Analisis Instrumen Kemampuan Matematisasi Siswa dalam Menggunakan Modul Komunikatif

Authors

  • Eka Firmansyah Universitas Pasundan
  • Nenden Mutiara Sari
  • Melinda Putri Mubarika

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v11i2.4558

Keywords:

Analisis instrumen, Kemampuan Matematisasi, Modul Komunikatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik butir soal kemampuan matematisasi siswa dalam menggunakan modul komunikatif ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan tafsiran persentase kepahaman dan keterbacaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan kriteria validitas butir soal diperoleh 6 butir soal 100% valid dengan interpretasi sangat tinggi 83% dan tinggi 17%; 2) Reliabilitas soal kemampuan matematisasi dikatakan reliabel dengan r = 0,98 dengan interpretasi sangat tinggi; 3) Daya pembeda keseluruhan butir soal berinterpretasi cukup; 4) Tingkat kesukaran diperoleh soal berintrepretasi sedang sebanyak 4 butir soal (67%) dan berinterpretasi sukar sebanyak 2 soal (33%); 5) Persentase kepahaman dan keterbacaan isi soal oleh siswa sebesar 66,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Crouch, R., & Haines, C. (2004). Mathematical Modeling: Transitions between The Real World and The Mathematical Model. International Journal for Mathematics Education in Science and Technology. 35. 197-206

Hamzah, Ali. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Mass, K. (2006). What are Competencies. University of Education Freiburg: ZDM vol 38(2) . 2. 113-141

Monsoulides, N. (2007). The Modeling perspective in The teachingan learning of Mathematics problem solving. Unpublished Doctoral Dissertation. Nicosia : University of Cyprus.

Lesh, R., & Doerr, H.M. (2003). Beyond Constructivism : A Models and Modeling perspective on Mathematics Problem Solving. Learning and Teaching. Marwah, N.J.: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Steiner, E.T. & Aschraft, M.H. (2012). Three brief assessments of math achievement. Behav Res, volume 44 hal 1101-1107.

Downloads

Published

2021-11-30