Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Anggraini,K. E & Setianingsih R. (2022).Analisis kemampuan numerasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 11(3) hal 837 –849.Asrijanty, A. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. In Pusat Asesmen DanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan KementerianPendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan DanPerbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis kemampan numerasi peserta didikkelas VIII dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2).DOI:https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Inilah jadwal dan contoh soal asesmen kompetensiminimum (AKM). Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas Dan Dikmen KementerianPendidikan Dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/inilahjadwal-dan-contoh-soal-asesmen-kompetensi-minimum-akm.Gloria,R.Y. (2012). Pentingnya asesmen alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan membacailmiah siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Scientiae Educatia1(April): 1–17.DOI:10.24235/sc.educatia.v1i1.502Hasanah M & Hakim,T.F.L. (2021). Analisis kebijakan pemerintah pada AssesmenKompetensi Minimum (AKM) sebagai bentukperubahan Ujian Nasional (UN). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan. 1(3).DOI: https://doi.org/10.54437/juwIsrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: PT Bumi AksaraKemendikbud. (2020). Desain pengembangansoal asesmen kompetensi minimum. In Desain Pengembangan AKM (pp. 1–121).Kurniawan, A.& Rahadyan, A. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas XI dalampenyelesaian soal tipe AKM pada pokok bahasan sistempersamaan linear tiga variabel. Jurnal Didactikal Mathematics. 3(2). DOI:
- Leonard. (2020). Peran kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran matematika. PJME. 2(1). Bandung. Lestari,F.L.& Ratnaningsih,N. (2022). Analisis problematika dan pencapaian siswa dalam pelaksanaan AKM pada PTM terbatas. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. DOI: 10.32832Manguni,D.W. (2022). Analisis pengelolaan sarana prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 di SD negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 22(1). Manik,M. (2022). Kesiapan siswa dalam menghadapi asesmen nasional berbasis komputer. Asatiza Jurnal Pendidikan. 3(1). DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i1.244Martiyono.Sulastini,R.Handajani,S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dalam mewujudkan sekolah efektifdi SMP negeri1 Kebumen -Kabupaten Kebumen perspektif manajemen kurikulum dan sistem penilaian. Cakrawla: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial.5(2). DOI: https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.397Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis pelatihan asesmen kompetensi minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14 (2), 110–116, (Online), (http://repository.uki.ac.id/7961/, diakses 21 agustus2023).Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMPterhadap soal-soal bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113-1120Patri,S.F.D.& Heswari,S. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Se-KotaSungai Penuh dalam menyelesaikan soal AKM. Jurnal Muara Pendidikan. 7(2). DOI:https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.919Pratiwi,F.D. (2019). Etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada persfektif filsafat perenialisme. Jurnal of Mathematics and Mathematics Education. 9(2). DOI:https://doi.org/10.20961/jmme.v9i2.48394Pujiastuti,H & Waluyo,B. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soalAKMnumerasi ditinjau dari gaya belajar. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1). DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6450Rohim, D.C.,Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimumuntuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidik, 33(1),2021.
- Rokhmah,N. (2021). Capaian kemampuan self-confidencesiswa SMK dalam pembelajaran matematika secara daring di era covid-19. PJME. 11(2). DOI:https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4502Qolbi S & Hamami T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4). DOI:10.31004/edukatif.v3i4.511Winata, A., Seftia, I., Widiyanti, R., & Cacik, S. (2021). Analisis kemampuan numerasidalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal padasiswa kelas XISMA untuk menyelesaikan permasalahan science. 7(2), 498–508.https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090Yaniawati, R. P. (2020). Penelitian studi kepustakaan (library research). Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan.Yulianingsih. (2021). Penerapan assesmen kinerja dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik SMP.PJME. 8(1).DOI:https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3993
References
Anggraini,K. E & Setianingsih R. (2022).Analisis kemampuan numerasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 11(3) hal 837 –849.Asrijanty, A. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. In Pusat Asesmen DanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan KementerianPendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan DanPerbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis kemampan numerasi peserta didikkelas VIII dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2).DOI:https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Inilah jadwal dan contoh soal asesmen kompetensiminimum (AKM). Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas Dan Dikmen KementerianPendidikan Dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/inilahjadwal-dan-contoh-soal-asesmen-kompetensi-minimum-akm.Gloria,R.Y. (2012). Pentingnya asesmen alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan membacailmiah siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Scientiae Educatia1(April): 1–17.DOI:10.24235/sc.educatia.v1i1.502Hasanah M & Hakim,T.F.L. (2021). Analisis kebijakan pemerintah pada AssesmenKompetensi Minimum (AKM) sebagai bentukperubahan Ujian Nasional (UN). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan. 1(3).DOI: https://doi.org/10.54437/juwIsrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: PT Bumi AksaraKemendikbud. (2020). Desain pengembangansoal asesmen kompetensi minimum. In Desain Pengembangan AKM (pp. 1–121).Kurniawan, A.& Rahadyan, A. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas XI dalampenyelesaian soal tipe AKM pada pokok bahasan sistempersamaan linear tiga variabel. Jurnal Didactikal Mathematics. 3(2). DOI:
Leonard. (2020). Peran kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran matematika. PJME. 2(1). Bandung. Lestari,F.L.& Ratnaningsih,N. (2022). Analisis problematika dan pencapaian siswa dalam pelaksanaan AKM pada PTM terbatas. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. DOI: 10.32832Manguni,D.W. (2022). Analisis pengelolaan sarana prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 di SD negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 22(1). Manik,M. (2022). Kesiapan siswa dalam menghadapi asesmen nasional berbasis komputer. Asatiza Jurnal Pendidikan. 3(1). DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i1.244Martiyono.Sulastini,R.Handajani,S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dalam mewujudkan sekolah efektifdi SMP negeri1 Kebumen -Kabupaten Kebumen perspektif manajemen kurikulum dan sistem penilaian. Cakrawla: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial.5(2). DOI: https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.397Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis pelatihan asesmen kompetensi minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14 (2), 110–116, (Online), (http://repository.uki.ac.id/7961/, diakses 21 agustus2023).Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMPterhadap soal-soal bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113-1120Patri,S.F.D.& Heswari,S. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Se-KotaSungai Penuh dalam menyelesaikan soal AKM. Jurnal Muara Pendidikan. 7(2). DOI:https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.919Pratiwi,F.D. (2019). Etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada persfektif filsafat perenialisme. Jurnal of Mathematics and Mathematics Education. 9(2). DOI:https://doi.org/10.20961/jmme.v9i2.48394Pujiastuti,H & Waluyo,B. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soalAKMnumerasi ditinjau dari gaya belajar. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1). DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6450Rohim, D.C.,Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimumuntuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidik, 33(1),2021.
Rokhmah,N. (2021). Capaian kemampuan self-confidencesiswa SMK dalam pembelajaran matematika secara daring di era covid-19. PJME. 11(2). DOI:https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4502Qolbi S & Hamami T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4). DOI:10.31004/edukatif.v3i4.511Winata, A., Seftia, I., Widiyanti, R., & Cacik, S. (2021). Analisis kemampuan numerasidalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal padasiswa kelas XISMA untuk menyelesaikan permasalahan science. 7(2), 498–508.https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090Yaniawati, R. P. (2020). Penelitian studi kepustakaan (library research). Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan.Yulianingsih. (2021). Penerapan assesmen kinerja dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik SMP.PJME. 8(1).DOI:https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3993