KONSEP ILMU DALAM ISLAM

Authors

  • Anis Mahmudah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
  • Rizki Isma Wulandari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sedya Santosa UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8055

Keywords:

Ilmu, Islam, Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan konsep ilmu dalam islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi pustaka. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan data-data melalui penelusuran baik referensi yang relevan terkait konsep ilmu dalam islam yang diperoleh dari artikel-artikel jurnal, tulisan-tulisan berupa buku, catatan, dan hasil penelitian terdahulu sebagai sumber penelitian. Setelah data terkumpul maka data dianalisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis konten dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Islam pada hakikatnya membawa ajaran-ajaran yang bukan hanya mengenai satu segi tetapi mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia. Sumber dari ajaran-ajaran yang mengandung berbagai aspek itu adalah Al-qur’an dan Hadist. Islam secara umum dipahami sebagai agama yang dibawa oleh nabi Muhammad saw. beberapa penulis barat menyebutnya dengan muhammadanism, atau istilah yang sama sekali tidak dikenal oleh kalangan umat Islam sendiri bahkan Ilmu dan derivasinya muncul berulang kali dalam Al-Quran. Kedudukan ilmu dalam islam menempati posisi kedua setelah kata tauhid. Pandangan Al-Qur’an terhadap Ilmu pengetahuan dapat diketahui melalui wahyu yang pertama diterima oleh Rasulullah SAW yaitu surah Al-‘Alaq. Dari ayat pertama tersebut di atas diperoleh isyarat pula bahwa ada dua cara memperoleh ilmu, yaitu 1) Allah mengajarkan dengan pena yang telah diketahui oleh manusia sebelumnya, dan 2) Mengajarkan kepada manusia tanpa pena yang belum diketahui oleh manusia sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Muhammad Zainal. 2016. “Konsep Ilmu Dalam Islam: Tinjauan Terhadap Makna, Hakikat, Dan Sumber-Sumber Ilmu Dalam Islam.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 10(1):107. doi: 10.18592/jiu.v10i1.747.

Afifuddin, dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: Pustaka Setia.

Akbar, Sabila, dan Salminawati. 2022. “Konsep Ilmu Dalam Islam Menurut Prof Wan Moh Nor Wan Daud.” Journal Of Social Research 1(3):736–47. doi: 10.55324/josr.v1i3.76.

Al-Fa’izah, Z., Y. .. Rahayu, dan N. Hikmah. 2017. Pengembangan Ilmu Hukum Berbasis Religiousias Sains dengan Pendekatan Profetik. Vol. 3.

Alfi, Lailah Alfi. 2018. “Konsep Ilmu Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas (Analisis buku Islam Dan Filsafat Sains).” Tasfiyah 2(2):195. doi: 10.21111/tasfiyah.v2i2.2580.

Aulia, Anisah. 2020. “Konsep Ilmu menurut Ha.” 21(1):1–9.

Bagus, Sobirin, dan Tutik Hamidah. 2021. “Profesionalisme Kerja dalam Al-Qur’an.” MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 6(1):47–62. doi: 10.24090/maghza.v6i1.4528.

Binti Khalid, Ainor Syuhadah, dan Intan Delsa Putri. 2020. “Analisis Konsep Integrasi Ilmu Dalam Islam.” Wardah 21(1):35–49. doi: 10.19109/wardah.v21i1.5822.

Budiman, Mochammad Arif. 2017. “Politeknik Negeri Banjarmasin i.” Pendidikan Agama Islam 1(Pendidik. Agama Islam):1–11.

Choirunnisa, Eva, Ahmad Rohim, Irwan Sukri, dan Riccha Annafi. 2022. “Problematika Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 4(1):27–47.

Djati, Gunung, dan Conference Series. 2022. “Gunung Djati Conference Series, Volume 16 (2022) CATAH: Conference Article of Takhrij Al-Hadith ISSN: 2774-6585 Website: https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs.” 16:211–19.

Duriana. n.d. “Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon 1–14.

