TEORI BEHAVIOURISME MENURUT PAVLOV DALAM PEMBELAJARAN PERMULAAN CALISTUNG

Authors

  • Tomi Ramadhan UIN Sunan Kalijaga
  • Sedya Santosa Magister PGMI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Inggit Dyaning Wijayanti Magister PGMI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Via Haiyun Karimah Magister PGMI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15816

Keywords:

CALISTUNG, Pavlov, Teori Behaviorisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan teori Classical Conditioning behavourisme menurut Pavlov dalam pembelajaran permulaan CALISTUNG (Baca Tulis Hitung). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan (field research) dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Maka hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori Pavlov dalam pembelajaran permulaan CALISTUNG dapat diterapkan dengan konsep pengulangan dan penguatan untuk memperkuat asosiasi antara stimulus dan respons. Menurut Pavlov pola teori behaviourisme terdiri dari stimulus dan respon tidak bersyarat serta stimulus dan respon bersyarat. Stimulus tidak bersyarat pada pembelajaran permulaan calistung ini adalah saat guru membawa bingkisan kedalam kelas. Hal ini akan menimbulkan respon alami dari siswa yaitu semangat dan antusiame mengikuti pembelajaran. Sedangkan stimulus bersyarat nya yakni saat guru menciptakan suasana, lingkungan dan kondisi pembelajaran yang berbeda dari biasanya. Serta saat guru menggunakan media pembelajaran yang kompleks. Hal ini juga akan menimbulkan semangat dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran yang merupakan respon bersyarat yang ditimbulkan sebagai hasil  dari stimulus yang diberikan tersebut. Kemudian selanjutnya guru akan memberikan Reward / reinforcement sebagai penguatan untuk respon yang telah diberikan oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/dt.v2i1.302

Agliari, E., Aquaro, M., Barra, A., Fachechi, A., & ... (2022). Pavlov Learning Machines. arXiv Preprint arXiv …, Query date: 2023-05-12 14:42:23. https://arxiv.org/abs/2207.00790

Akbar, F., & Gantaran, A. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran PAI. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), Article 2.

Almizri, W. (2022). Upaya Menumbuhkan Stimulus Respon Peserta Didik Melalui Penerapan Teori Belajar Behavioristik.

Almizri, W., & S, N. (2022). Upaya Menumbuhkan Stimulus Respon Peserta Didik Melalui Penerapan Teori Belajar Behavioristik. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.24036/jpol.v1i3.38

Chasanah, T. U., Nazidah, M. D. P., & Zahari, Q. F. (2022). Kesiapan Belajar Calistung Siswa SD Kelas Rendah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Layananan Bimbingan Konseling. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 417–428. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11232

Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Nusa Cendana, Kupang, Indonesia, Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The Effect Of Motivation And Learning Behaviour On Student Achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510

Dorey, N. (2020). Learning Theory. Zoo Animal Learning and Training, Query date: 2023-05-12 14:42:23. https://doi.org/10.1002/9781118968543.ch1

Jambazova, A. (2021). Studying the behavioural, physiological, and neural indices of associative learning in multi-trial paradigms: Methodological and analytical considerations. theses.gla.ac.uk. https://theses.gla.ac.uk/82335/

Kemendikbud. (2022, Desember). Majalah Jendela Menyiapkan Generasi Bangsa Hadapi Revolusi Industri 4.0. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/menyiapkan-generasi-bangsa-hadapi-revolusi-industri-4-0

Mukhlesi Yeni, E., & Marisa, R. (2021). Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2013. VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 13(2). https://doi.org/10.51179/vrs.v13i2.531

Muktar, M. (2019). Pendidikan Behavioristik dan Aktualisasinya. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 1(1), 14–30. https://doi.org/10.52166/tabyin.v1i1.4

Nasution, U. (2020). Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan Pavlov Dalam Membentuk Perilaku Peserta Didik. 25(1).

Nurhidayati, T. (2012a). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR IVAN PETROVICH PAVLOV (CLASSICAL CONDITIONING ) DALAM PENDIDIKAN. 3(1).

Nurhidayati, T. (2012b). Implementasi Teori Belajar Ivan Petrovich Pavlov (Classical Conditioning ) Dalam Pendidikan. 3(1).

Onwuekwe, I., & Udensi, J. (2022). Application Of Pavlov’s Associative Learning Theory To The Teaching Of Rhythm/Melody In Junior Secondary School (JSS). Guildaa.Org, Query date: 2023-05-12 14:16:21. https://www.guildaa.org/APPLICATION_OF_PAVLOVS_ASSOCIATIVE_LEARNING_THEORY_TO_THE_TEACHING_OF_RHYTHM_MELODY_IN_JUNIOR_SECONDARY_SCHOOL_JSS_MUSIC_EDUCATION.pdf

Parri, F. B., Buyi, J., Wenifred, L., & Irang, N. (2019). Dampak Pertobatan Orang Percaya Ditinjau Dari Perspektif Teori Belajar Behavioristik Ivan Petrovich Pavlov Berdasarkan Kisah Para Rasul 2:41-47 [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/4f97t

Prastowo, A. (2022). Memahami Metode-Metode Penelitian. http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/28102

Purnamasari, N. I. (2020). Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull dan Ivan Pavlov bagi Pendidikan Islam Kontemporer.

Tauhid, R., & Pd, M. (2020). Dasar-Dasar Teori Pembelajaran. 1(2).

Zamzami, M. R. (2015). Penerapan Reward And Punishment Dalam Teori Belajar Behaviorisme. 4(1).

Downloads

Published

2024-07-04