Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Afrilianto, M., Rosyana, T., Linda., & Wijaya, T. T. (2022). Project-activity-cooperative learning-exercise model in improving students’ creative thinking ability in mathematics. Infinity Journal, 11(2), 285–296. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p285-296
- Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. (2018). The instruments of higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012053
- Amelia, R., & Anwar, H. W. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII Mts nurus salam deli tua pada materi pola bilangan. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 594–607. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1390
- Assalam, A. A., Maulana, G., & Azani, A. P. (2023). Rancang bangun mesin pencacah pakan ternak ruminansia [Diploma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/845
- Effendi, K. N. S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan berpikir kreatif siswa smp kelas VII dalam penyelesaian masalah statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
- Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. Jurnal E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.460
- Fairazatunnisa, F., Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.702
- Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk pangkat dan akar di kelas XI SMA negeri 1 ulususua tahun pembelajaran 2021/2022. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437
- Herlina, E. (2015). Meningkatkan advanced mathematical. Infinity Journal, 4(1), 65–83. https://dx.doi.org/10.22460/infinity.v4i1.p65-83
- Jailani, M. S. (2020). Membangun kepercayaan data dalam penelitian kualitatif. Primary Education Journal, 4(2), 19–23. https://doi.org/10.30631/pej.v4i2.72
- Kamilah, A. S., & Sukirwan. (2023). Desain pembelajaran teorema pythagoras berbasis technological pedagogical content knowledge (TPACK) dengan model inkuiri terbimbing. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 12–23. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2529
- Meryansumayeka, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Hiltrimartin, C. (2022). Designing geometrical learning activities assisted with ICT media for supporting students’ higher order thinking skills. Journal on Mathematics Education, 13(1), 135–148. https://doi.org/10.22342/jme.v13i1.pp135-148
- Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kesulitan belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066
- Pramudita, G., Ariedhandy, M. R., & Ermansyah, M. R. (2023). Rancang bangun mesin perajang keripik pisang dengan sistem vertikal proyek akhir [Dipolma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/823
- Pratiwi, I. R., Khrisnhaningsih, S. D., & Sari, E. M. (2023). Mathematical literacy (arithmetic & algebraic) billinguals for mechanical engineering students (1st ed). Polmanbabel Press.
- Pratiwi, I. R., & Sari, E. M. (2022). Mathematical creative thinking mahasiswa di politeknik menggunakan blended learning dan LMS moodle. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1105–1115. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4840
- Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran brain-based learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 12–27. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608
- Ristontowi, R., & Riwayati, S. (2020). Pengembangan soal open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4931
- Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa melalui blended learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.
- Said, S. ., Mohamad, E., Pikolo, M., Sihaloho, M., Laliyo, L. A. ., Ischak, N. ., & Salimi, Y. . (2022). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 91–98. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14491
- Sari, V. F., Saputra, F., & Rozani. (2023). Modifikasi sistem pemotongan pada mesin pencacah pelepah sawit dengan metode “double cutting principle” [Diploma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/839
- Sepriyanto, & Kurniawan, S. (2021). Rancang bangun mesin pemotong karet gelang. Jurnal Inovator, 4(1), 5–9. https://doi.org/10.37338/ji.v4i1.160
- Setiawan, A., Malik, A., Suhandi, A., & Permanasari, A. (2018). Effect of higher order thinking laboratory on the improvement of critical and creative thinking skills. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012008
- Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan (1st ed). CV Nata Karya.
- Sofiyati, E. (2022). Critical thinking process analysis based on van hiele’s theory through the discovery learning model. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 44–59. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5280
- Suherman. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan pendekatan matematika realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57
- Tanudjaya, C. P., & Doorman, M. (2020). Examining higher order thinking in Indonesian lower secondary mathematics classrooms. Journal on Mathematics Education, 11(2), 277–300. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.11000.277-300
- Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The relationship between higher order thinking skills and academic performance of student in mathematics instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
- Widiastuti, Y., Ilma, R., & Putri, I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22.
