Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Andriyani, R., & Wilujeng, H. (2022). Analysis of students'Mathematical literacy abilities is reviewed from emotional intelligence. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v6i1.5293
- Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370). Daiambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603
- Aulia, E. T., & Prahmana, R. C. I. (2022). Developing interactive e-module based on realistic mathematics education approach and mathematical literacy ability. Jurnal Elemen, 8(1), 231-249. https:/doi.org/10.29408/jel.v8i1.4569
- Balkist, P. S. (2019). Analisis hambatan belajar siswa SMA pada materi Trigonometri dalam kemampuan penalaran matematis. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 42-52. Diambil dari https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/398
- Erlisa, W., & Prabawanto, S. (2019). Identification of learning obstacles in trigonometry materials In senior high school. Dalam International Seminar STEMEIF (Science, Technology, Engineering and Mathematics Learning International Forum). Purwokerto. Diambil dari https://digitallibrary.ump.ac.id/365/2/61.%20Full%20Paper_Windy.pdf
- Fauziah, F. (2022). Identifikasi hambatan belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru pada topik trigonometri. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 2(2), 56-59. https://doi.org/10.55748/mjtl.v2i2.91
- Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di kampung pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1876
- Gunadi, F., Lestari, W. & Yahkya, Z. S. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa pada materi trigonometri berdasarkan self-esteem dan gaya belajar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 32-45. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i2.1934
- Hadyani, I. A., & Indriana, Y. (2018). Proses penerimaan diri terhadap perceraian orangtua (sebuah studi kualitatif dengan pendekatan interpretative phenomenological analysis). Jurnal Empati, 6(3), 303-312. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19759
- Hardianti, D., & Desmayanasari, D. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam online learning pada masa pandemi Covid-19. Inomatika, 4(1), 31-44. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.316
- Husniati, A., Usman, M. R., & Kristiawati, K. (2020). Mathematical literacy ability ofcamper-typee students based ON gender differences. MaPan: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 8(2), 281-299. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n2a8
- Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis epistemological obstacle Siswa SMA pada materi trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 547-558. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25p
- Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan siswa dalam memahami konsep trigonometri di lihat dari learning obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16. http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1664
- Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905-910. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
- Pendidikan di Indonesia belajar dari PISA. (2019). Jakarta : Kemdikbud.
- Khairunnisa, A., Nurlaelah, E., & Gozali, S. M. (2022). Analisis hambatan belajar siswa pada materi persamaan trigonometri. Journal on Mathematics Education Research, 3(1). Diambil dari https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/53846/21689
- Kurniawati, R. P., Gunawan, I., & Marlina, D. (2020, November). Mathematic literation abilities based on problem-solving abilities in first class 4 of elementary school. In 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020) (pp. 186-192). Atlantis Press. Diambil dari https://www.atlantis-press.com/proceedings/ecpe-20/125946097
- Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. In Prisma, prosiding seminar nasional matematika (Vol. 1, pp. 588-595). Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20201
- Mensah, F. S. (2017). Ghanaian senior high school students’ error inthe learg of trigonometry. International Journal Of Environmental & Science Education, 12(8), 1709-1717. Diambil dari http://www.ijese.net/makale_indir/IJESE_1934_article_59ba3d4a95bd2.pdf
- Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of mathematics literation ability of students in completing PISA-oriented mathematics problems with changes and relationships content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160-3172. http://dx.doi.org/10.13189/ujer.2020.080745
- Rahmawati, L., Augie, K. T., & Priatna, N. (2021). Epistemological obstacle siswa SMA dalam materi turunan trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1055-1064. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1055-1064
- Ratnaningsih, C. (2020). Jelajah alam sekitar dengan strategi partisipatif dan pendekatan sistem among sebagai suatu upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar himpunan siswa kelas VII J SMP N 1 Cikampek. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-10. Diambil dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2470/1567
- Rosjanuardi, R., & Jupri, A. (2022).The epistemologicall obstacle in learning trigonometry. Mathematics Teaching Research Journal, 14(2), 5-25. Diambil dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1350528.pdf
