Efektivitas Teknik Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi QR Code Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Fauziyah Astrid
  • Rully Indrawan
  • Rahayu Kariadinata

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v9i1.2705

Keywords:

QR Code, learning evaluation, mathematical creative thinking skills, self regulated learning

Abstract

Pemanfaatan informasi teknologi khususnya QR code dalam pendidikan masih kurang. Oleh karena itu peneliti ingin menggunakan QR Code sebagai tekik evaluasi pada pelajaran matematika. Selama ini teknik evaluasi yang digunakan guru adalah teknik evaluasi biasa, sementara itu siswa tampak berharap lebih banyak bantuan dari teman sebayanya dalam mengerjakan soal – soal matematika, dikarenakan juga siswa kurang kreatif dan kurang mandiri dalam mengerjakan soal – soal matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan QR Code sebagai teknik evaluasi pada materi program linear. Pernyataan masalah adalah apakah siswa yang  teknik  evaluasinya menggunakan aplikasi QR Code kemampuan kreatif dan kemandiriannya lebih baik daripada siswa yang teknik evaluasinya tidak menggunakan aplikasi QR Code. Jumlah siswa dikelas X jurusan Adminstrasi Perkantoran di SMK Indonesia Raya Bandung tahun pelajaran 2018/2019 adalah 34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas control. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang teknik evaluasi menggunakan aplikasi QR code kemampuan berpikir kreatif dan kemandiriannya lebih baik daripada siswa yang menggunakan teknik evaluasi biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suprihatin Tatin ( 2015). Meningkatkan Keaktifan siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika melalui Metode Team Game Tournament menggunakan QR Code Pada Mata Pelajaran Matematika.

Indrawan R dan Yaniawati P (2014 ). Metodologi Penelitian.Bandung PT. Refiak Aditama.

Nuriyah Nunung (2014). Evaluasi Pembelajaran.Jurnal Edueksos Voll III No 1, Januari-Juni 2014

Sunaryo Elvira (2017). Peningkatan Keterampilan Membuat Pemhaman melalui Evaluasi berbasis Portofoilio sebagai Upaya Terwujudnya Motivasi pada siswa Kelas X IPA SMA Nasional Bandung.

Tribowo (2015) Repositori. ump.ac.id/2461/3/BAB%2011. Deskripsi Efektivity Discovery FKIP.UMP

Suud, Syafrina A dan Tursinawati ( 2017)Analisis Kemandirain Siswa dalam Proses Pembelajaran di kelas III Sd Negeri I Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol I no 5 April 2017 hal 70-81 ISSN 2337-3227

Wingkel W.S. (2004). Psikologi Pengajaran.Media Abadi

Creswell John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Cetakan Kedua 2012,Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Zarkasyi, Wahyudin, dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika bandung : PT. Refika Aditama

Damayanti, Herwinanda Trisnaning dan Sumardi. 2018. Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem. Jurnal of Research and Advances in Mathematics Education. 3 (1): 36-45.

Hendriana, Heris, dkk. 2018. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

J. Zimmerman, Barry. 1990. Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist. 25 (1): 3-17.

Mustakim, Sartika, dkk. 2013. Penggunaan QR Code dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur Pada Kelas X SMA Labschool Untad. Jurnal Akademika Kimia. 2 (4): 215-221.

Nuriyah, Nunung. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos. 3 (1): 73-86.

Suhandri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Oped-Ended. Gamatika. 3 (2): 140-146.

Suid, dkk. 2017. Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 1 (5): 70-81.

Published

2020-05-31