Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

  • Nais Pebriyani
  • Darojatun Nasihin
  • Ika Meika
  • R Poppy Yaniawati
  • Eka Firmansyah Universitas Pasundan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan jenis kesalahan pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Mathla’unnawa Kartika. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil tes menunjukan bahwa sebagian besar siswa masih melakukan  kesalahan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Jenis kesalahan yang siswa lakukan adalah a)  siswa mengalami kesalahan dalam membaca perintah yang ditulis dalam soal, b) siswa mengalami kesalahan dalam  konsep metode eliminasi, konsep metode substitusi,konsep  metode campuran sehingga tidak dapat menyelesaikan apa yang diperintahkan soal tersebut, c) siswa mengalami kesalahan dalam menggunakan sifat penjumlahan dan sifat pengurangan dalam SPLDV, d) siswa mengalami kesalahan dalam  melakukan operasi pada bilangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 29, 2020
How to Cite
PEBRIYANI, Nais et al. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 18-24, may 2020. ISSN 2089-2055. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2444>. Date accessed: 29 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.5035/pjme.v10i1.2444.
Section
Articles