Pembelajaran Matematika Guided Note Taking Dan Pbl Ditinjau Dari Motivasi Belajar Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2654Keywords:
PBL, GNT, Motivasi, Kemampuan pemecahan masalahAbstract
Artikel ini membahas temuan dari penelitian kuasi eksperimen untukmengetahui pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik peserta didik SMK Negeri 1 Purwakarta kelas XI,sampel penelitian terdiri dari 3 kelas sebagai kelas eksperimen 1, dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kelas eksperimen 2 dengan strategi Guided Note Taking (GNT) dan kelas kontrol tanpa perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Sampling.Data yang digunakan adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama, yang sebelumnya mengunakan uji prasarat analisis dengan metode lilliefors untuk uji normalitas dengan metode bartlet untuk uji homogenitas. Analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen 1, dengan eksperimen 2 ditinjau dari motivasi belajar matematika. Pencapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang pembelajarannya menggunakan PBL lebih baik dari pada GNT, Pembelajaranya menggunakan PBL lebih baik dari konvensional, pembelajaranya menggunakan GNT tidak lebih baik dari konvensional, Pencapaian kemapuan pemecahan masalah matematik yang pembelajarannya menggunakan PBL nilainya lebih besar sama denan 70, 20 0rang, menggunakan GNT, 17 orang dan kelas Konvensional 17 orang, Tidak terdapat interaksi antara motivasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematik.Downloads
References
Amir, T. 2009.
Inovasi Pendidikan melalui
Problem Based Learning: Bagaimana
Pendidik Memberdayakan Pemela
jar di Era
Pengetahuan
.
Jakarta: Prenada Media
Grup.
Arifin, Z. 2008. “
Meningkatkan Motivasi
Berprestasi, Kemampuan Pemecahan
Masalah, Dan hasi belajar Siswa kelas
IV SD Melalui Pembelajaran
Realistikdengan Strategi kooperatif di
kabupaten Lamongan”.
Disertasi PPS
UPI: Tidak dit
erbitkan.
Arikunto, S. 2006.
Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka
Cipta.
Budiyono, 2009.
Statistik Dasar Untuk
Penelitian.
Surakarta: UNS Pers.
Creswell, J. 2010.
Research Design
Pendekatan kualitatif, kuantitatif
dan Mixed
.
Yogyakarta: PustakaPelajar.
Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
Permendiknas nomer 22 tahun Tentang
Standar Isi Sekolah Menengah Atas,
Jakarta: DEPDIKNAS
Edistra, E. 2012. “
Pengaruh Penerapan
Hypnoteaching dalam Problem Based
Learning terhadap kema
mpuan
komunikasi dan berfikir kreatif
matematika siswa SMP”.
Tesis PPS UPI:
Tidak Diterbitkan.
Kemenntrian Pendidikan Nasional,
Daftar Kolektif Hasil Ujian
Nasional (DKHUN).
Propinsi Jawa Barat:
Bandung
Kementrian Pendidikan danKebudayaan,
Materi Pelatihan Imlemntasi
kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK
Matematika
. Jakarta
Kosasih, E. 2008.
Ketatabahasaandan
Kesustraan
. Bandung: YRAMA
WIDYA.CV
Lopiccolo, O.S. 2013.
Implementing Guided
Note Taking to Improve
Student
Learning of Energy Saving
Constraction
Technique.
Copyright ASEE Middle
Atlantic Regional Conference April
30 Farmingdale State College SUNY.
Sabtu 16
-
-
jam 10
www.asee.org
/document
/section/middleatlantic/spring/2011/lopic
colo.pdf
,
Mahmudi, A.
Improving Student
Mathematical Problem Solving Ability
and Disposition by using Problem Based
MHM Strategy.
Educationist Jurnal
kajian filosofi, teori, kualitas, dan
menejemen pendidikan. Vol.v
No.1/Januari 2012.
