif Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahapeserta didik PGSD. Tesis pada FKIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
  10. Rismayanti, A (2012) Mengenal Lebih Dekat Edmodo Sebagai Media E-learning
  11. Dan Kolaborasi. [online]. Tersedia https://www.google.com/#q=Mengenal+Lebih+Dekat+Edmodo+Sebagai+Media+E-learning+%09Dan+Kolaborasi. [20 Maret 2015].
  12. Sudrajat A. (2013; 1). Langkah-langkah pendekatan Saintifik [Online]Tersedia : http ://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/07/18/pendekatan-saintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran/
  13. Sumarmo, U. (2011) Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1,ISBN 978-602-19541-0-2
  14. Syamsuduha,D. (2012), Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Peserta didik SMP. Tesis pada FKIP UPI Bandung: Tidak diterbitkan
  15. Turmudi (2009). Teknik dan Strategi Pembelajaran Matematika Referensi UntukGuru SMP/MTs, Mahapeserta didik dan Umum. Jakarta, Leuser Cita Pustaka.
  16. Warjiman, M (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Matematika Menggunakan Edmodo. Tesis pada FKIP UNPAS Bandung, Tidak diterbitkan.
  17. Weiman, C. (2007). Why Not Try Sceintific Approach to Science Education?. Diterbitkan di Change The Magazine Of Higher Learning.
  18. Yaniawati, P. (2010). E- learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arvino Raya, 2010.

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.