Main Article Content

Abstract

Artikel ini membahas temuan dari penelitian kuasi eksperimen untukmengetahui pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik peserta didik SMK Negeri 1 Purwakarta kelas XI,sampel penelitian terdiri dari 3 kelas sebagai kelas eksperimen 1, dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL), kelas eksperimen 2 dengan strategi Guided Note Taking (GNT) dan kelas kontrol tanpa perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Sampling.Data yang digunakan adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama, yang sebelumnya mengunakan uji prasarat analisis dengan metode lilliefors untuk uji normalitas dengan metode bartlet untuk uji homogenitas. Analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa: Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen 1, dengan eksperimen 2 ditinjau dari motivasi belajar matematika. Pencapaian kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang pembelajarannya menggunakan PBL lebih baik dari pada GNT, Pembelajaranya menggunakan PBL lebih baik dari konvensional,  pembelajaranya menggunakan GNT tidak lebih baik dari konvensional, Pencapaian kemapuan pemecahan masalah  matematik yang pembelajarannya menggunakan PBL nilainya lebih besar sama denan 70, 20 0rang, menggunakan GNT, 17 orang dan kelas Konvensional 17 orang, Tidak terdapat interaksi antara motivasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematik.

Keywords

PBL GNT Motivasi Kemampuan pemecahan masalah

Article Details

How to Cite
Riyadi, J. S. (2020). Pembelajaran Matematika Guided Note Taking Dan Pbl Ditinjau Dari Motivasi Belajar Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 68–80. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2654

