Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Choridah, D.T. (2013). Peran Pembelajaran
- Berbasis Masalah Untuk
- Meningkatkan Kemampuan Penalaran
- dan Komunikasi serta Disposisi
- Matematika Siswa Sekolah
- Menengah Atas. Jurnal Prodi
- Matematika STKIP Siliwangi
- Bandung. Volume 2 Nomor 2. Tahun
- Coffey, at el. (1995). “Assessing Problem
- Solving and Project Work”. J.
- Wakefield And L. Velardi (Eds).
- Celebrating Mathematics Learning
- (pp 196-201). Melbourne: The
- Mathematical Association Of
- Victoria.
- Topik, Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Penalaran Matematis Melalui
- Problem Based Learning (PBL) Siswa Sekolah Menengah
- Pertama
- Dahlan, J.A. (2004). Meningkatkan
- Penalaran dan Pemahaman
- Matematika Siswa Sekolah Menengah
- Tingkat Pertama melalui Pendekatan
- Pembelajaran Open-Ended. Disertasi
- pada Sekolah Pascasarjana
- Universitas Pendidikan Indonesia
- Bandung: Tidak diterbitkan.
- Dasari, D. (2009). Meningkatkan
- Kemampuan Penalaran Statistik
- Mahasiswa Melalui Pendekatan Pace
- Model. Disertasi pada Sekolah
- Pascasarjana Universitas Pendidikan
- Indonesia Bandung: tidak diterbitkan.
- Depdiknas. (2002). Pendeketan Kontekstual.
- Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
- Disdikpora. (2014). Pusdiknas. Jakarta:
- Kemendikbud.
- Fauziah, A. (2010). Peningkatan
- Kemampuan Pemahaman Matematis
- dan Pemecahan Masalah Matematis
- Siswa SMP melalui Pembelajaran
- Berbasis Masalah. Forum Pendidikan
- Volume 30 Nomor 1. Januari 2010.
- Hake. R.R. Analyzing Change/Gain Scores.
- [On Line]:
- http://www.physics.indiana.edu/sdi/A
- nalyzingchange-Gain.pdf [10 Januari
- .
- Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis
- Masalah untuk Meningkatkan
- Kemampuan Pemahaman Matematis
- Siswa SMP. Educationist Volume 1
- Nomor 1. Januari 2007. ISSN: 1907-
- Husnidar, dkk. (2014). Penenerapan
- Pembelajaran Berbasis Masalah untuk
- Meningkatkan Kemampuan
- Pemahaman Matematis dan Disposisi
- Matematis Siswa SMP. Jurnal
- Didaktik Matematika. ISSN: 2355-
- Ibrahim, M. (2003). Pengembangan
- Perangkat Pembelajaran. Jakarta:
- Direktorat Pendidikan Lanjutan
- Pertama, Depdiknas.
- Kariasa, dkk. (2014). Pengaruh Model
- Pembelajaran Berbasis Masalah
- terhadap Peningkatan Kemampuan
- Pemahaman Matematis Siswa SMP.
- Jurnal PPs Universitas Pend.
- Ganesha Prodi Matematika. Volume
- Tahun 2014.
- Kemulyan, M.S. dan Surtikanti. (1991).
- Belajar dan Pembelajaran. Surakarta:
- Universitas Muhammadiyah
- Surakarta.
- Keraf, G. (1982). Argumentasi dan Narasi
- Komposisi Lanjiutan III. Jakarta:
- Gramedia.
- Martadiputra, B. (2012). Pelatihan
- Pengolahan Data Tingkat Lanjut
- Menggunakan Spss untuk Mahasiswa
- Program Studi Pendidikan
- Matematika PPs UPI. Hand Out.
- Bandung: tidak diterbitkan
- Nasution, S.L. (2011). Pembelajaran
- Matematika melalui pendekatan
- Metakognitif dengan Model Advance
- Organizer untuk Meningkatkan
- Kemampuan Pemahaman dan
- Penalaran Matematis Siswa Sekolah
- Menengah Pertama: Suatu Studi
- Eksperimen pada Salah Satu SMP
- Negeri di Jakarta. Tesis Program
- Pascasarjana UPI Bandung: tidak
- diterbitkan.
