Main Article Content

Abstract

Pengaruh strategi Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi Means-Ends Analysis (MEA) dengan siswa yang mendapat pembelajaran Ekspositori. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Dengan sampel terdiri dari 77 orang siswa kelas VII yang berasal dari dua kelas pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Lembang. Kelas petama mendapatkan pembelajaran dengan strategi Means-Ends Analysis (MEA) dan kelas kedua mendapatkan pembelajaran Ekspositori. Kedua kelas diberikan pretes dan postes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa; (3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan kemampuan awal matematika siswa seluruhnya; (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa.

Keywords

Means - Ends Analysis Ekspositori Penalaran matematis

Article Details

How to Cite
Nurhadi, M. (2020). Strategi Means-Ends Analysis (MEA) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 115–127. https://doi.org/10.23969/pjme.v6i2.2658

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.