References

  1. Amir, T. 2009.
  2. Inovasi Pendidikan melalui
  3. Problem Based Learning: Bagaimana
  4. Pendidik Memberdayakan Pemela
  5. jar di Era
  6. Pengetahuan
  7. .
  8. Jakarta: Prenada Media
  9. Grup.
  10. Arifin, Z. 2008. “
  11. Meningkatkan Motivasi
  12. Berprestasi, Kemampuan Pemecahan
  13. Masalah, Dan hasi belajar Siswa kelas
  14. IV SD Melalui Pembelajaran
  15. Realistikdengan Strategi kooperatif di
  16. kabupaten Lamongan”.
  17. Disertasi PPS
  18. UPI: Tidak dit
  19. erbitkan.
  20. Arikunto, S. 2006.
  21. Prosedur Penelitian Suatu
  22. Pendekatan Praktik.
  23. Jakarta: Rineka
  24. Cipta.
  25. Budiyono, 2009.
  26. Statistik Dasar Untuk
  27. Penelitian.
  28. Surakarta: UNS Pers.
  29. Creswell, J. 2010.
  30. Research Design
  31. Pendekatan kualitatif, kuantitatif
  32. dan Mixed
  33. .
  34. Yogyakarta: PustakaPelajar.
  35. Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
  36. Permendiknas nomer 22 tahun Tentang
  37. Standar Isi Sekolah Menengah Atas,
  38. Jakarta: DEPDIKNAS
  39. Edistra, E. 2012. “
  40. Pengaruh Penerapan
  41. Hypnoteaching dalam Problem Based
  42. Learning terhadap kema
  43. mpuan
  44. komunikasi dan berfikir kreatif
  45. matematika siswa SMP”.
  46. Tesis PPS UPI:
  47. Tidak Diterbitkan.
  48. Kemenntrian Pendidikan Nasional,
  49. Daftar Kolektif Hasil Ujian
  50. Nasional (DKHUN).
  51. Propinsi Jawa Barat:
  52. Bandung
  53. Kementrian Pendidikan danKebudayaan,
  54. Materi Pelatihan Imlemntasi
  55. kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK
  56. Matematika
  57. . Jakarta
  58. Kosasih, E. 2008.
  59. Ketatabahasaandan
  60. Kesustraan
  61. . Bandung: YRAMA
  62. WIDYA.CV
  63. Lopiccolo, O.S. 2013.
  64. Implementing Guided
  65. Note Taking to Improve
  66. Student
  67. Learning of Energy Saving
  68. Constraction
  69. Technique.
  70. Copyright ASEE Middle
  71. Atlantic Regional Conference April
  72. 30 Farmingdale State College SUNY.
  73. Sabtu 16
  74. -
  75. -
  76. jam 10
  77. www.asee.org
  78. /document
  79. /section/middleatlantic/spring/2011/lopic
  80. colo.pdf
  81. ,
  82. Mahmudi, A.
  83. Improving Student
  84. Mathematical Problem Solving Ability
  85. and Disposition by using Problem Based
  86. MHM Strategy.
  87. Educationist Jurnal
  88. kajian filosofi, teori, kualitas, dan
  89. menejemen pendidikan. Vol.v
  90. No.1/Januari 2012.
  91. Jaka Slamet Riyadi, Pembelajaran Matematika Guided Note Taking dan PBL ditinjau dari Motivasi Belajar untuk
  92. Pencapaian Kemampuan
  93. Pemecahan Masalah
  94. Martin, T. 2011. Pembelajaran Matem
  95. atika
  96. melalui Pendekatan React untuk
  97. meningkatkan kemampuan Pemevahan
  98. masalah siswa SMP.
  99. Educationist Jurnal
  100. kajian filosofi, teori, kualitas, dan
  101. menejemen pendidikan.Vol.v
  102. No.1/Januari 2012.
  103. Matlin, M W. 2009.
  104. Cognition Seventh
  105. Edition. Hoboken,
  106. New Jers
  107. ey: John
  108. Wiley & Sons, Inc.
  109. Muhamad S dan Abdul A. 2005.
  110. Syarah
  111. Tsalatsatil Ushul
  112. : Sukoharjo: Al
  113. -
  114. Ghuroba’
  115. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
  116. tentang
  117. Standar Nasional Pendidikan.
  118. Peraturan Menteri Pendidikan dan
  119. Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
  120. Tahun 2013 tentang
  121. Kerangka Dasar
  122. dan Struktur Kurikulum.
  123. Promovendus, S. 2011. “
  124. Peningkatan
  125. kemampuan Berfikir logis, kemampuan
  126. pemecahan masalah matematis, dan
  127. sikap siswa terhadap matematika melalui
  128. pendekatan pendidikan matematik
  129. realistic”.
  130. PPS Di
  131. sertasi UPI, tidak
  132. dipublikasikan.
  133. Purwanto, M. N 2007.
  134. Psikologi Pendidikan.
  135. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  136. Rosnawati. R. 2012.
  137. Kemampuan Penalaran
  138. Matematika Siswa SMP Indonesia pada
  139. TIMSS 2011
  140. Prosiding Seminar Nasional
  141. Penelitian, Pendidikan dan
  142. Penerapan
  143. MIPA, Fakultas MIPA, Universitas
  144. Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013
  145. Ruseffendi, E.T.
  146. Pengantar Kepada
  147. Membantu Guru Mengembangkan
  148. Kompetensinya dalam Pengajaran
  149. Matematika,
  150. Bandung: Tarsito
  151. Sardiman, 2012.
  152. Interaksidan Motivasi Belajar
  153. Mengaja
  154. r.
  155. Jakarta: Raja Grafindo
  156. Persada PT
  157. Shadiq, F. 2004.
  158. Pemecahan Masalah,
  159. Penalaran dan Komunikasi.
  160. Yogyakarta:
  161. Dirjendikdasmen PPPG Matematika
  162. Silberman, M. 2007.
  163. Active Learning: 101
  164. Strategi Pembelajaran Aktif,
  165. terjemahan
  166. Sarjulidkk. Yogyakarta:
  167. Insani Madani
  168. PT
  169. Solihin. 2011.
  170. Meningkatkan Kemampuan
  171. berfikir kritis dan kreatif pada siswa
  172. SMA melalui pembelajaran berbasisi
  173. Masalah
  174. : JPME November 2011, tahun
  175. , nomer 1
  176. Sugiyono. 2013.
  177. Statistik Untuk Penelitian:
  178. Bandung: Alfa Beta
  179. Sukmadinata, N S
  180. , 2006.
  181. Metode Penelitian
  182. Pendidikan.
  183. Bandung: Remaja
  184. Rosdakarya
  185. Suprihatiningrum, J. 2013.
  186. Strategi
  187. Pembelajaran Teori dan Aplikasi
  188. .
  189. Jogjakarta: Ar
  190. -
  191. Ruzz Media.
  192. Trianto, 2007.
  193. Model
  194. -
  195. model Pembelajaran
  196. Inovatif Berorientasi
  197. Konstruktivistik.
  198. Jakarta: Presta
  199. siPustaka
  200. Uno, H. B. 2007.
  201. Model Pembelajaran
  202. .
  203. Jakarta: Bumi Aksara PT
  204. Weinstein, C.E, & Mayer, R.E. 1986.
  205. The
  206. teaching of learning strategies.
  207. In M.C
  208. Wittrock (Ed),
  209. Handbook of researarch
  210. on teaching
  211. (3
  212. rd
  213. ,Ed.,pp.315
  214. -
  215. . New
  216. York: Macmillan.
  217. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 6, Nomor 2, November 2016, Hal 68
  218. -
  219. Winatapu
  220. tra, 2002.
  221. Strategi Belajar
  222. Mengajar.
  223. Jakarta: UT
  224. Wianti, 2007.
  225. Penerapan Metode Problem
  226. Based Leraning,
  227. http://wianti;multiply.com/journal/item/7
  228. Widjayanti, D. B. 2010. “
  229. Analisis
  230. Implementasi Strategi Perkuliahan
  231. Kolaboratif Berbasis Masalah dalam
  232. Mengembangkan Kemampuan
  233. Pemecahan Masalah Matematik,
  234. Kemampuan Komunikasi Matematisdan
  235. Keyakinan TerhadapPembelajaran
  236. Matematika”.
  237. PPS Disertasi UPI, tidak
  238. dipublikasikan.
  239. Yuni
  240. ta, F. 2011.
  241. Hypno Learning
  242. . Jakarta:
  243. Transmedia Pustaka.
  244. Zaini, dkk. 2008.
  245. Strategi Pembelajaran Aktif.
  246. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.