KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR, PADA FISIK-MOTORIK, KOGNITIF, BAHASA, DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Tiara Yuliarsih Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sedya Santosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dwi Mutiansi Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15770

Keywords:

Perkembangan, fisik-motorik, kognitif, bahasa, implikasi dalam pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui karakteristik perkembngan anak usia sekolah dasar pada fisik-motorik, kognitif, dan bahasa, 2) untuk mengetahui implikasinya dalam pembelajaran pada perkembangan fisik-motorik, kognitif dan bahasa, Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi pustaka atau studi literature. Hasil penelitian ini bahwa anak mengalami perubahan pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lingkungan sekolah, interaksi sosial, dan pengaruh budaya. Implikasi dari pemahaman tersebut dalam konteks pendidikan menyoroti pentingnya menyediakan lingkungan belajar yang kondusif sesuai dengan tahap perkembangan anak dan mendukung perkembangan fisik, kognitif, dan bahasa anak melalui metode pembelajaran yang tepat. Selain itu peran orang tua dan guru juga sangat penting dalam memberikan bimbingan dan dukungan yang tepat kepada anak dalam menghadapi perubahan dan tugas perkembangan pada masa sekolah dasar.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Academy of Pediatrics. (2019). Healthy Eating: Nutrition for Young Children. Pediatrics, 143(6), e20193447.

Berk, L. E, (2013). Child Development. Pearson.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Rosdakarya

Faiz, F. R. F., Nurhadi, & Rahman, A. (2021). Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 309–326. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.902

Griffin, E. A. (2016). A First Look at Communication Theory. McGraw-Hill Education.

Hardecker, S., Buryn-Weitzel, J. C., & Tomasello, M. (2019). Adult instruction limits children’s flexibility in moral decision making. Journal of Experimental Child Psychology, 187(xxxx), 104652. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.06.005

Henri. (2018). Perkembangan Peserta Didik. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Latifah, U. (2017) ‘Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya’, Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), pp. 185–196. Available at: https://doi.org/10.22515/academica.v1i2.1052.

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M. and Prasetya, T. (2021) ‘PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2’, 11, pp. 14.

Neviyarni, A. (2020) ‘Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran’, Inovasi Pendidikan, 7(2), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380.

Pangestuti, Retno. (2013). Psikologi Perkembangan Anak Pendekatan Karakteristik Peserta Didik. Jogjakarta: BASOSBUD.

Parhan, M. (2020). Aktualisasi Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dan Utama Bagi Anak Di Era 4.0. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education),4(2), 157. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.193

Santrock. 2003. Life-spam Development: Perkembangan Masa Hidup (Alih bahasa: Achmad Chausari & Juda Damanik). Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W., Child Development Eleventh Edition, alih bahasa Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti dengan judul Perkembangan Anak, (Jakarta, Erlangga, 2002)

Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Suryabrata, Sumadi. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-07-02