Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Afiani, N. (2017). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844
- Ainun Syah, N., Ramlawati, R., & Saleh, S. (2023). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas viii. 5(2), 157–161.
- Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai- uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
- Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi manajemen kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
- Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa smp kelas IX pada materi bangun datar segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2008, 120–128.
- Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran guru dalam menumbuhkembangkan kemandirian siswa melalui pembelajaran inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59
- Handayani, N., & Hidayat, F. (2019). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas x smk kota cimahi. Journal On Education, 1(2), 1–8.
- Haniah, L., & Senjayawati, E. (2023). Studi Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau Dari Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1409–1420. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17550
- Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad 21: kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu
- Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714 Indrawati, F. (2019). Hambatan dalam pembelajaran matematika. Simposium Nasional Ilmiah,
- November, 62–69. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.293
- Isroah, I., & Sumarsih, S. (2013). Analisis kemandirian belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fakultas ilmu sosial dan ekonomi universitas negeri yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1676
- Mendrofa, A. S., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis kesulitan siswa pada pembelajaran matematika
- di kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliduho. 8, 145–167.
- Munirah. (2018). Peranan guru dalam mengatasi kesulitan. Tarbawi Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2).
- Nahdi, D. S. (2017). Self regulated learning sebagai karakter dalam pembelajaran matematika.
- The Original Research of Mathematics, 2(1), 20.
- Normina, N. (2017). Pendidikan dalam kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28.
- Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. 1(1), 24–44.
- Purwanti, N. D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Analisa, 6(2), 122–131. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396
- Rachmayani, D. (2020). Penerapan pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 32.
- Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798
- Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU- MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
- Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didikditinjau dari kecemasan matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
- Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332
- Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
- Sugiyono. (2015). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. https://onesearch.id/Record/IOS16908.slims-7428?widget=1&institution_id=2975
- Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran guru dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6.
- https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatka n_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia
- Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas V sd inpres samberpasi. Metodik Didaktik, 14(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11384
- Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105.
- https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206
References
Afiani, N. (2017). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844
Ainun Syah, N., Ramlawati, R., & Saleh, S. (2023). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas viii. 5(2), 157–161.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai- uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi manajemen kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa smp kelas IX pada materi bangun datar segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2008, 120–128.
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran guru dalam menumbuhkembangkan kemandirian siswa melalui pembelajaran inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59
Handayani, N., & Hidayat, F. (2019). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas x smk kota cimahi. Journal On Education, 1(2), 1–8.
Haniah, L., & Senjayawati, E. (2023). Studi Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau Dari Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1409–1420. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17550
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad 21: kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu
Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714 Indrawati, F. (2019). Hambatan dalam pembelajaran matematika. Simposium Nasional Ilmiah,
November, 62–69. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.293
Isroah, I., & Sumarsih, S. (2013). Analisis kemandirian belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fakultas ilmu sosial dan ekonomi universitas negeri yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1676
Mendrofa, A. S., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis kesulitan siswa pada pembelajaran matematika
di kelas VIII SMP Negeri 2 Hiliduho. 8, 145–167.
Munirah. (2018). Peranan guru dalam mengatasi kesulitan. Tarbawi Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2).
Nahdi, D. S. (2017). Self regulated learning sebagai karakter dalam pembelajaran matematika.
The Original Research of Mathematics, 2(1), 20.
Normina, N. (2017). Pendidikan dalam kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. 1(1), 24–44.
Purwanti, N. D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan belajar aljabar ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Analisa, 6(2), 122–131. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396
Rachmayani, D. (2020). Penerapan pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 32.
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU- MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didikditinjau dari kecemasan matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Sugiyono. (2015). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. https://onesearch.id/Record/IOS16908.slims-7428?widget=1&institution_id=2975
Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran guru dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6.
https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatka n_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia
Tasaik, H. L., & Tuasikal, P. (2018). Peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas V sd inpres samberpasi. Metodik Didaktik, 14(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11384
Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105.
https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206