Main Article Content
Abstract
Article Details
References
- Amir, M. T. (2009).Inovasi Pendidikan
- Melalui Problem based
- learning. Jakarta: Prenada
- Media Group.
- Ansari, I,B. (2003).
- Menumbuhkembangkan
- Kemampuan Pemahaman dan
- Komunikasi Matematik Siswa
- SMU melalui Strategi Think-
- Talk-Write. Disertasi UPI
- Bandung : Tidak dipublikasikan
- Arikunto, S.(2006).Prosedur
- Penelitian.Jakarta:Rieneka cipta
- Asikin,M. (2002). Menumbuhkan
- Kemampuan ”Komunikasi
- Matematika” melalui
- Pembelajaran Matematika
- Realistik. Jurnal Matematika
- atau Pembelajarannya, ISSN :
- -7792 Tahun VIII, Edisi
- Khusus, Juli 2002.
- Asyirint, G. (2010). Langkah Cerdas
- Menjadi Guru Sejati Berprestasi.
- Yogyakarta: Bahtera Buku.
- Badan Standar Nasional Pendidikan
- (BSNP). (2006). Contoh / Model
- Silabus Mata Pelajaran
- Matematika untuk Sekolah
- Menengah Pertama. Jakarta: Badan
- Standar Nasional Pendidikan.
- Cazzola, M. (2008). Problem-Based
- Learning And Mathematics:
- Possible Synergical Actions;
- Universit `a degli Studi di Milano-
- Bicocca Milano Italy
- Dhesiana.
- (2009).KemandirianDalamBelajar.
- http://dhesiana.wordpress.com/200
- /01/06/kemandirian-dalam-
- belajar/diakses pada tanggal 25
- Desember 2014
- Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 5, Nomor 1, Mei 2015, hlm 66-79
- Herman, T. (2007). Problem based
- learning untuk Meningkatkan
- Kemampuan Berpikir Matematis
- Tingkat Tinggi Siswa Sekolah
- Menengah Pertama: Jurnal
- EDUCATIONIST No. I Vol. I
- Januari 2007 ISSN : 1907 - 8838
- Iryanti, P. (2009). Pemanfaatan Media
- Dalam Pembelajaran Matematika.
- Makalah pada Seminar Matematika
- Se-Priangan Timur HIMPATIKA
- UNSIL. Tasikmalaya.
- Knain, E. dan Turmo, A. (2000).Self-
- Regulated Learning. [Online].
- Tersedia: www.pisa.no/nordisk-
- pisa2000/kap.8.pdf [5 Desember
- Mudjiman, H.(2008). BelajarMandiri.
- Surakarta:UNS Press
- Ratnaningsih, N. (2008). Berbagai
- Keterampilan Berpikir Matematik.
- Makalah pada Seminar Pendidikan
- Matematika HIMPATIKA UNSIL.
- Tasikmalaya.
- _____________. (2006). Belajar
- Berbasis Masalah (Problem based
- learning). Makalah Seminar
- Pendidikan Matematika: PSPM
- FKIP UNSIL. Tidak Diterbitkan
- Rizali, A. (2010). Buta Matematika dan
- Ujian Nasional. [online]. Tersedia:
- http://bataviase.co.id/node/203096.
- September 2014].
- Russefendi, E. T. (2005). Dasar-dasar
- Penelitian Pendidikan dan Bidang
- Non Eksakta Lainnya. Bandung :
- Tarsito.
- Rusman.(2011). Model-model
- Pembelajaran (Mengembangkan
- Profesionalisme Guru). Jakarta: PT
- Rajagrafindo Persada.
- Sanjaya, W. (2010). Strategi
- Pembelajaran: Berorientasi
- Standar Proses Pendidikan.
- Jakarta: Prenada Mesia Group
- Simorang.(2012). Pengaruh Penggunaan
- Model PembelajaranBerbasis
- Masalah Terhadap Penalaran Dan
- Motivasi Matematis, Penelitian Di
- Lakukan Di Smpn 1 Palembang.
- JURNAL, UNIVERSITAS
- NEGERI MEDAN (UNIMED).
- Suherman, E. (2008). Model Belajar dan
- Pembelajaran Berorientasi
- Kompetensi. Makalah. UPI
- Bandung: Tidak diterbitkan.
