Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Guided Teachingberbasis Soft Skills

Authors

  • Isman Muhammad Nur

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2507

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Guided Teaching, Soft Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) mengetahui interaksi antara pembelajaran yang digunakan dan (KAM) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (3) mengetahui sikap siswa terhadap pelajaran matematika dan pembelajaran Guided Teaching berbasis soft skills.Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Ternate, dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memeperoleh pembelajaran guided teaching berbasis soft skill lebih baik daripa siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan kategori sedang; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dan KAM siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (3) analisis data skala sikap memperlihatkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran guided teaching berbasis soft skill sebagian besar bersikap positif terhadap pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah,I. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis soft skills. Disertasi SPs UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Arliani&Hidayati. (2012). Identifikasi Kebutuhan Soft Skill Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY Dalam Rangka Membentuk Insan Cendekia, Mandiri, Dan Bernurani. [Online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Elly%20Arliani,%20Dra.,%20M.Si./softskill.pdf. [4 November 2013].

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: Diva Press.

Dewiyani. (2011). “Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa Melalui Pemahaman Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasar Tipe Kepribadian”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Yogyakarta:MIPAUNY. [Online].

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Khaerunnisa.(2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Adversity Quotient Matematis Siswa MTs Melalui Pendekatan Pembelajaran Eksploratif.Tesis Pada PPs UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Moma, L. (2013). Menumbuhkan Soft Skills Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Generatif. “Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNYYogyakarta”.[Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/10772/1/P%20-%2049.pdf [9 Januari 2014].

Muqowim. (2012). Pengembangan Soft Skills Guru. Jakarta: Insan Madani.

Palinussa, A. L. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, Pembinaan Karakter dan Budaya Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Disertasi Pada PPs UPI Bandung. Tidak Diterbitkan.

Saeful, Z. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Penalaran Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Software Maple.Tesis Pada SPs Unpas. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methohs). Bandung: Alfabeta.

Shadiq,F.(2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi.[Online].Tersedia:http://www.scribd.com/doc/29385462/Modul-Matematika Pemecahan-Masalah. indikatormtk. [5-11- 2013].

Sudirja, W (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Pengajaran Terbimbing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Pada Sub bab Relasi & Fungsi. [Online]. Tersedia:http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1688/1/102038-WINDA%20SUDIRJA-FITK.pdf [10-12-2013].

Suherman, dkk. (2003).Strategi PembelajaranMatematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sukmadinata N. S. dkk.(2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: refika Aditama.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Widhiarso, W. (2009). Evaluasi Soft Skills Dalam Pembelajaran. Makalah Disampaikan pada Kegiatan Seminar dan Serasehan “Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Umum Kependidikan” FIP UNY. [Online]. Tersedia:http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/makalahsoft_skills.pdf [28 November 2013]

Published

2020-04-30