- Sakinah, E., Darwan, D., & Haqq, A. A. (2019). Desain didaktis materi trigonometri dalam upaya meminimalisir hambatan belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 121-130. Diambil dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/download/7421/4425
- Saputra, C. G., Kesumawati, N., & Fuadiah, N. F. (2021). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri untuk siswa SMA. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 116-125. Diambil dari http://journal.didaktis.id/index.php/jurnaldidaktisindonesia/article/view/14/17
- Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (Vol. 8, pp. 713-720). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf
- Subroto, T. & Sholihah, W. (2018). Analisis hambatan belajar pada materi trigonometri dalam kemampuan pemahaman matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109-120. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2624
- Sukmawati, S., & Jumarniati, J. (2019). Faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa program studi pendidikan matematika semester v dalam belajar trigonometri. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 23-30. http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1439
- Supianti, I. I., Yaniawati, P., Osman, S. Z. M., Al-Tamar, J., & Lestari, N. (2022). Development of teaching materials for e-learning-based statistics materials oriented towards the mathematical literacy ability of vocational high school students. Infinity Journal, 11(2), 237-254. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p237-254
- Yudiawati, N., Trisaputri, F., & Sari, N. M. (2021). Analisis kemampuan literasi matematik dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau berdasarkan gender melalui pembelajaran reciprocal teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 65-77. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3691
- Ulger, T. K., Bozkurt, I., & Altun, M. (2022). Analyzing in-service teachers’ process of mathematical literacy problem posing. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(3). Diambil dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1357684.pdf
References
Andriyani, R., & Wilujeng, H. (2022). Analysis of students'Mathematical literacy abilities is reviewed from emotional intelligence. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v6i1.5293
Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 364-370). Daiambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19603
Aulia, E. T., & Prahmana, R. C. I. (2022). Developing interactive e-module based on realistic mathematics education approach and mathematical literacy ability. Jurnal Elemen, 8(1), 231-249. https:/doi.org/10.29408/jel.v8i1.4569
Balkist, P. S. (2019). Analisis hambatan belajar siswa SMA pada materi Trigonometri dalam kemampuan penalaran matematis. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 42-52. Diambil dari https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/398
Erlisa, W., & Prabawanto, S. (2019). Identification of learning obstacles in trigonometry materials In senior high school. Dalam International Seminar STEMEIF (Science, Technology, Engineering and Mathematics Learning International Forum). Purwokerto. Diambil dari https://digitallibrary.ump.ac.id/365/2/61.%20Full%20Paper_Windy.pdf
Fauziah, F. (2022). Identifikasi hambatan belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru pada topik trigonometri. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 2(2), 56-59. https://doi.org/10.55748/mjtl.v2i2.91
Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa SMA pada pokok bahasan persamaan trigonometri di kampung pasanggrahan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325-334. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1876
Gunadi, F., Lestari, W. & Yahkya, Z. S. (2022). Kesulitan belajar matematika siswa pada materi trigonometri berdasarkan self-esteem dan gaya belajar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 32-45. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i2.1934
Hadyani, I. A., & Indriana, Y. (2018). Proses penerimaan diri terhadap perceraian orangtua (sebuah studi kualitatif dengan pendekatan interpretative phenomenological analysis). Jurnal Empati, 6(3), 303-312. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19759
Hardianti, D., & Desmayanasari, D. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam online learning pada masa pandemi Covid-19. Inomatika, 4(1), 31-44. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.316
Husniati, A., Usman, M. R., & Kristiawati, K. (2020). Mathematical literacy ability ofcamper-typee students based ON gender differences. MaPan: Jurnal matematika dan Pembelajaran, 8(2), 281-299. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n2a8
Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis epistemological obstacle Siswa SMA pada materi trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 547-558. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25p
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan siswa dalam memahami konsep trigonometri di lihat dari learning obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16. http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1664
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905-910. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Pendidikan di Indonesia belajar dari PISA. (2019). Jakarta : Kemdikbud.
