Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa SMA yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika biasa dalam materi barisan dan deret aritmatika. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian eksperiment. Populasi penelitian diambil dari salah satu sekolah SMA di Kabupaten Sukabumi, yaitu di kelas X tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian diambil dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran matematika biasa. Instrumen penelitian menggunakan tes tipe subjektif dengan menggunakan bentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual sangat relevan untuk diterapkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Keywords

CTL Pembelajaran Konvensional Pembelajaran Matematika

Article Details

How to Cite
Setiadi, D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 195–209. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/7361

References

Read More

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.