PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRIIL AND PRACITCE BERBASIS WORDWALL UNTUK MERANGSANG KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tomi Ramadhan Magister PGMI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Herwandi Magister PGMI, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19677

Keywords:

Driil And Pracitce, Merangsang Keaktifan Belajar, Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat: 1) bagaimana penerapan model driil and practice berbasis web wordwiil untuk merangsang keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika, 2) mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan model driil and practice berbasis web wordwiil untuk merangsang keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika serta memberikan solusi atas kendala yang ada. Maka peneliti mengakat penelitian yang berjudul Model pembelajaran driil and pracitce berbasis teknologi web wordwall untuk merangsang keaktifaan belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran matematika, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dan pendekatan yang digunakan yaitu studi kasus. Data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumuplan data dengan observasi, wawancara dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di salah satu SDN di Yogyakarta. hasil penelitian menjelaskan bahwa dari analisis yang dilakukan peneliti menunjukkan 1) model pembelajaran driil and practice berbasis web wordwiil sangat efektif untuk merangsang keaktifan belajar siswa hal ini terbukti dari indaktor siswa lebih aktif bertanya dan mengamati pembelajaran dengan baik 2) keunggulan dari model ini adalah guru dapat merangsang focus anak sehingga dapat memperhatikan pembelajaran dikarena model driil and practice berbasis wordwall ini dikemas dalam bentuk games, namun kelemahan dari penerapannya adalah kurangnya fasilitas yang mendukung seperti jaringan data internet, tidak ada alat pengeras suara dan dalam pembuatannya harus menggunakan laptop jika memakai android server sering gagal. Solusi dari permasalahan tersebut guru hendaknya mengajukan pengadaan fasilitas kepada pihak sekolah agar pembelajaran dapat berjalan secara maksimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan Game Kuis Interaktif Sebagai Multimedia Pembelajaran Drill and Practice Untuk. Jurnal Informatika., II(1), 205–211. Retrieved from https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/9018/Bab2.pdf?sequence=10s

ASRA, Abuzar. eKsPoR Komoditi dasaR Padat KaRya indonesia, 2000-2009. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 2011, 5.1: 105-121.s

Farhanah. (2012). PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA HITUNG CAMPURAN KELAS III SDN 24 PONTIANAK. Universitas Tajungpura. Ismanto, E., & Cynthia, E. P. (2017). Drill and Practice Model Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pembentukan Objek Primitif Sederhana Dua Dimensi. Algoritma : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 6341(Vol 1, No 01 (2017): November 2017), 18–23. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algorit ma/article/view/1304

Firmadani, F. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Drill And Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 187–198. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p187 Matematika, P., Sekolah, D., Khoirunisa, D., Prastowo, A., & Fatimah, S. (2022).

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

HANDRIANA, Tanti, et al. Purchase behavior of millennial female generation on Halal cosmetic products. Journal of islamic Marketing, 2021, 12.7: 1295-1315.

Lintang, A., Astuti, I., & Tanjungpura, U. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MODEL DRILL. 9(4), 508– 517.

Nasution Asrin, P. A. (2021). Analisis pembelajaran berbasis teknologi model dirll and practice untuk mi/sd. Ẽl-Midad : Jurnal PGMI, 13(1), 10–14. Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/stu diadidaktika/article/view/515/443

Nasution, A., & Prastowo, A. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI MODEL DIRLL AND PRACTICE UNTUK MI/SD. Juni, 13(1), 10–14. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/ Nursyam, A., Muhammadiyah Bone Biru, S., Riattang, T., Bone, K., Selatan, S., & Penulis, K. (2019).

Nugroho Wachid. (2020). Pendekatan Inquiry Model Drill and Practice Berbasis Aplikasi Moodle Berbantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pendidikan MIPA, 10, 70–80.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pembelajaran Berbasis Teknologi Model Drill and Practice untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada. In JIIPJurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 1). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Increased Interest in Student Learning Through Information Technology-Based Learning Media. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose

Rachayu, I., Jauhariansyah, S., & Juwita, E. (2020). PEMANFAATAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA SUB POKOK CLASS DIAGRAM DALAM MENINGKATKAN. JDER Journal of Dehasen Education, 1(2), 98–103.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shalahuddin, Mahfud, (1987 : 100), Metodologi Pengajaran Agama, Bina Ilmu, Surabaya.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparman, Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Surtikanti dan Santoso. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Surya, Y. F. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 016 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR Yenni Fitra Surya . Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.

Sutiah, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Drill Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Dan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 165726 Tebing Tinggi. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 5(1), 155– 164. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i1.415 4

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Ro

Uno, hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Urip, K. M., & Maemonah. (2021). Analisis Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dasar: Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 6. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 51. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a5. 2021

Wahyu, R., Putra, Y., Indriani, P., & Info, A. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 9–14. Wangid, Muhammad Nur, ‘Needs Analysis of Interactive Multimedia Based on Drill and Practice to Improve Motivation and Critical Reading Skills in Elementary Schools’, Jurnal Pendidikan, 6.3 (2021), 356–61

Widianto, E., Anisnai’l Husna, A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., Aura, S., & Cahyani, I. (n.d.).PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Journal of Education and Teaching. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/JETE

Yuliati, C. L., Susianna, N., Harapan, U. P., & Surya, S. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa The Implementation Of Discovery Learning Model In Improving Science Process Skills, Critical Thinking, And Self-Confidence Grade I F Students At Xyz Elementary School Tangerang

Batas akhir penerimaan naskah tanggal 30 Oktober 2019. Bisa kirim via ojs ke laman berikut : Web : http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)