Main Article Content

Abstract

Indonesia sekarang ini sedang melakukan perbaikan dari segi pendidikan serta evaluasi pendidikan dengan cara pemetaan mutu. Sistem evaluasi pendidikan secara nasional berubah menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer  yang berisi elemen-elemen berupa Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM  sangat mengutamakan kepada kemampuan numerasi pelajar dibidang konten, proses kognitif dan konteks. Dengan melihat materi ajar yang didapatkan siswa di sekolah, peneliti ingin menganalisis hubungan antara materi matematika kelas XI dengan soal asesmen nasional. Apakah materi yang didapat siswa di kelas sesuai dengan soal asesmen yang diujikan? Dengan menggunakan studi literatur didapat pada soal AKM diberikan dengan latar belakang kehidupan sehari-hari dan membawa siswa ketingkat bernalar, sehingga pemecahan masalah yang diberikan lebih aplikatif. Mereka diarahkan agar berkontibrusi memberikan validasi terhadap suatu masalah serta mampu mengatasi persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pada soal pembelajaran dikelas hanya menyajikan konteks pertanyaan yang bersifat rutin, sederhana, dan kurang aplikatif untuk kehidupan real.
 

Keywords

AKM Asesmen Numerasi

Article Details

How to Cite
Suminar, C. (2023). Analisis Hubungan Antara Materi Matematika Kelas XI Dengan Soal Asesmen Nasional. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 165–178. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/9904

References

  1. Anggraini,K. E & Setianingsih R. (2022).Analisis kemampuan numerasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 11(3) hal 837 –849.Asrijanty, A. (2020). AKM dan implikasinya pada pembelajaran. In Pusat Asesmen DanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan KementerianPendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan DanPerbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis kemampan numerasi peserta didikkelas VIII dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2).DOI:https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Inilah jadwal dan contoh soal asesmen kompetensiminimum (AKM). Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas Dan Dikmen KementerianPendidikan Dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/inilahjadwal-dan-contoh-soal-asesmen-kompetensi-minimum-akm.Gloria,R.Y. (2012). Pentingnya asesmen alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan membacailmiah siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Scientiae Educatia1(April): 1–17.DOI:10.24235/sc.educatia.v1i1.502Hasanah M & Hakim,T.F.L. (2021). Analisis kebijakan pemerintah pada AssesmenKompetensi Minimum (AKM) sebagai bentukperubahan Ujian Nasional (UN). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan. 1(3).DOI: https://doi.org/10.54437/juwIsrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: PT Bumi AksaraKemendikbud. (2020). Desain pengembangansoal asesmen kompetensi minimum. In Desain Pengembangan AKM (pp. 1–121).Kurniawan, A.& Rahadyan, A. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas XI dalampenyelesaian soal tipe AKM pada pokok bahasan sistempersamaan linear tiga variabel. Jurnal Didactikal Mathematics. 3(2). DOI:
  2. Leonard. (2020). Peran kemampuan berpikir dalam proses pembelajaran matematika. PJME. 2(1). Bandung. Lestari,F.L.& Ratnaningsih,N. (2022). Analisis problematika dan pencapaian siswa dalam pelaksanaan AKM pada PTM terbatas. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. DOI: 10.32832Manguni,D.W. (2022). Analisis pengelolaan sarana prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 di SD negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 22(1). Manik,M. (2022). Kesiapan siswa dalam menghadapi asesmen nasional berbasis komputer. Asatiza Jurnal Pendidikan. 3(1). DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v3i1.244Martiyono.Sulastini,R.Handajani,S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dalam mewujudkan sekolah efektifdi SMP negeri1 Kebumen -Kabupaten Kebumen perspektif manajemen kurikulum dan sistem penilaian. Cakrawla: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial.5(2). DOI: https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.397Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis pelatihan asesmen kompetensi minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14 (2), 110–116, (Online), (http://repository.uki.ac.id/7961/, diakses 21 agustus2023).Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMPterhadap soal-soal bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113-1120Patri,S.F.D.& Heswari,S. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP Se-KotaSungai Penuh dalam menyelesaikan soal AKM. Jurnal Muara Pendidikan. 7(2). DOI:https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.919Pratiwi,F.D. (2019). Etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada persfektif filsafat perenialisme. Jurnal of Mathematics and Mathematics Education. 9(2). DOI:https://doi.org/10.20961/jmme.v9i2.48394Pujiastuti,H & Waluyo,B. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soalAKMnumerasi ditinjau dari gaya belajar. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1). DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.6450Rohim, D.C.,Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimumuntuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidik, 33(1),2021.
  3. Rokhmah,N. (2021). Capaian kemampuan self-confidencesiswa SMK dalam pembelajaran matematika secara daring di era covid-19. PJME. 11(2). DOI:https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4502Qolbi S & Hamami T. (2021). Impelementasi asas-asas pengembangan kurikulum terhadap pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(4). DOI:10.31004/edukatif.v3i4.511Winata, A., Seftia, I., Widiyanti, R., & Cacik, S. (2021). Analisis kemampuan numerasidalam pengembangan soal asesmen kemampuan minimal padasiswa kelas XISMA untuk menyelesaikan permasalahan science. 7(2), 498–508.https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090Yaniawati, R. P. (2020). Penelitian studi kepustakaan (library research). Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan.Yulianingsih. (2021). Penerapan assesmen kinerja dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik SMP.PJME. 8(1).DOI:https://doi.org/10.23969/pjme.v8i1.3993