Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Arunti, Rindang. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil belajarMatematika Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ponjong Gunungkidul Tahun ajaran 2012/2013. [Online]. Tersedia: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9206/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. [1 Juli 2021]
- Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004).
- Daher, Wajeeh. 2020. Students' positioning and emotions in learning geometric definition. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/9057/pdf. [5 Juli 2021]
- Denizli, Zeynep Akkurt;Erdoğan, Abdulkadir. 2018. Development of a three dimensional geometric thinking test for early graders. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5741/pdf. [5 Juli 2021]
- Firdaus, Indra Cahya. 2017. Jurnal Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Terhadap Haisl Belajar Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/1505/pdf. [8 Juli 2021].
- Ismawati, Lilik. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Di Kabupaten Gresik. [Online]. Tersedia: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpeka/article/view/1948/1331. [10 Juli 2021].
- Kariadinata, R., dkk. 2017. The implementation of GeoGebra software-assited DDFC instructional model for improving students' Van-Hiele geometry thinking skill. [Online]. Tersedia: https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3124116.3124129?casa_token=74beBKfy3SQAAAAA:JTKky3Ka5htwrtBpC-SdNc_obBgq12NN-iMqNCVdXHn7_Iv_AIGBQgcnyAuhWuL3j-ldVbMPvG9Ajek. [15 Juli 2021].
- Karo-karo, Isran Rasyid Karo-Karo, Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778/1411. [8 Juli 2021].
- Lastrijanah., Prasetyo, T., & Mawardani, A. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. [Online]. Tersedia: https://ojs.unida.ac.id/index.php/jtdik/article/view/895 , [8 Juli 2021].
- Mustika, Sara. 2018. Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. [Online]. Tersedia: http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/8668/3703. [5 Juli 2021]
- Noto Muchamad Subali, Nanang Priatna, Jarnawi Afgani Dahlan. 2019. Mathematical Proof: The Learning Obstacles Of Pre-Service Mathematics Teachers On Transformation Geometry. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5379/pdf. [6 Juli 2021].
- Nurhayati., Arafat, Yasir., & Fitriani, Yessi. 2020. Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Matematika dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. [Online]. Tersedia:http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/download/1036/580 , [8 Juli 2021].
- Nurwidayanti, Dewi, Mukminan. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. [Online]. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/17743/12824. [10 Juli 2021]
- Pratama , Ryan Angga., Ananta, Rudi., & Yuniarti, Suci. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Matematika (Monotika) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/291, [8 Juli 2021]
- Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil belajarBahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember. [Online]. Tersedia: http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320. [5 Juli 2021]
- Purwasih, Silviana Maya. 2020. Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. [Online]. Tersedia: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/10087/pdf, [11 Juli 2021].
- Putri, Kabita Camelia. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n2_14./362. [8 Juli 2021]
- Rizkianto, Ilham; Zulkardi; Darmawijaya. 2013. Constructing geometric properties of rectangle, square, and triangle in the third grade of Indonesian primary schools. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/414/pdf. [8 Juli 2021]
- Robiana, Asep; Hendri Handoko. 2020. Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n3_15/641. [8 Juli 2021]
- Rostina Sundayana, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika (Bandung: Alfabeta, 2016)
- Samura, Asri Ode. 2015. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/145/108. [8 Juli 2021].
- Sari, Siska Puspita; Madio, Sukanto Sukandar. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv2n1_4/197. [5 Juli 2021].
- Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta : Bumi Aksara.
- Sugiyati. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. [Online]. Tersedia: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1259/481. [5 Juli 2021].
- Sukayati. 2003. Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jogjakarta : Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
- Suryani, Lely. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Geometri Ruang pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. [Online]. Tersedia: https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/jupika/article/view/672/663. [8 Juli 2021].
- Sutiarso Sugeng, M. Coesamin, Nurhanurawati. 2018. The Effect of Various Media Scaffolding on Increasing Understanding of Students’ Geometry Consepts. [Online]. Tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1173673.pdf. [10 Juli 2021].
- Tatan Z.M. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. [Online]. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/236195944.pdf. [5 Juli 2021].
- Tehayanti. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Realita Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas III. [Online]. Tersedia: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/9956/9734, [8 Juli 2021].
- Warti, Erlis. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_15/278. [10 Juli 2021].
- Widjayanti, Wegita Reski. 2019. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/6294/pdf. [10 Juli 2021].
- Yaniawati, R. P., dkk. 2017. Accelerated learning method using edmodo to increase students' mathematical connection and self-regulated learning. [Online]. Tersedia: https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3124116.3124128?casa_token=baYAArVWuYEAAAAA%3Ab05Yjq_Jp7JJjdVSAKjpzGa3SjtP6yHumiyzxUBLxJ7d_Zb0N1P2AEpVFG_xCFrx8E6DFpXcumyEmQI. [15 Juli 2021].
- Zulkardi. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Zul Zagir. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil belajarSiswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 04 BATI Tahun Pelajaran 2016/2017. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. [Online]. Tersedia: https://www.neliti.com/id/publications/271596/analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-rendahnya-prestasi-belajar-siswa-pada-m. [10 Juli 2021]
References
Arunti, Rindang. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil belajarMatematika Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ponjong Gunungkidul Tahun ajaran 2012/2013. [Online]. Tersedia: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9206/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. [1 Juli 2021]
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004).
