Implementasi Dimensi Connectedness Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis

  • Melinda Putri Mubarika
  • Eka Firmansyah Universitas Pasundan
  • Lia Yulianie

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa melalui implementasi connectedness dari Productive Pedagogies Framework dalam Problem Based Learning.. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Bandung dengan jumlah sampel 63 orang  siswa yang terbagi ke dalam kelas VIII – 1 dan kelas VIII-3. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan koneksi matematis, angket disposisi matematis siswa, lembar observasi kegiatan pembelajaran dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Statistik. Mann Whitney, Rank Spearman. Uji Independent Sample T – Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi connectedness pada PBL dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis, (2) Implementasi connectedness pada PBL dapat meningkatkan disposisi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 29, 2020
How to Cite
MUBARIKA, Melinda Putri; FIRMANSYAH, Eka; YULIANIE, Lia. Implementasi Dimensi Connectedness Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 39-50, may 2020. ISSN 2089-2055. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2443>. Date accessed: 29 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.5035/pjme.v10i1.2443.
Section
Articles