MODEL MULTILITERASI DALAM PEMBELAJARAN KITAB FATHUL QORIB DI PONDOK PESANTREN

Authors

  • Dwi Mutiansi Universitas KH. Abdul Chalim
  • Rahmat Universitas KH. Abdul Chalim
  • Tiara Yuliarsih Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.22029

Keywords:

Model; Multiliterasi; Kitab Fathul Qorib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi model multiliterasi pembelajaran dalam kitab Fathul Qorib di pondok pesantren Al-Aqobah Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan model multiliterasi dalam pembelajaran kitab kuning: Menerapkan metode Amsilati, Penerapan Billingual, Kajian kitab dengan metode bandongan dan sorogan. Mempersiapkan sarana dan prasarana. b) Pelaksanaan model multiliterasi dalam pembelajaran kitab fathul qorib: Kegiatan metode sorogan dan bandongan meningkatkan kemampuan dalam membaca kitab kuning secara benar sesuai ilmu nahwu/shorof. Menyimak dalam mendengarkan pembacaan ustad/ustazah, santri dituntut memiliki keterampilan menulis yang cakap sehingga dapat menuliskan makna yang dibacakan oleh ustad/ustazah secara cepat dan tepat. Keterampilan berbicara yang baik membantu menjelaskan hasil pemahamannya terhadap kitab yang dipelajarinya. Keterampilan penguasaan media digital adalah keterampilan yang mendukung kompetensi multiliterasi. c) Evaluasi model multiliterasi dalam pembelajaran kitab fathul qorib: Menguji bacaan santri dan pemahaman terhadap teks yang telah dibaca. Penilaian menulis dilihat dari lembar kerja proses yang berisi nilai hasil tugas. Penilaian keterampilan lisan dihasilkan dari tes lisan. Mengunakan kitab kuning berbasis digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama. 2015

Agus, Iswanto “Kiai Sebagai Patron Dan Sponsor Praktik Multiliterasi Di Pesantren Pada Era Media Digital,” Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16 Desember 2020, Http://Jurnaledukasikemenag.Org.

Akbar dkk, Ali. Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang, Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol. 17, No. 1, Januari – Juni. 2018

Al Rasyidin, Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal, Ournal Of Contemporary.Islam And Muslim Societies Vol. 1 No. 1 Januari-Juni. 2017.

Anita Titu, Maria. Penerapan Model Pembelajaranproject Based Learning (Pjbl)Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Padamateri Konsep Masalah Ekonomi, Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015

Binkley, et al. Defining Twenty-First Century Skills. dalam Griffin, P. Assessment and Teaching of 21 st Century Skills. New York : Springer. 2021

Dait, Febrina. Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar, Tesis. 2017.

Darim, Abdu. Manajemen Perilaku Organisasi Dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten, Munaddhomah Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.Volume 1 Issue1. 2020

Direktorat Jenderal. Pendidikan Dasar Dan Menengah. Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta. 2017

Emzir,. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011

Fadlillah. Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SMA/MA.

Fariyatul Fahyuni dkk, Eni. Integrasi Schools dan Madrasah menjadi Pesantren di Indonesia. Jakarta: Atlantis Press, vol 125. 2018.

Fitriyah dkk, Lailatul. Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, Vol. 11 No. 1. 2019

Gibney, T. Concannon & McCarthy, MJ The Explicit Teaching of Reading Comprehension in Science Class: a Pilot Professional Development Program. Improving Schools 15 (1) (2012).

Gunawa, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksa. 2013.

https://www.aqobahinternational.sch.id/page/17-Keunggulan-AIS(diakses 22 juni 2023, pukul 22.00)

https://www.laduni.id/post/read/49557/pesantren-al-aqobah-kwaron-jombang (diakses 22 juni 2023, pukul 19.00)

Isbah, M. Falikul. Pesantren dalam Konteks Indonesia Yang Berubah: Sejarah dan Perkembangan Saat Ini. Yogyakarta: Univ Gadjah Mada Vol 8 No 1 QIJIS. 2020

Jalaluddin, Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada2013.

Jamaludin, Muhammad Sarbini, Ali Maulida, Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pada Santri Tingkat Wustho Di Pondok Pesantren Almuslimun Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur Tahun 2019 (Jurnal : Stai Al Hidayah Bogor), P-Issn: 2654-5829 E-Issn: 2654-3753

Maksudin,. Integrasi Sekolah dan Pesantren Sistem Pendidikan sebagai Model Karakter Pendidikan : Perspektif Pendidikan Transformasi (Yogyakarta: Univ Islam Negeri Sunan Kalijaga SKIJER Vol 2 No 1. 2018

Malawi, Ibadullah & Kadarwati, Ani. Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi) Magetan: CV. AE Grafika. 2017.

Morocco, C.C., et al. 2008. Supported Literacy for Adolescents: Transforming Teaching and Content Learning for The Twenty-First Century. San

Muhammad Taufiq, Ali. Praktil Manajemen Berbasis Al-Qur`an (Jakarta: Gema Insani. 2011

Mulyana, Deddy. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2003

Munzaini. Keefektifan Modell Pembelajaran Multiliterasi Dalam Meningkatkan Motiivasi Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Imami Mapel Fiqih Kepanjen Kabupaten Malang, Tesis. Uin Malang. 2018

Murni, Wahid. Menulis Proposal Dan Laporan Penelitian Di Lapangan: Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. Malang: Pps Uin Malang. 2008

Nur Azizah, Fatiya. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti berbasis multiliterasi di SMA Unggulan BPPT Al-Fattah Kabupaten Lamongan. Malang. 2020

Nurcaya dkk, Paradigma Pembelajaran Berpendekatan Multiliterasi Di Abad 21, Jote Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 . Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education. 54

Poynz & Hoechsmann. Model Literacies: A Critical Introduction. Oxford: Blackwell Publishing, 2012

Prihatini, Sugiarti, Arti. Pembelajaran Multiliterasi dalam Konteks Merdeka Belajar di Indonesia. ISSN 2808-1706 http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/salinga/index

Putra, Nusa. Metode Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. 2012

Qomar, Mujamil. Pesantren dan Transformasi metodologi menuju Demokrasi Institusi. Jakarta: Erlangga. (2002).

Sari, Lurita. Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19, jurnal Tawadhu Vol. 4 no. 1, 2020, 1075. 2021

Shopa, Nur. Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Fikih Fathul Qorib di Madrasah Islamiyah Darussalamah Bangun Jaya Martapura. Banjarmasin. 2020

Syaodih Sukmadinata, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaka Rosdakarya. 2013

Sugiono,. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet. Cv, 2016

Rahmatul Istiqomah Dkk. Ria,. Metode Penelitiankualitatif & Kuantitatif Penulis. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020

Tayeb, Thamrin. Analisis Dan Manfaat Model Pembelajaran Analysis And Benefits Of Learning Models, Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 4 No. 2, Desember 2017

Tholkhah, Imam. Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2004

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP, Jakarta: Bumi Aksara

Untari, Esti.Pentingnya Pembelajaran multiliterasi untuk mahasiswa pendidikan guru Sekolah dasar dalam mempersiapkan diri menghadapi kurikulum 2013. Jurnal wahana dasar No. 1 Januari . 2017

Wilson dan Chavez.. Reading and Representing Action and Achievement. Alexandria: ASCD. 2014

Zainal, Arifin. Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. 2011

Downloads

Published

2024-12-30