- Permana, Y. & Sumarmo, U (2007).
- Mengembangkan Kemampuan
- Penalaran dan Koneksi Matematik
- Siswa SMA Melalui Pembelajaran
- Berbasis Masalah. Jurnal Kajian
- Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 5, Nomor 1, Mei 2015, hlm 90-97
- Filosofi, Teori, Kualitas, dan
- Manajemen Pendidikan. Vol 1 No 2.
- Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan
- Kemampuan Berfikir Matematik
- Siswa SMU melalui Pembelajaran
- Berbasis Masalah. Tesis Program
- Pascasarjana UPI Bandung: Tidak
- diterbitkan
- Riyanto & Siroj (2011). Meningkatkan
- Kemampuan Penalaran Matematis
- dengan Pembelajaran Berbasis
- Masalah pada Siswa Sekolah
- Menengah Pertama. Jurnal
- Pendidikan Matematika. Volume 5
- Nomor 2. Juli 2011.
- Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-Dasar
- Penelitian Pendidikan & Bidang Non
- Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
- . (2006). Pengantar Kepada
- Membantu Guru Mengembangkan
- Kompetensinya dalam Pengajatran
- Matematika untuk Mengembangkan
- CBSA. Bandung: Tarsito.
- Rusman. (2010). Model-Model
- Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Pers
- Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan
- Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
- Kencana Prenada Media Grup.
- Sujatmikowati, A. (2010). Peningkatan
- Kemampuan Pemahaman dan
- Generalisasi Siswa dalam
- Matematika Melalui Pembelajaran
- dengan Pendekatan Open-Ended.
- Tesis UPI Bandung.. Tidak
- diterbitkan.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
- Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
- Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990).
- Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan
- Evaluasi Pendidikan Matematika.
- Bandung: Wijayakusuma.
- Suhena, E. (2009). Pengaruh Strategi React
- dalam Pembelajaran Matematika
- terhadap Peningkatan Kemampuan
- Pemahaman, Penalaran Dan
- Komunikasi Matemtis Siswa SMP.
- Disertasi. UPI Bandung: Tidak
- diterbitkan.
- Sujarweni, Wiratna, A. (2014). SPSS untuk
- Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru
- Press
- Sumarmo, U. (1987). Kenmampuan
- Pemahaman dan Penalaran
- Matematis Siswa SMA Dikaitkan
- dengan Penalaran Logik dan Setiap
- Unsur Proses Belajar Mengajar.
- Disertasi Tesis PPs UPI Bandung:
- Tidak diterbitkan.
- Sumarmo, U. dkk. (2012). Kemampuan dan
- Disposisi Berfikir Logis, Kritis, dan
- Kreatif Matematik: Eksperimen
- terhadap Siswa SMA Mengguakan
- Pembelajaran Berbasis Masalah dan
- Starategi Think-Talk-Write. Jurnal
- Pengajaran MIPA. Vol. 17, No.1, hal
- -33).
- Suparno, P. (1996). Filsafat Konstruktivisme
- dalam Pendidikan. Yogyakara:
- Kanisius.
- Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi
- Pembelajaran Teori dan Aplikasi.
- Jogjakata: Ar-Ruzz Media.
- Trianto. (2011).Model-Model Pembelajaran
- Inovatif Berorientasi Konstruktivitis.
- Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Trihendrodi. (2013). Step By Step IBM SPSS
- Analisis Data Statistik.
- Yogyakarta: Andi.
- Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data
- dengan SPSS. Yogyakarta: Graha
- Ilmu.
- Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru
- Matematika, Calon Guru
- Matematika, dan Siswa dalam
- Pelajaran Matematika. Disertasi pada
- PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
- Widaningsih, D. (2010). Perencanaan
- Pembelajaran Matematika. Bandung:
- Rizqi Press.