Jaka Slamet Riyadi, Pembelajaran Matematika Guided Note Taking dan PBL ditinjau dari Motivasi Belajar untuk
Pencapaian Kemampuan
Pemecahan Masalah
Martin, T. 2011. Pembelajaran Matem
atika
melalui Pendekatan React untuk
meningkatkan kemampuan Pemevahan
masalah siswa SMP.
Educationist Jurnal
kajian filosofi, teori, kualitas, dan
menejemen pendidikan.Vol.v
No.1/Januari 2012.
Matlin, M W. 2009.
Cognition Seventh
Edition. Hoboken,
New Jers
ey: John
Wiley & Sons, Inc.
Muhamad S dan Abdul A. 2005.
Syarah
Tsalatsatil Ushul
: Sukoharjo: Al
-
Ghuroba’
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang
Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
Tahun 2013 tentang
Kerangka Dasar
dan Struktur Kurikulum.
Promovendus, S. 2011. “
Peningkatan
kemampuan Berfikir logis, kemampuan
pemecahan masalah matematis, dan
sikap siswa terhadap matematika melalui
pendekatan pendidikan matematik
realistic”.
PPS Di
sertasi UPI, tidak
dipublikasikan.
Purwanto, M. N 2007.
Psikologi Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rosnawati. R. 2012.
Kemampuan Penalaran
Matematika Siswa SMP Indonesia pada
TIMSS 2011
Prosiding Seminar Nasional
Penelitian, Pendidikan dan
Penerapan
MIPA, Fakultas MIPA, Universitas
Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013
Ruseffendi, E.T.
Pengantar Kepada
Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya dalam Pengajaran
Matematika,
Bandung: Tarsito
Sardiman, 2012.
Interaksidan Motivasi Belajar
Mengaja
r.
Jakarta: Raja Grafindo
Persada PT
Shadiq, F. 2004.
Pemecahan Masalah,
Penalaran dan Komunikasi.
Yogyakarta:
Dirjendikdasmen PPPG Matematika
Silberman, M. 2007.
Active Learning: 101
Strategi Pembelajaran Aktif,
terjemahan
Sarjulidkk. Yogyakarta:
Insani Madani
PT
Solihin. 2011.
Meningkatkan Kemampuan
berfikir kritis dan kreatif pada siswa
SMA melalui pembelajaran berbasisi
Masalah
: JPME November 2011, tahun
, nomer 1
Sugiyono. 2013.
Statistik Untuk Penelitian:
Bandung: Alfa Beta
Sukmadinata, N S
, 2006.
Metode Penelitian
Pendidikan.
Bandung: Remaja
Rosdakarya
Suprihatiningrum, J. 2013.
Strategi
Pembelajaran Teori dan Aplikasi
.
Jogjakarta: Ar
-
Ruzz Media.
Trianto, 2007.
Model
-
model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi
Konstruktivistik.
Jakarta: Presta
siPustaka
Uno, H. B. 2007.
Model Pembelajaran
.
Jakarta: Bumi Aksara PT
Weinstein, C.E, & Mayer, R.E. 1986.
The
teaching of learning strategies.
In M.C
Wittrock (Ed),
Handbook of researarch
on teaching
(3
rd
,Ed.,pp.315
-
. New
York: Macmillan.
Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 6, Nomor 2, November 2016, Hal 68
-
Winatapu
tra, 2002.
Strategi Belajar
Mengajar.
Jakarta: UT
Wianti, 2007.
Penerapan Metode Problem
Based Leraning,
http://wianti;multiply.com/journal/item/7
Widjayanti, D. B. 2010. “
Analisis
Implementasi Strategi Perkuliahan
Kolaboratif Berbasis Masalah dalam
Mengembangkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematik,
Kemampuan Komunikasi Matematisdan
Keyakinan TerhadapPembelajaran
Matematika”.
PPS Disertasi UPI, tidak
dipublikasikan.
Yuni
ta, F. 2011.
Hypno Learning
. Jakarta:
Transmedia Pustaka.
Zaini, dkk. 2008.
Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: Pustaka Insan Madani