Estuningtyas, Retna Dwi. 2018. “Ilmu Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Qof 2(2):203–16. doi: 10.30762/qof.v2i2.602.

Ghufron, M. Nur, dan Rini Risnawita. 2015. “Kesulitan Belajar pada Anak.” Nurjati Press.

Ḥabīb, Abū Jaʻfar Muhammad Ibn. 1942. Kitāb Al-Muḥabbar. Manshūrāt al-Maktab al-Tijārī lil-Ṭibāʻah wa-al-Nashr.

Hanum, Azizah. 2022. “Analisis Pemikiran Ibnu Sina dan Ibnu Khaldun Terhadap Konsep Pendidikan Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10(2):1–18.

Harahap, Musaddad. 2016. “Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam MUSADDAD HARAHAP.” Jurnal Al-Thariqah 1(113):140–55.

Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Vol. 13.

Hasyim, Baso. 2013. “Islam Dan Ilmu Pengetahuan (Pengaruh Temuan Sains terhadap Perubahan Islam).” Jurnal Dakwah Tabligh 14(1):127–39.

Hatim, Muhammad. 2018. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum.” eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam 12(2):140–63. doi: 10.20414/elhikmah.v12i2.265.

Iryani, Eva. 2017. “Al- Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan Eva Iryani 1.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 17(3):70.

Khalid, A. S., I. Rahmadani, dan D. M. Nur. 2020. “Konsep Dan Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Dalam Islam.” Jurnal Dakwah dan Kemasyarakatan 21(2):1–13. doi: 10.19109/wardah.v21i2.7270.

Khotimah, Khusnul. 2014. “Paradigma Dan Konsep Ilmu Pengetahuan Dalam Al-Qur`an.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 9(1). doi: 10.21274/epis.2014.9.1.67-84.

Makbul, M. 2019. “Filsafat Ilmu: (Filsafat Ilmu, Kasifikasi Ilmu, Ciri- Ciri Ilmu, Dan Sistem Kerja Keilmuan).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Marpaung, Irwan Malik. 2011. “Konsep Ilmu dalam Islam.” Jurnal At-Ta’dib 6(2):223. doi: 10.21111/klm.v13i2.286.

Muh. Zainal Abidin. 2011. “Konsep Ilmu Dalam Islam: Tinjauan Terhadap Makna, Hakikat, Dan Sumber Sumber Ilmu Dalam Islam.” Ilmu Ushuluddin 10(1):108.

Muhammad, Prof, Alinor Bin, Abdul Kadir, dan Phil Syafiq Hasyim. 2017. International Co[1] P. Muhammad, A. Bin, A. Kadir, And P. S. Hasyim, International Conference On Indonesian Islam , Education And Science ( Iciies ): The Prospects And Challenges In The East And The West. 2017.Nference On Indonesian Islam , Education And.

Nurfadila, Himmatin, dan Siti Nurjanah. 2022. “Himmatin Nurfadila & Siti Nurjanah.” MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains 2(1):167–84.

Paoncongan, P. 2016. “Model Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Kesadaran Keberagamaan Siswa Pada Smk Swasta Kota Palopo.”

Rosenthal, Franz. 2007. “Knowledge triumphant: The concept of knowledge in Medieval Islam.” Brill Classics in Islam 25(4):1–355. doi: 10.2307/600550.

SAFITRI. 2015. “Kemajuan Umat Islam Dimasa Bani Abbasiyah.”

Sari, Restiana Mustika, dan Yudi Setiadi. 2020. “The Golden Age of Islam : Antara Pemikiran dan Peradaban Abad Pertengahan.” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains 2:25–30.

Siregar, Dilla Annisa. 2020. “Konsep ilmu dalam Al-Quran.” 21(1):1–9.

Soelaiman, Darwis A. 2019. Filsafat Ilmu Pengetahuan Pespektif Barat dan Islam.

Uswatun Khasanah. 2009. “Konsep Dewesternisasi Pengetahuan Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas.” Uswatun Kha 2(5):255.

Downloads

Published

2023-06-08