Khairunnisa, A., Nurlaelah, E., & Gozali, S. M. (2022). Analisis hambatan belajar siswa pada materi persamaan trigonometri. Journal on Mathematics Education Research, 3(1). Diambil dari https://ejournal.upi.edu/index.php/JMER/article/view/53846/21689
Kurniawati, R. P., Gunawan, I., & Marlina, D. (2020, November). Mathematic literation abilities based on problem-solving abilities in first class 4 of elementary school. In 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020) (pp. 186-192). Atlantis Press. Diambil dari https://www.atlantis-press.com/proceedings/ecpe-20/125946097
Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. In Prisma, prosiding seminar nasional matematika (Vol. 1, pp. 588-595). Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20201
Mensah, F. S. (2017). Ghanaian senior high school students’ error inthe learg of trigonometry. International Journal Of Environmental & Science Education, 12(8), 1709-1717. Diambil dari http://www.ijese.net/makale_indir/IJESE_1934_article_59ba3d4a95bd2.pdf
Murtiyasa, B., & Perwita, W. R. G. (2020). Analysis of mathematics literation ability of students in completing PISA-oriented mathematics problems with changes and relationships content. Universal Journal of Educational Research, 8(7), 3160-3172. http://dx.doi.org/10.13189/ujer.2020.080745
Rahmawati, L., Augie, K. T., & Priatna, N. (2021). Epistemological obstacle siswa SMA dalam materi turunan trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1055-1064. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1055-1064
Ratnaningsih, C. (2020). Jelajah alam sekitar dengan strategi partisipatif dan pendekatan sistem among sebagai suatu upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar himpunan siswa kelas VII J SMP N 1 Cikampek. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-10. Diambil dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/pjme/article/view/2470/1567
Rosjanuardi, R., & Jupri, A. (2022).The epistemologicall obstacle in learning trigonometry. Mathematics Teaching Research Journal, 14(2), 5-25. Diambil dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1350528.pdf
Sakinah, E., Darwan, D., & Haqq, A. A. (2019). Desain didaktis materi trigonometri dalam upaya meminimalisir hambatan belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 121-130. Diambil dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/download/7421/4425
Saputra, C. G., Kesumawati, N., & Fuadiah, N. F. (2021). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran perbandingan trigonometri untuk siswa SMA. Jurnal Didaktis Indonesia, 1(2), 116-125. Diambil dari http://journal.didaktis.id/index.php/jurnaldidaktisindonesia/article/view/14/17
Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (Vol. 8, pp. 713-720). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf
Subroto, T. & Sholihah, W. (2018). Analisis hambatan belajar pada materi trigonometri dalam kemampuan pemahaman matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109-120. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2624
Sukmawati, S., & Jumarniati, J. (2019). Faktor-faktor penyebab kesulitan mahasiswa program studi pendidikan matematika semester v dalam belajar trigonometri. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 23-30. http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1439
Supianti, I. I., Yaniawati, P., Osman, S. Z. M., Al-Tamar, J., & Lestari, N. (2022). Development of teaching materials for e-learning-based statistics materials oriented towards the mathematical literacy ability of vocational high school students. Infinity Journal, 11(2), 237-254. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p237-254
Yudiawati, N., Trisaputri, F., & Sari, N. M. (2021). Analisis kemampuan literasi matematik dan kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau berdasarkan gender melalui pembelajaran reciprocal teaching. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 65-77. https://doi.org/10.23969/pjme.v11i1.3691
Ulger, T. K., Bozkurt, I., & Altun, M. (2022). Analyzing in-service teachers’ process of mathematical literacy problem posing. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(3). Diambil dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1357684.pdf