Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Amir, T. 2009.
- Inovasi Pendidikan melalui
- Problem Based Learning: Bagaimana
- Pendidik Memberdayakan Pemela
- jar di Era
- Pengetahuan
- .
- Jakarta: Prenada Media
- Grup.
- Arifin, Z. 2008. “
- Meningkatkan Motivasi
- Berprestasi, Kemampuan Pemecahan
- Masalah, Dan hasi belajar Siswa kelas
- IV SD Melalui Pembelajaran
- Realistikdengan Strategi kooperatif di
- kabupaten Lamongan”.
- Disertasi PPS
- UPI: Tidak dit
- erbitkan.
- Arikunto, S. 2006.
- Prosedur Penelitian Suatu
- Pendekatan Praktik.
- Jakarta: Rineka
- Cipta.
- Budiyono, 2009.
- Statistik Dasar Untuk
- Penelitian.
- Surakarta: UNS Pers.
- Creswell, J. 2010.
- Research Design
- Pendekatan kualitatif, kuantitatif
- dan Mixed
- .
- Yogyakarta: PustakaPelajar.
- Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
- Permendiknas nomer 22 tahun Tentang
- Standar Isi Sekolah Menengah Atas,
- Jakarta: DEPDIKNAS
- Edistra, E. 2012. “
- Pengaruh Penerapan
- Hypnoteaching dalam Problem Based
- Learning terhadap kema
- mpuan
- komunikasi dan berfikir kreatif
- matematika siswa SMP”.
- Tesis PPS UPI:
- Tidak Diterbitkan.
- Kemenntrian Pendidikan Nasional,
- Daftar Kolektif Hasil Ujian
- Nasional (DKHUN).
- Propinsi Jawa Barat:
- Bandung
- Kementrian Pendidikan danKebudayaan,
- Materi Pelatihan Imlemntasi
- kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK
- Matematika
- . Jakarta
- Kosasih, E. 2008.
- Ketatabahasaandan
- Kesustraan
- . Bandung: YRAMA
- WIDYA.CV
- Lopiccolo, O.S. 2013.
- Implementing Guided
- Note Taking to Improve
- Student
- Learning of Energy Saving
- Constraction
- Technique.
- Copyright ASEE Middle
- Atlantic Regional Conference April
- 30 Farmingdale State College SUNY.
- Sabtu 16
- -
- -
- jam 10
- www.asee.org
- /document
- /section/middleatlantic/spring/2011/lopic
- colo.pdf
- ,
- Mahmudi, A.
- Improving Student
- Mathematical Problem Solving Ability
- and Disposition by using Problem Based
- MHM Strategy.
- Educationist Jurnal
- kajian filosofi, teori, kualitas, dan
- menejemen pendidikan. Vol.v
- No.1/Januari 2012.
- Jaka Slamet Riyadi, Pembelajaran Matematika Guided Note Taking dan PBL ditinjau dari Motivasi Belajar untuk
- Pencapaian Kemampuan
- Pemecahan Masalah
- Martin, T. 2011. Pembelajaran Matem
- atika
- melalui Pendekatan React untuk
- meningkatkan kemampuan Pemevahan
- masalah siswa SMP.
- Educationist Jurnal
- kajian filosofi, teori, kualitas, dan
- menejemen pendidikan.Vol.v
- No.1/Januari 2012.
- Matlin, M W. 2009.
- Cognition Seventh
- Edition. Hoboken,
- New Jers
- ey: John
- Wiley & Sons, Inc.
- Muhamad S dan Abdul A. 2005.
- Syarah
- Tsalatsatil Ushul
- : Sukoharjo: Al
- -
- Ghuroba’
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
- tentang
- Standar Nasional Pendidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan
- Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
- Tahun 2013 tentang
- Kerangka Dasar
- dan Struktur Kurikulum.
- Promovendus, S. 2011. “
- Peningkatan
- kemampuan Berfikir logis, kemampuan
- pemecahan masalah matematis, dan
- sikap siswa terhadap matematika melalui
- pendekatan pendidikan matematik
- realistic”.
- PPS Di
- sertasi UPI, tidak
- dipublikasikan.
- Purwanto, M. N 2007.
- Psikologi Pendidikan.
- Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Rosnawati. R. 2012.
- Kemampuan Penalaran
- Matematika Siswa SMP Indonesia pada
- TIMSS 2011
- Prosiding Seminar Nasional
- Penelitian, Pendidikan dan
- Penerapan
- MIPA, Fakultas MIPA, Universitas
- Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013
- Ruseffendi, E.T.
- Pengantar Kepada
- Membantu Guru Mengembangkan
- Kompetensinya dalam Pengajaran
- Matematika,
- Bandung: Tarsito
- Sardiman, 2012.
