STRATEGI GURU DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK USIA SEKOLAH DASAR PADA PENDIDIKAN ISLAM MILLENIAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10386Keywords:
Strategi, Karakter, Sekolah Dasar, Era MillenialAbstract
Penelitian ini membahas bagaimana kualitas pendidikan saat ini menghadapi berbagai tantangan, antar lain bisa dilihat dari karakter anak. Karakter anak pada sebagian generasi millenial memprihatinkan. Pendidikan Islam selama ini telah melakukan transformasi pada tataran paradigma, metode dan strategi pengembangan pendidikan Islam agar menjadi kekinian dan relevan dengan situasi dan kondisi global. Semua ranah dan wilayah kehidupan akan bergumul serta bersinggungan dengan millenial effect. Di dunia pendidikan sekolah ini menjadi tantangan guru menjadikan peserta didik yang bermutu dan bermoral yang menjadikan sikap itu sebagai pembiasaan bagi peserta didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pedekatan penelitian lapangan (field research) Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapaun teknik analisis data dengan triangulasi yaitu membandingkan hasil wawancara dengan obsevasi dan dokumentasi. Dan analisis data ada penelitian ini dari Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dan pembahasn pada penelitian ini adalah keteladanan, penanaman disiplin, pembiasaan dan pemberian nasihat.Downloads
References
Ali, M. (2016). Penggunaan Professional Development School Dalam Praktik Kependidikan Untuk Mengembangkan Profesionalisme Calon Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3).
Ansori, Y. Z. (2020). PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186.https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308
Arianda, Eka, S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2). Retrieved from <https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3805>
Barni, M. (2019). TANTANGAN PENDIDIK DI ERA MILLENNIAL. JURNAL TRANSFORMATIF, 3(1), 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251
Boix, & Susan. (2021). Penelitian Lapangan: Handbook Perbandingan Politik—Carles Boix dan Susan C. Stokes; Ahmad Asnawi (Penerjemah); Rizal (Penyunting)—Google Buku. Perpustakan Nasional RI: Penerbit NUSAMEDIA.
Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(3).
Indriani, W. (2021). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILENIAL. ANWARUL Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 1(1).
Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Di Era Millenial. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2).
Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam pembentukan Sumber Daya Manusia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia. Ta’dib, 18(1).
Nata, A. (2020). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Jakarta: Kencana.
Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2019). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. Journal Of Education, psychology, and counselling, 2(1).
Nurjannah, E., Masudi, M., Baryanto, B., Deriwanto, D., & Karolina, A. (2020). Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 159–171. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1381
Rahman, A. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Depok: Komojoyo Press.
Rizal, S., & Munip, A. (2017). Strategi Guru Kelas dalam Mumbuhkan Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Didik (Study Kasus: SDN Pondok Dalem 01 Semboro dan MI Fathus Salafi Ajung Jember). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 45. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1462
Rukhayati, S. (2020). STRATEGI GURU PAI DALAM MEBINA KARAKTER PESERTA DIDIK SMK AL FALAH SALATIGA. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga
Shofi, A., & Nurdiansyah. (2016). Profesionalisme Guru Dan Tantangan Kedepan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Era Global.
Wardi, M. (2014). Problematika Pendidikan Islam Dan Solusi Alternatifnya (Perspektif Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis). Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.