- Widodo, S. A., Pangesti, A. D., Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Thinking process of concrete student in solving two-dimensional problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 117–128. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.9460.117-128
- Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108–122. https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1374
- Yulianasari, D., Misdalina, & Tanzimah. (2023). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Journal on Education, 6(1), 4043–4052. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3525
References
Afrilianto, M., Rosyana, T., Linda., & Wijaya, T. T. (2022). Project-activity-cooperative learning-exercise model in improving students’ creative thinking ability in mathematics. Infinity Journal, 11(2), 285–296. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p285-296
Ahmad, S., Prahmana, R. C. I., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Arianil, Y., & Zainil, M. (2018). The instruments of higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 943(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012053
Amelia, R., & Anwar, H. W. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII Mts nurus salam deli tua pada materi pola bilangan. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 594–607. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1390
Assalam, A. A., Maulana, G., & Azani, A. P. (2023). Rancang bangun mesin pencacah pakan ternak ruminansia [Diploma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/845
Effendi, K. N. S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan berpikir kreatif siswa smp kelas VII dalam penyelesaian masalah statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. Jurnal E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.52657/je.v3i2.460
Fairazatunnisa, F., Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942–1956. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.702
Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk pangkat dan akar di kelas XI SMA negeri 1 ulususua tahun pembelajaran 2021/2022. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.437
Herlina, E. (2015). Meningkatkan advanced mathematical. Infinity Journal, 4(1), 65–83. https://dx.doi.org/10.22460/infinity.v4i1.p65-83
Jailani, M. S. (2020). Membangun kepercayaan data dalam penelitian kualitatif. Primary Education Journal, 4(2), 19–23. https://doi.org/10.30631/pej.v4i2.72
Kamilah, A. S., & Sukirwan. (2023). Desain pembelajaran teorema pythagoras berbasis technological pedagogical content knowledge (TPACK) dengan model inkuiri terbimbing. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 12–23. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2529
Meryansumayeka, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Hiltrimartin, C. (2022). Designing geometrical learning activities assisted with ICT media for supporting students’ higher order thinking skills. Journal on Mathematics Education, 13(1), 135–148. https://doi.org/10.22342/jme.v13i1.pp135-148
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kesulitan belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066
Pramudita, G., Ariedhandy, M. R., & Ermansyah, M. R. (2023). Rancang bangun mesin perajang keripik pisang dengan sistem vertikal proyek akhir [Dipolma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/823
Pratiwi, I. R., Khrisnhaningsih, S. D., & Sari, E. M. (2023). Mathematical literacy (arithmetic & algebraic) billinguals for mechanical engineering students (1st ed). Polmanbabel Press.
Pratiwi, I. R., & Sari, E. M. (2022). Mathematical creative thinking mahasiswa di politeknik menggunakan blended learning dan LMS moodle. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1105–1115. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4840
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran brain-based learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 12–27. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608
Ristontowi, R., & Riwayati, S. (2020). Pengembangan soal open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4931
Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa melalui blended learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.
Said, S. ., Mohamad, E., Pikolo, M., Sihaloho, M., Laliyo, L. A. ., Ischak, N. ., & Salimi, Y. . (2022). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 91–98. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14491
Sari, V. F., Saputra, F., & Rozani. (2023). Modifikasi sistem pemotongan pada mesin pencacah pelepah sawit dengan metode “double cutting principle” [Diploma, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung]. http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/839
Sepriyanto, & Kurniawan, S. (2021). Rancang bangun mesin pemotong karet gelang. Jurnal Inovator, 4(1), 5–9. https://doi.org/10.37338/ji.v4i1.160
Setiawan, A., Malik, A., Suhandi, A., & Permanasari, A. (2018). Effect of higher order thinking laboratory on the improvement of critical and creative thinking skills. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012008
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan (1st ed). CV Nata Karya.
Sofiyati, E. (2022). Critical thinking process analysis based on van hiele’s theory through the discovery learning model. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 44–59. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5280
Suherman. (2015). Kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika materi pola bilangan dengan pendekatan matematika realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–90. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.57
Tanudjaya, C. P., & Doorman, M. (2020). Examining higher order thinking in Indonesian lower secondary mathematics classrooms. Journal on Mathematics Education, 11(2), 277–300. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.11000.277-300
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The relationship between higher order thinking skills and academic performance of student in mathematics instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
Widiastuti, Y., Ilma, R., & Putri, I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22.
Widodo, S. A., Pangesti, A. D., Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Thinking process of concrete student in solving two-dimensional problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 117–128. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.9460.117-128
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open ended. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 108–122. https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1374
Yulianasari, D., Misdalina, & Tanzimah. (2023). Pengaruh pendekatan realistic mathematics education berbantuan media konkret terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Journal on Education, 6(1), 4043–4052. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3525