Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keaktifann Dan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • iis popon kustianah alumni 2015

Keywords:

Hasil belajar, Inkuiri, Keaktifan

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika, khususnya pada proses pembelajaran,  siswa merasa bosan, takut bertanya dan  pasif, sehingga matematika menjadi pelajaran yang sulit.Tujuan dari penelitian ini  untuk menganalisis keterlaksanaan, keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Cimaragas melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian sebanyak 23 orang yang memiliki karakteristik yang beragam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  lembar observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas IX F SMP Negeri 1 Cimaragas sudah berjalan baik, ditunjukkan berdasarkan rata-rata persentase pada siklus pertama sampai siklus ketiga sebesar 90,9 %, 93,2 % dan 95,6 %. Penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan siswa sudah berjalan baik, siswa sudah  terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan tes hasil belajar  rata-rata nilai  siswa pada  siklus I memperoleh  71,35 dengan ketuntasan 47,8% meningkat pada siklus II menjadi 81,61 dengan ketuntasan 73,9% dan pada siklus III menjadi 84,35 dengan ketuntasan 91,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Adam, D., & Hamm, M. (2010). Demystify math, science, and technology; creativity, innovation, and problem solving. Lanhan: Rowman& Littlefield Publishers, Inc.

Agus Suprijono. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Al-Thabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta. Prenadamedia Group.

Anam Khoirul, M.A. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.Rineka Cipta.

Asep Jihad. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Bilgin, M. 2009. The effect of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning aproach on university students achievement of acid and based concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Academic Journals. Scietific Research and Essay, Vol 4 (10): 1038.

Dell’Olio, J.M. & Donk, T.(2007). Model of teaching connecting student learning with standars. Thousand Oaks : SAGE Publications Ltd.

Duffin, J.M & Simpson, A.P.2000.A. Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior.18(4): 415-427

Hamalik, Oemar. 2003. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta. P.T Bumi Aksara.

Harahap, Poerbahawatja. 1982. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta. Gunung Agung.

Indrawan, Rully.Yaniawati, Poppy. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

John. P. Kubicek. (2005). Inquiry-Based Learning. The Nature of Science, and Computer Technology : New Possibilitiesbin Science Education. Canadian Journal of Learning and Technology,31(1)

Kuhlthuau, C.C. Maniotes, L.K., & Caspari, A.K. (2007). Guided Inquiry. Westport: British Libraries Unlimited, Inc.

Orlich, D.C. et al.(2010). Teaching strategies a guides to effective instruction (8 ed). Boston : Wadwort Cengage Learning.

Polya, G.(2004). How to solve it: A new aspect of Mathematical method. Princeton: Princeton University Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group. Jakarta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakaya.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Grup. Jakarta.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta. Rajawali Pers.Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta Kencana Prenada Group.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf. Di unduh pada 28 November 2016.

Wijayanti. Nugrahini Dwi. 2012. Peningkatan Keaktifan Belajarsiswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Handson Activitypada Pembelajaran Ipa Tema Pencemaran Air Kelas Vii D Smp N 1 Seyegan. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-11-30