Penggunaan Media Interaktif Dengan Pembelajaran Model Assure Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Serta Self Confidence Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

  • Popon Rosnawati Universitas Pasundan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah serta Self Confidence Siswa kelas IX pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan penggunaan media interaktif dalam pembelajaran model ASSURE ditinjau berdasarkan nilai KAM (Kemampuan Awal Matematika). Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methods), dan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 6 pertemuan dalam tiga siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 5 Sumedang sebanyak 3 kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah, instrumen  non tes lembar observasi, angket dan hasil wawancara, dan nilai PAT kelas VIII semester 2 dijadikan sebagai KAM. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: secara keseluruhan Pembelajaran model ASSURE dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah serta self confidence  siswa pada KAM berkategori tinggi dan rendah. Penggunaan media interaktif dengan pembelajaran model ASSURE dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah serta self confidence  siswa pada siswa berkategori KAM tinggi dan rendah. Adanya perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat  Pembelajaran model ASSURE, siswa yang mendapatkan Pembelajaran penggunaan media interaktif dengan model ASSURE dan siswa yang mendapatkan Pembelajaran Konvensional. Terdapat peningkatan self confidence siswa antara siswa yang mendapatkan Pembelajaran model ASSURE dan siswa yang mendapatkan penggunaan media interaktif dengan pembelajaran model ASSURE, dari siswa yang mendapatkan Pembelajaran konvensional. Terdapat korelasi dengan kategori baik antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah serta Self Confidence siswa dimana semakin tinggi tingkat kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis akan semakin tinggi self confidence siswa. Namun demikian kondisi korelasi dapat terganggu dengan beberapa faktor diantaranya, ketidakmampuan siswa untuk konsentrasi, keadaan kondisi sosial dan ekonomi, serta kurangnya kemampuan guru dalam menyampaikan materi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 7, 2022
How to Cite
ROSNAWATI, Popon. Penggunaan Media Interaktif Dengan Pembelajaran Model Assure Untuk Meningkatkan Kemampuan Komuniasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Serta Self Confidence Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 30-43, july 2022. ISSN 2722-7219. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/5006>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5006.
Section
Articles