- Woolfolk, A. (2009). Educational
- Psychology Active Learning Edition.
- Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Yuliana, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran
- Differentiated Instruction (Di)
- terhadap Kecemasan Matematika
- (Math Anxiety), Peningkatan
- Kemampuan Pemahaman dan
- Penalaran Matematika Siswa SMK.
- Tesis Program Pascasarjana UPI
- Bandung: tidak diterbitkan.
References
Choridah, D.T. (2013). Peran Pembelajaran
Berbasis Masalah Untuk
Meningkatkan Kemampuan Penalaran
dan Komunikasi serta Disposisi
Matematika Siswa Sekolah
Menengah Atas. Jurnal Prodi
Matematika STKIP Siliwangi
Bandung. Volume 2 Nomor 2. Tahun
Coffey, at el. (1995). “Assessing Problem
Solving and Project Work”. J.
Wakefield And L. Velardi (Eds).
Celebrating Mathematics Learning
(pp 196-201). Melbourne: The
Mathematical Association Of
Victoria.
Topik, Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Penalaran Matematis Melalui
Problem Based Learning (PBL) Siswa Sekolah Menengah
Pertama
Dahlan, J.A. (2004). Meningkatkan
Penalaran dan Pemahaman
Matematika Siswa Sekolah Menengah
Tingkat Pertama melalui Pendekatan
Pembelajaran Open-Ended. Disertasi
pada Sekolah Pascasarjana
Universitas Pendidikan Indonesia
Bandung: Tidak diterbitkan.
Dasari, D. (2009). Meningkatkan
Kemampuan Penalaran Statistik
Mahasiswa Melalui Pendekatan Pace
Model. Disertasi pada Sekolah
Pascasarjana Universitas Pendidikan
Indonesia Bandung: tidak diterbitkan.
Depdiknas. (2002). Pendeketan Kontekstual.
Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Disdikpora. (2014). Pusdiknas. Jakarta:
Kemendikbud.
Fauziah, A. (2010). Peningkatan
Kemampuan Pemahaman Matematis
dan Pemecahan Masalah Matematis
Siswa SMP melalui Pembelajaran
Berbasis Masalah. Forum Pendidikan
Volume 30 Nomor 1. Januari 2010.
Hake. R.R. Analyzing Change/Gain Scores.
[On Line]:
http://www.physics.indiana.edu/sdi/A
nalyzingchange-Gain.pdf [10 Januari
.
Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis
Masalah untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman Matematis
Siswa SMP. Educationist Volume 1
Nomor 1. Januari 2007. ISSN: 1907-
Husnidar, dkk. (2014). Penenerapan
Pembelajaran Berbasis Masalah untuk
Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Matematis dan Disposisi
Matematis Siswa SMP. Jurnal
Didaktik Matematika. ISSN: 2355-
Ibrahim, M. (2003). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran. Jakarta:
Direktorat Pendidikan Lanjutan
Pertama, Depdiknas.
Kariasa, dkk. (2014). Pengaruh Model
Pembelajaran Berbasis Masalah
terhadap Peningkatan Kemampuan
Pemahaman Matematis Siswa SMP.
Jurnal PPs Universitas Pend.
Ganesha Prodi Matematika. Volume
Tahun 2014.
Kemulyan, M.S. dan Surtikanti. (1991).
Belajar dan Pembelajaran. Surakarta:
Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Keraf, G. (1982). Argumentasi dan Narasi
Komposisi Lanjiutan III. Jakarta:
Gramedia.
Martadiputra, B. (2012). Pelatihan
Pengolahan Data Tingkat Lanjut
Menggunakan Spss untuk Mahasiswa
Program Studi Pendidikan
Matematika PPs UPI. Hand Out.
Bandung: tidak diterbitkan
Nasution, S.L. (2011). Pembelajaran
Matematika melalui pendekatan
Metakognitif dengan Model Advance
Organizer untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemahaman dan
Penalaran Matematis Siswa Sekolah
Menengah Pertama: Suatu Studi
Eksperimen pada Salah Satu SMP
Negeri di Jakarta. Tesis Program
Pascasarjana UPI Bandung: tidak
diterbitkan.
