Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran strategi Every One is a Teacher Here (ETH) dengan Pendekatan Metakognitif (PM) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, ditinjau dari kategori kemampuan awal matematika siswa (unggul dan asor) dan secara keseluruhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods tipe embedded design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan strategi Every One is a Teacher Here (ETH) dengan Pendekatan Metakognitif (PM) lebih baik daripada siswa yang menerapkan pembelajaran biasa (PB) berdasarkan kategori Kemampuan Awal Matematika (KAM) (Unggul dan asor, 2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan strategi Every One is a Teacher  Here (ETH) dengan Pendekatan Metakognitif (PM) lebih baik daripada siswa yang menerapkan pembelajaran biasa (PB) secara keseluruhan.

Keywords

Every one is a teacher here Pendekatan Metakognitif Kemampuan Komunikasi Matematis,

Article Details

How to Cite
Piadi, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Strategi Every One Is A Teacher Here Dengan Pendekatan Metakognitif Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 7(1), 31–44. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2701

References

  1. Nurasyiyah, D.A. (2014). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesi, 6 (2): 117.
  2. Ramdhani, R.F. (2011). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Tesis UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.
  3. Sarwono. (2007). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran dalam Kelompok Kecil dengan Strategi Mastrey Learning. Tesis UPI Bandung: Tidak dipublikasikan.
  4. Silberman, M.L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia.