Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2019). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103–112. https://doi.org/10.37081/ed.v7i2.883
- Ali, D., Nurhanurawati, N., & Hastuti Noer, S. (2022). Pengembangan LKPD berbasis poblem based learning dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 829-838. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4760
- Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan metode dan paradigma baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online – offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
- Asnawati, S. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan pembelajaran kooperatif tipe teams-gamestournaments. Euclid, 3(2), 561–567. https://doi.org/10.33603/e.v3i2.332
- Asri, M. (2022). Efektivitas penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar. Saintifik, 8(2), 103–107. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.373
- Azhari, D. N., Adawiyah, E. R., & Julaeha, W. (2021). Implementasi metode inkuiri dalam matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematik siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16–37. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4529
- Aziz, M., & Tayudi. (2022). Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran open-ended. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 45-55. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.3788
- Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran CTL. JIPMat, 3(2), 145–155. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2761
- Fitri, R., Helma., & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan strategi the firing line pada pembelajaran matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 18-22. Diambil dari htpp://repository.unp.ac.id/id/eprint/2896
- Firmansyah, E., Mubarika, M. P., & Maulidia, K. D. A. (2020). Implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis serta self-efficacy siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 51–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2784
- Firmansyah, E., Sari, N. M., & Mubarika, M. P. (2021). Modul komunikatif pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Prisma, 10(2), 264. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1824
- Intisari, I. (2017). Persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(1), 62-71. Diambil dari https://journal.uniska.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/786
- Isnawan, M. G. (2020). Kuasi eksperimen. Lombok: Nashir Al Kutub Indonesia.
- Keputusan kepala badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka. (2022). Jakarta: Kemdikbud.
- Khoadah, I. S., Sari, D. E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan kemampuan komunikasi dan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pendekatan kontekstual di SMP. Journal On Education, 1(3), 485–497. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.194
- Malinda, G. (2021). Efektivitas pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (studi kasus di SMA dan MA Kota Bengkulu). Didactical Mathematics, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.915
- Maryati, I. (2017). Peningkatan kemampuan penalaran statistis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.300
- Mubarika, M. P. (2017). Penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis serta mengembangkan self-efficacy peserta didik SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 62–82. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.2318
- Muhsin, & Razi, Z. (2019). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Numeracy, 6(1), 122–131. https://doi.org/10.24815/jp.v6i2.12723
- Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
- Nurbayanti, A. (2020). Penerapan pembelajaran kooperatif kepala bernomor terstruktur untuk peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1
- Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematik siswa SMP melalui discovery learning. Edusentris, 2(3), 241. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.177
- Ramadhan, F., Murdiyanto, T., & Rohimah, S. R. (2020). Pengaruh pendekatan kontekstual pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 1 Depok. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 9–17. https://doi.org/10.21009/jrpms.042.02
- Sanjayawati, E. (2015). Penerapan pendekatan kontesktual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39. Diambil dari htpp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/issue/view/18
- Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
- Shoimin, A. (2017). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
- Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16-23. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364
- Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan disposisi matematis serta pembelajarannya. Bandung: UPI.
- Susilo, D., Mairing, J. P., & Yumiati. (2022). Penerapan pembelajaran berstrategi react dengan pendekatan konstektual dalam pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 10–21. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3558
- Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran kooperatif learning tipe numbered heads together. Maju, 5(2), 119–129. Diambil dari https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/221
- Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a
References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2019). Peningkatan kemampuan literasi matematika siswa sekolah menengah pertama melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103–112. https://doi.org/10.37081/ed.v7i2.883
Ali, D., Nurhanurawati, N., & Hastuti Noer, S. (2022). Pengembangan LKPD berbasis poblem based learning dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 829-838. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4760
Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan metode dan paradigma baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online – offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
Asnawati, S. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dengan pembelajaran kooperatif tipe teams-gamestournaments. Euclid, 3(2), 561–567. https://doi.org/10.33603/e.v3i2.332
Asri, M. (2022). Efektivitas penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Makassar. Saintifik, 8(2), 103–107. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.373
Azhari, D. N., Adawiyah, E. R., & Julaeha, W. (2021). Implementasi metode inkuiri dalam matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematik siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16–37. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4529
Aziz, M., & Tayudi. (2022). Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran open-ended. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 45-55. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i2.3788
Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran CTL. JIPMat, 3(2), 145–155. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2761
Fitri, R., Helma., & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan strategi the firing line pada pembelajaran matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 18-22. Diambil dari htpp://repository.unp.ac.id/id/eprint/2896
Firmansyah, E., Mubarika, M. P., & Maulidia, K. D. A. (2020). Implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis serta self-efficacy siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 51–64. https://doi.org/10.23969/pjme.v10i2.2784
Firmansyah, E., Sari, N. M., & Mubarika, M. P. (2021). Modul komunikatif pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Prisma, 10(2), 264. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1824
Intisari, I. (2017). Persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(1), 62-71. Diambil dari https://journal.uniska.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/786
Isnawan, M. G. (2020). Kuasi eksperimen. Lombok: Nashir Al Kutub Indonesia.
Keputusan kepala badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum merdeka. (2022). Jakarta: Kemdikbud.
Khoadah, I. S., Sari, D. E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan kemampuan komunikasi dan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pendekatan kontekstual di SMP. Journal On Education, 1(3), 485–497. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.194
Malinda, G. (2021). Efektivitas pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (studi kasus di SMA dan MA Kota Bengkulu). Didactical Mathematics, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.915
Maryati, I. (2017). Peningkatan kemampuan penalaran statistis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 129–140. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.300
Mubarika, M. P. (2017). Penerapan model cooperative learning tipe team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis serta mengembangkan self-efficacy peserta didik SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 62–82. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.2318
Muhsin, & Razi, Z. (2019). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Numeracy, 6(1), 122–131. https://doi.org/10.24815/jp.v6i2.12723
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nurbayanti, A. (2020). Penerapan pembelajaran kooperatif kepala bernomor terstruktur untuk peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.23969/pjme.v3i1
Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematik siswa SMP melalui discovery learning. Edusentris, 2(3), 241. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.177
Ramadhan, F., Murdiyanto, T., & Rohimah, S. R. (2020). Pengaruh pendekatan kontekstual pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 1 Depok. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 9–17. https://doi.org/10.21009/jrpms.042.02
Sanjayawati, E. (2015). Penerapan pendekatan kontesktual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa SMK di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33–39. Diambil dari htpp://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/issue/view/18
Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Shoimin, A. (2017). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP. Jurnal Analisa, 4(1), 16-23. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364
Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan disposisi matematis serta pembelajarannya. Bandung: UPI.
Susilo, D., Mairing, J. P., & Yumiati. (2022). Penerapan pembelajaran berstrategi react dengan pendekatan konstektual dalam pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 10–21. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3558
Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran kooperatif learning tipe numbered heads together. Maju, 5(2), 119–129. Diambil dari https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/221
Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4), 639–654. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a