- ___________. (2006). “Implementasi
- Model Pembelajaran Quantum
- dalam Pembelajaran Matematika
- di Sekolah”. Makalah pada seminar
- Pendidkan Matematika FKIP
- UNSIL. Tasikmalaya: Tidak
- Diterbitkan
- ___________. (2003). Evaluasi
- Pembelajaran Matematika Untuk
- Guru dan Mahasiswa Calon
- Guru.Bandung: JICA – UPI.
- Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan
- Disposisis Matematik: Apa,
- Mengapa, dan Bagaimana
- Dikembangkan pada Peserta Didik.
- Artikel. FPMIPA UPI.
- Has Mulyani, Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pengaruhnya
- Terhadap
- Self Regulated Learningsiswa Sekolah Menengah Pertama
- ___________. (2006). Berpikir
- Matematik Tingkat Tinggi: Apa,
- Mengapa, dan Bagaimana
- Dikembangkan pada Siswa Sekolah
- Menengah dan Mahasiswa Calon
- Guru. Makalah Disajikan pada
- Seminar Pendidikan Matematika di
- Jurusan Matematika FMIPA
- Universitas Padjadjaran Tanggal 22
- April 2006: tidak diterbitkan.
- ___________. (2004). Kemandirian
- Belajar: Apa, Mengapa, dan
- Bagaimana Dikembangkan pada
- Peserta Didik. Makalah Disajikan
- pada Seminar Pendidikan
- Matematika di Jurusan Pendidikan
- Matematika FMIPA Universitas
- Yogyakarta Tanggal 8 Juli 2004:
- tidak diterbitkan
- Suyatno. (2009). Menjelajah
- Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:
- Masmedia Buana Pustaka.
- Tim MKPBM. (2001). Strategi
- Pembelajaran Matematika
- Kontemporer. UPI Bandung: JICA.
- Trianto. (2009). Mendesain Model
- Pembelajaran Inovatif-Progresif.
- Jakarta : Prenada Media Group
- Undang-undang No. 20.(2003). Sistem
- Pendidikan Nasional. Kementrian
- Pendidikan dan Kebudayaan
- Wolters, C. A., Pintrich, P. R., dan
- Karabenick, S. A.(2003). Assessing
- Academic Self-Regulated Learning.
- [Online]. Tersedia:
- www.childtrends.org/Files/Wolters
- Pintrich Karabenick Paper.pdf [25
- Desember 2014]
- Yusup, P. M. (1990). Komunikasi
- Pendidikan dan Komunikasi
- Instruksional. Bandung: Remaja
- Rosdakarya
References
Amir, M. T. (2009).Inovasi Pendidikan
Melalui Problem based
learning. Jakarta: Prenada
Media Group.
Ansari, I,B. (2003).
Menumbuhkembangkan
Kemampuan Pemahaman dan
Komunikasi Matematik Siswa
SMU melalui Strategi Think-
Talk-Write. Disertasi UPI
Bandung : Tidak dipublikasikan
Arikunto, S.(2006).Prosedur
Penelitian.Jakarta:Rieneka cipta
Asikin,M. (2002). Menumbuhkan
Kemampuan ”Komunikasi
Matematika” melalui
Pembelajaran Matematika
Realistik. Jurnal Matematika
atau Pembelajarannya, ISSN :
-7792 Tahun VIII, Edisi
Khusus, Juli 2002.
Asyirint, G. (2010). Langkah Cerdas
Menjadi Guru Sejati Berprestasi.
Yogyakarta: Bahtera Buku.
Badan Standar Nasional Pendidikan
(BSNP). (2006). Contoh / Model
Silabus Mata Pelajaran
Matematika untuk Sekolah
Menengah Pertama. Jakarta: Badan
Standar Nasional Pendidikan.
Cazzola, M. (2008). Problem-Based
Learning And Mathematics:
Possible Synergical Actions;
Universit `a degli Studi di Milano-
Bicocca Milano Italy
Dhesiana.
(2009).KemandirianDalamBelajar.
http://dhesiana.wordpress.com/200
/01/06/kemandirian-dalam-
belajar/diakses pada tanggal 25
Desember 2014
Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 5, Nomor 1, Mei 2015, hlm 66-79
Herman, T. (2007). Problem based
learning untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Matematis
Tingkat Tinggi Siswa Sekolah
Menengah Pertama: Jurnal
EDUCATIONIST No. I Vol. I
Januari 2007 ISSN : 1907 - 8838
Iryanti, P. (2009). Pemanfaatan Media
Dalam Pembelajaran Matematika.