- Interaksidan Motivasi Belajar
- Mengaja
- r.
- Jakarta: Raja Grafindo
- Persada PT
- Shadiq, F. 2004.
- Pemecahan Masalah,
- Penalaran dan Komunikasi.
- Yogyakarta:
- Dirjendikdasmen PPPG Matematika
- Silberman, M. 2007.
- Active Learning: 101
- Strategi Pembelajaran Aktif,
- terjemahan
- Sarjulidkk. Yogyakarta:
- Insani Madani
- PT
- Solihin. 2011.
- Meningkatkan Kemampuan
- berfikir kritis dan kreatif pada siswa
- SMA melalui pembelajaran berbasisi
- Masalah
- : JPME November 2011, tahun
- , nomer 1
- Sugiyono. 2013.
- Statistik Untuk Penelitian:
- Bandung: Alfa Beta
- Sukmadinata, N S
- , 2006.
- Metode Penelitian
- Pendidikan.
- Bandung: Remaja
- Rosdakarya
- Suprihatiningrum, J. 2013.
- Strategi
- Pembelajaran Teori dan Aplikasi
- .
- Jogjakarta: Ar
- -
- Ruzz Media.
- Trianto, 2007.
- Model
- -
- model Pembelajaran
- Inovatif Berorientasi
- Konstruktivistik.
- Jakarta: Presta
- siPustaka
- Uno, H. B. 2007.
- Model Pembelajaran
- .
- Jakarta: Bumi Aksara PT
- Weinstein, C.E, & Mayer, R.E. 1986.
- The
- teaching of learning strategies.
- In M.C
- Wittrock (Ed),
- Handbook of researarch
- on teaching
- (3
- rd
- ,Ed.,pp.315
- -
- . New
- York: Macmillan.
- Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 6, Nomor 2, November 2016, Hal 68
- -
- Winatapu
- tra, 2002.
- Strategi Belajar
- Mengajar.
- Jakarta: UT
- Wianti, 2007.
- Penerapan Metode Problem
- Based Leraning,
- http://wianti;multiply.com/journal/item/7
- Widjayanti, D. B. 2010. “
- Analisis
- Implementasi Strategi Perkuliahan
- Kolaboratif Berbasis Masalah dalam
- Mengembangkan Kemampuan
- Pemecahan Masalah Matematik,
- Kemampuan Komunikasi Matematisdan
- Keyakinan TerhadapPembelajaran
- Matematika”.
- PPS Disertasi UPI, tidak
- dipublikasikan.
- Yuni
- ta, F. 2011.
- Hypno Learning
- . Jakarta:
- Transmedia Pustaka.
- Zaini, dkk. 2008.
- Strategi Pembelajaran Aktif.
- Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
References
Amir, T. 2009.
Inovasi Pendidikan melalui
Problem Based Learning: Bagaimana
Pendidik Memberdayakan Pemela
jar di Era
Pengetahuan
.
Jakarta: Prenada Media
Grup.
Arifin, Z. 2008. “
Meningkatkan Motivasi
Berprestasi, Kemampuan Pemecahan
Masalah, Dan hasi belajar Siswa kelas
IV SD Melalui Pembelajaran
Realistikdengan Strategi kooperatif di
kabupaten Lamongan”.
Disertasi PPS
UPI: Tidak dit
erbitkan.
Arikunto, S. 2006.
Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka
Cipta.
Budiyono, 2009.
Statistik Dasar Untuk
Penelitian.
Surakarta: UNS Pers.
Creswell, J. 2010.
Research Design
Pendekatan kualitatif, kuantitatif
dan Mixed
.
Yogyakarta: PustakaPelajar.
Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
Permendiknas nomer 22 tahun Tentang
Standar Isi Sekolah Menengah Atas,
Jakarta: DEPDIKNAS
Edistra, E. 2012. “
Pengaruh Penerapan
Hypnoteaching dalam Problem Based
Learning terhadap kema
mpuan
komunikasi dan berfikir kreatif
matematika siswa SMP”.
Tesis PPS UPI:
Tidak Diterbitkan.
Kemenntrian Pendidikan Nasional,
Daftar Kolektif Hasil Ujian
Nasional (DKHUN).
Propinsi Jawa Barat:
Bandung
Kementrian Pendidikan danKebudayaan,
Materi Pelatihan Imlemntasi
kurikulum 2013 SMA/MA dan SMK/MAK
Matematika
. Jakarta
Kosasih, E. 2008.
Ketatabahasaandan
Kesustraan
. Bandung: YRAMA
WIDYA.CV
Lopiccolo, O.S. 2013.
Implementing Guided
Note Taking to Improve
Student
Learning of Energy Saving
Constraction
Technique.