Permana, Y. & Sumarmo, U (2007).
Mengembangkan Kemampuan
Penalaran dan Koneksi Matematik
Siswa SMA Melalui Pembelajaran
Berbasis Masalah. Jurnal Kajian
Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), Tahun 5, Nomor 1, Mei 2015, hlm 90-97
Filosofi, Teori, Kualitas, dan
Manajemen Pendidikan. Vol 1 No 2.
Ratnaningsih, N. (2003). Mengembangkan
Kemampuan Berfikir Matematik
Siswa SMU melalui Pembelajaran
Berbasis Masalah. Tesis Program
Pascasarjana UPI Bandung: Tidak
diterbitkan
Riyanto & Siroj (2011). Meningkatkan
Kemampuan Penalaran Matematis
dengan Pembelajaran Berbasis
Masalah pada Siswa Sekolah
Menengah Pertama. Jurnal
Pendidikan Matematika. Volume 5
Nomor 2. Juli 2011.
Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-Dasar
Penelitian Pendidikan & Bidang Non
Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
. (2006). Pengantar Kepada
Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya dalam Pengajatran
Matematika untuk Mengembangkan
CBSA. Bandung: Tarsito.
Rusman. (2010). Model-Model
Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Pers
Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan
Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:
Kencana Prenada Media Grup.
Sujatmikowati, A. (2010). Peningkatan
Kemampuan Pemahaman dan
Generalisasi Siswa dalam
Matematika Melalui Pembelajaran
dengan Pendekatan Open-Ended.
Tesis UPI Bandung.. Tidak
diterbitkan.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990).
Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan
Evaluasi Pendidikan Matematika.
Bandung: Wijayakusuma.
Suhena, E. (2009). Pengaruh Strategi React
dalam Pembelajaran Matematika
terhadap Peningkatan Kemampuan
Pemahaman, Penalaran Dan
Komunikasi Matemtis Siswa SMP.
Disertasi. UPI Bandung: Tidak
diterbitkan.
Sujarweni, Wiratna, A. (2014). SPSS untuk
Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru
Press
Sumarmo, U. (1987). Kenmampuan
Pemahaman dan Penalaran
Matematis Siswa SMA Dikaitkan
dengan Penalaran Logik dan Setiap
Unsur Proses Belajar Mengajar.
Disertasi Tesis PPs UPI Bandung:
Tidak diterbitkan.
Sumarmo, U. dkk. (2012). Kemampuan dan
Disposisi Berfikir Logis, Kritis, dan
Kreatif Matematik: Eksperimen
terhadap Siswa SMA Mengguakan
Pembelajaran Berbasis Masalah dan
Starategi Think-Talk-Write. Jurnal
Pengajaran MIPA. Vol. 17, No.1, hal
-33).
Suparno, P. (1996). Filsafat Konstruktivisme
dalam Pendidikan. Yogyakara:
Kanisius.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi
Pembelajaran Teori dan Aplikasi.
Jogjakata: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2011).Model-Model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi Konstruktivitis.
Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trihendrodi. (2013). Step By Step IBM SPSS
Analisis Data Statistik.
Yogyakarta: Andi.
Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data
dengan SPSS. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru
Matematika, Calon Guru
Matematika, dan Siswa dalam
Pelajaran Matematika. Disertasi pada
PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Widaningsih, D. (2010). Perencanaan
Pembelajaran Matematika. Bandung:
Rizqi Press.
Woolfolk, A. (2009). Educational
Psychology Active Learning Edition.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuliana, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran
Differentiated Instruction (Di)
terhadap Kecemasan Matematika
(Math Anxiety), Peningkatan
Kemampuan Pemahaman dan
Penalaran Matematika Siswa SMK.
Tesis Program Pascasarjana UPI
Bandung: tidak diterbitkan.