Daher, Wajeeh. 2020. Students' positioning and emotions in learning geometric definition. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/9057/pdf. [5 Juli 2021]
Denizli, Zeynep Akkurt;Erdoğan, Abdulkadir. 2018. Development of a three dimensional geometric thinking test for early graders. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5741/pdf. [5 Juli 2021]
Firdaus, Indra Cahya. 2017. Jurnal Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Konsep Diri Siswa Terhadap Haisl Belajar Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/1505/pdf. [8 Juli 2021].
Ismawati, Lilik. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Di Kabupaten Gresik. [Online]. Tersedia: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpeka/article/view/1948/1331. [10 Juli 2021].
Kariadinata, R., dkk. 2017. The implementation of GeoGebra software-assited DDFC instructional model for improving students' Van-Hiele geometry thinking skill. [Online]. Tersedia: https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3124116.3124129?casa_token=74beBKfy3SQAAAAA:JTKky3Ka5htwrtBpC-SdNc_obBgq12NN-iMqNCVdXHn7_Iv_AIGBQgcnyAuhWuL3j-ldVbMPvG9Ajek. [15 Juli 2021].
Karo-karo, Isran Rasyid Karo-Karo, Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778/1411. [8 Juli 2021].
Lastrijanah., Prasetyo, T., & Mawardani, A. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. [Online]. Tersedia: https://ojs.unida.ac.id/index.php/jtdik/article/view/895 , [8 Juli 2021].
Mustika, Sara. 2018. Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. [Online]. Tersedia: http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/8668/3703. [5 Juli 2021]
Noto Muchamad Subali, Nanang Priatna, Jarnawi Afgani Dahlan. 2019. Mathematical Proof: The Learning Obstacles Of Pre-Service Mathematics Teachers On Transformation Geometry. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/5379/pdf. [6 Juli 2021].
Nurhayati., Arafat, Yasir., & Fitriani, Yessi. 2020. Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Matematika dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. [Online]. Tersedia:http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/article/download/1036/580 , [8 Juli 2021].
Nurwidayanti, Dewi, Mukminan. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. [Online]. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/17743/12824. [10 Juli 2021]
Pratama , Ryan Angga., Ananta, Rudi., & Yuniarti, Suci. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Matematika (Monotika) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. [Online]. Tersedia: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/histogram/article/view/291, [8 Juli 2021]
Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil belajarBahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember. [Online]. Tersedia: http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320. [5 Juli 2021]
Purwasih, Silviana Maya. 2020. Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. [Online]. Tersedia: http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/10087/pdf, [11 Juli 2021].
Putri, Kabita Camelia. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n2_14./362. [8 Juli 2021]
Rizkianto, Ilham; Zulkardi; Darmawijaya. 2013. Constructing geometric properties of rectangle, square, and triangle in the third grade of Indonesian primary schools. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/414/pdf. [8 Juli 2021]
Robiana, Asep; Hendri Handoko. 2020. Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n3_15/641. [8 Juli 2021]
Rostina Sundayana, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika (Bandung: Alfabeta, 2016)
Samura, Asri Ode. 2015. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/145/108. [8 Juli 2021].
Sari, Siska Puspita; Madio, Sukanto Sukandar. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv2n1_4/197. [5 Juli 2021].
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyati. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. [Online]. Tersedia: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/1259/481. [5 Juli 2021].
Sukayati. 2003. Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jogjakarta : Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Suryani, Lely. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Geometri Ruang pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. [Online]. Tersedia: https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/jupika/article/view/672/663. [8 Juli 2021].
Sutiarso Sugeng, M. Coesamin, Nurhanurawati. 2018. The Effect of Various Media Scaffolding on Increasing Understanding of Students’ Geometry Consepts. [Online]. Tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1173673.pdf. [10 Juli 2021].
Tatan Z.M. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. [Online]. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/236195944.pdf. [5 Juli 2021].
Tehayanti. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Realita Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas III. [Online]. Tersedia: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/9956/9734, [8 Juli 2021].
Warti, Erlis. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. [Online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_15/278. [10 Juli 2021].
Widjayanti, Wegita Reski. 2019. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/6294/pdf. [10 Juli 2021].
Yaniawati, R. P., dkk. 2017. Accelerated learning method using edmodo to increase students' mathematical connection and self-regulated learning. [Online]. Tersedia: https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/3124116.3124128?casa_token=baYAArVWuYEAAAAA%3Ab05Yjq_Jp7JJjdVSAKjpzGa3SjtP6yHumiyzxUBLxJ7d_Zb0N1P2AEpVFG_xCFrx8E6DFpXcumyEmQI. [15 Juli 2021].
Zulkardi. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Zul Zagir. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil belajarSiswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 04 BATI Tahun Pelajaran 2016/2017. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. [Online]. Tersedia: https://www.neliti.com/id/publications/271596/analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-rendahnya-prestasi-belajar-siswa-pada-m. [10 Juli 2021]