Copyright ASEE Middle
Atlantic Regional Conference April
30 Farmingdale State College SUNY.
Sabtu 16
-
-
jam 10
www.asee.org
/document
/section/middleatlantic/spring/2011/lopic
colo.pdf
,
Mahmudi, A.
Improving Student
Mathematical Problem Solving Ability
and Disposition by using Problem Based
MHM Strategy.
Educationist Jurnal
kajian filosofi, teori, kualitas, dan
menejemen pendidikan. Vol.v
No.1/Januari 2012.
Jaka Slamet Riyadi, Pembelajaran Matematika Guided Note Taking dan PBL ditinjau dari Motivasi Belajar untuk
Pencapaian Kemampuan
Pemecahan Masalah
Martin, T. 2011. Pembelajaran Matem
atika
melalui Pendekatan React untuk
meningkatkan kemampuan Pemevahan
masalah siswa SMP.
Educationist Jurnal
kajian filosofi, teori, kualitas, dan
menejemen pendidikan.Vol.v
No.1/Januari 2012.
Matlin, M W. 2009.
Cognition Seventh
Edition. Hoboken,
New Jers
ey: John
Wiley & Sons, Inc.
Muhamad S dan Abdul A. 2005.
Syarah
Tsalatsatil Ushul
: Sukoharjo: Al
-
Ghuroba’
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang
Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
Tahun 2013 tentang
Kerangka Dasar
dan Struktur Kurikulum.
Promovendus, S. 2011. “
Peningkatan
kemampuan Berfikir logis, kemampuan
pemecahan masalah matematis, dan
sikap siswa terhadap matematika melalui
pendekatan pendidikan matematik
realistic”.
PPS Di
sertasi UPI, tidak
dipublikasikan.
Purwanto, M. N 2007.
Psikologi Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rosnawati. R. 2012.
Kemampuan Penalaran
Matematika Siswa SMP Indonesia pada
TIMSS 2011
Prosiding Seminar Nasional
Penelitian, Pendidikan dan
Penerapan
MIPA, Fakultas MIPA, Universitas
Negeri Yogyakarta, 18 Mei 2013
Ruseffendi, E.T.
Pengantar Kepada
Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya dalam Pengajaran
Matematika,
Bandung: Tarsito
Sardiman, 2012.
Interaksidan Motivasi Belajar
Mengaja
r.
Jakarta: Raja Grafindo
Persada PT
Shadiq, F. 2004.
Pemecahan Masalah,
Penalaran dan Komunikasi.
Yogyakarta:
Dirjendikdasmen PPPG Matematika
Silberman, M. 2007.
Active Learning: 101
Strategi Pembelajaran Aktif,
terjemahan
Sarjulidkk. Yogyakarta:
Insani Madani
PT
Solihin. 2011.
Meningkatkan Kemampuan
berfikir kritis dan kreatif pada siswa
SMA melalui pembelajaran berbasisi
Masalah
: JPME November 2011, tahun
, nomer 1
Sugiyono. 2013.
Statistik Untuk Penelitian:
Bandung: Alfa Beta
Sukmadinata, N S
, 2006.
Metode Penelitian
Pendidikan.
Bandung: Remaja
Rosdakarya
Suprihatiningrum, J. 2013.
Strategi
Pembelajaran Teori dan Aplikasi
.
Jogjakarta: Ar
-
Ruzz Media.
Trianto, 2007.
Model
-
model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi
Konstruktivistik.
Jakarta: Presta
siPustaka
Uno, H. B. 2007.
Model Pembelajaran
.
Jakarta: Bumi Aksara PT
Weinstein, C.E, & Mayer, R.E. 1986.
The
teaching of learning strategies.
In M.C
Wittrock (Ed),
Handbook of researarch
on teaching
(3
rd
,Ed.,pp.315
-
. New
York: Macmillan.
Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 6, Nomor 2, November 2016, Hal 68
-
Winatapu
tra, 2002.
Strategi Belajar
Mengajar.
Jakarta: UT
Wianti, 2007.
Penerapan Metode Problem
Based Leraning,
http://wianti;multiply.com/journal/item/7
Widjayanti, D. B. 2010. “
Analisis
Implementasi Strategi Perkuliahan
Kolaboratif Berbasis Masalah dalam
Mengembangkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematik,
Kemampuan Komunikasi Matematisdan
Keyakinan TerhadapPembelajaran
Matematika”.
PPS Disertasi UPI, tidak
dipublikasikan.
Yuni
ta, F. 2011.
Hypno Learning
. Jakarta:
Transmedia Pustaka.
Zaini, dkk. 2008.
Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: Pustaka Insan Madani