Makalah pada Seminar Matematika
Se-Priangan Timur HIMPATIKA
UNSIL. Tasikmalaya.
Knain, E. dan Turmo, A. (2000).Self-
Regulated Learning. [Online].
Tersedia: www.pisa.no/nordisk-
pisa2000/kap.8.pdf [5 Desember
Mudjiman, H.(2008). BelajarMandiri.
Surakarta:UNS Press
Ratnaningsih, N. (2008). Berbagai
Keterampilan Berpikir Matematik.
Makalah pada Seminar Pendidikan
Matematika HIMPATIKA UNSIL.
Tasikmalaya.
_____________. (2006). Belajar
Berbasis Masalah (Problem based
learning). Makalah Seminar
Pendidikan Matematika: PSPM
FKIP UNSIL. Tidak Diterbitkan
Rizali, A. (2010). Buta Matematika dan
Ujian Nasional. [online]. Tersedia:
http://bataviase.co.id/node/203096.
September 2014].
Russefendi, E. T. (2005). Dasar-dasar
Penelitian Pendidikan dan Bidang
Non Eksakta Lainnya. Bandung :
Tarsito.
Rusman.(2011). Model-model
Pembelajaran (Mengembangkan
Profesionalisme Guru). Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2010). Strategi
Pembelajaran: Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Prenada Mesia Group
Simorang.(2012). Pengaruh Penggunaan
Model PembelajaranBerbasis
Masalah Terhadap Penalaran Dan
Motivasi Matematis, Penelitian Di
Lakukan Di Smpn 1 Palembang.
JURNAL, UNIVERSITAS
NEGERI MEDAN (UNIMED).
Suherman, E. (2008). Model Belajar dan
Pembelajaran Berorientasi
Kompetensi. Makalah. UPI
Bandung: Tidak diterbitkan.
___________. (2006). “Implementasi
Model Pembelajaran Quantum
dalam Pembelajaran Matematika
di Sekolah”. Makalah pada seminar
Pendidkan Matematika FKIP
UNSIL. Tasikmalaya: Tidak
Diterbitkan
___________. (2003). Evaluasi
Pembelajaran Matematika Untuk
Guru dan Mahasiswa Calon
Guru.Bandung: JICA – UPI.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan
Disposisis Matematik: Apa,
Mengapa, dan Bagaimana
Dikembangkan pada Peserta Didik.
Artikel. FPMIPA UPI.
Has Mulyani, Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pengaruhnya
Terhadap
Self Regulated Learningsiswa Sekolah Menengah Pertama
___________. (2006). Berpikir
Matematik Tingkat Tinggi: Apa,
Mengapa, dan Bagaimana
Dikembangkan pada Siswa Sekolah
Menengah dan Mahasiswa Calon
Guru. Makalah Disajikan pada
Seminar Pendidikan Matematika di
Jurusan Matematika FMIPA
Universitas Padjadjaran Tanggal 22
April 2006: tidak diterbitkan.
___________. (2004). Kemandirian
Belajar: Apa, Mengapa, dan
Bagaimana Dikembangkan pada
Peserta Didik. Makalah Disajikan
pada Seminar Pendidikan
Matematika di Jurusan Pendidikan
Matematika FMIPA Universitas
Yogyakarta Tanggal 8 Juli 2004:
tidak diterbitkan
Suyatno. (2009). Menjelajah
Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:
Masmedia Buana Pustaka.
Tim MKPBM. (2001). Strategi
Pembelajaran Matematika
Kontemporer. UPI Bandung: JICA.
Trianto. (2009). Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta : Prenada Media Group
Undang-undang No. 20.(2003). Sistem
Pendidikan Nasional. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
Wolters, C. A., Pintrich, P. R., dan
Karabenick, S. A.(2003). Assessing
Academic Self-Regulated Learning.
[Online]. Tersedia:
www.childtrends.org/Files/Wolters
Pintrich Karabenick Paper.pdf [25
Desember 2014]
Yusup, P. M. (1990). Komunikasi
Pendidikan dan Komunikasi
Instruksional. Bandung: Remaja
Rosdakarya