Analisis Instrumen Kemampuan Matematisasi Siswa dalam Menggunakan Modul Komunikatif

  • Eka Firmansyah Universitas Pasundan
  • Nenden Mutiara Sari
  • Melinda Putri Mubarika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir soal kemampuan matematisasi siswa dalam menggunakan modul komunikatif ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan tafsiran persentase kepahaman dan keterbacaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan kriteria validitas butir soal diperoleh 6 butir soal 100% valid dengan interpretasi sangat tinggi 83% dan tinggi 17%; 2) Reliabilitas soal kemampuan matematisasi dikatakan reliabel dengan r = 0,98 dengan interpretasi sangat tinggi; 3) Daya pembeda keseluruhan butir soal berinterpretasi cukup; 4) Tingkat kesukaran diperoleh soal berintrepretasi sedang sebanyak 4 butir soal (67%) dan berinterpretasi sukar sebanyak 2 soal (33%); 5) Persentase kepahaman dan keterbacaan isi soal oleh siswa sebesar 66,7%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 30, 2021
How to Cite
FIRMANSYAH, Eka; SARI, Nenden Mutiara; MUBARIKA, Melinda Putri. Analisis Instrumen Kemampuan Matematisasi Siswa dalam Menggunakan Modul Komunikatif. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 52-64, nov. 2021. ISSN 2722-7219. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/4558>. Date accessed: 18 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4558.
Section
Articles