PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN SANDUBAYA

Authors

  • Sindi Bihasvilian PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Asrin PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Vivi Rachmatul Hidayati PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15313

Keywords:

Komik, Kearifan Lokal Sasak, IPAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan komik berbasis kearifan lokal yang dikembangkan. Pengembangan komik ini mengandung unsur kearifan lokal yaitu makanan dan minuman tradisional. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, desain, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SDN 39 Cakranegara dan SDN 5 Cakranegara.  Sedangkan objek penelitian adalah komik berbasis kearifan lokal pada kelas IV muatan IPAS. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli, angket respon guru, dan angket respon siswa. Berdasarkan penilaian dari validator ahli media pada komik mendapatkan kriteria “Sangat Valid” dengan rerata persentase 93,3%. Kemudian penilaian dari validator ahli materi pada komik dilakukan 2 tahap, tahap awal mendapatkan kriteria “Valid” dengan rerata persentase 76,9% dan tahap akhir dengan kriteria “Sangat Valid” dengan rerata persentase 84,6%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan kriteria “Sangat Praktis” dengan rerata persentase 91,1%, uji kelompok besar mendapatkan kriteria “Sangat Praktis” dengan rerata persentase 93,2%. Sehingga, dari akumulasi hasil presentase validasi ahli dan kepraktisan maka komik berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS Kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hidayah, H., Hidayatullah, H. M., Asnidar, A., & Nasir, N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Desain Grafis Melalui Aplikasi Canva. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 2(2). https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.335

Aliifah, N. J., Ramli, M., & Yunita, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Webtoon Terintegrasi STEM pada Mata Pelajaran Kimia Materi Gaya Antarmolekul. SPIN-Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 5(1), 112–126. https://doi.org/10.20414/spin.v5i1.7020

Ananda, N. M., Aka, K. A., & Kurnia, I. (2023). Pengembangan Media Komik Cerita Anak Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 953–960. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4771

Anisah, A. S., Widyastuti, R., Mubarokah, G., & Istiqomah, I. (2023). Pemetaan Materi IPA dan IPS dalam Kurikulum Merdeka ( Studi Kasus di Sekolah Pengggerak SDN 04 Sukanegla Kabupaten Garut ). Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 196–211. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1190

Aryzona, E. F., Asrin, A., & Syazali, M. (2023). Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 424–432. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1156

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 323. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447

Hasibuan, A. R. H., Aufa, Khairunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 7411–7419.

Husnadi, S. I., Ilhamdi, M. L., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Professional 8 Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku (Kearifan Lokal Lombok) untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 191–197. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2353

Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensialkurikulum merdeka-dijenjang-sd

Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120.https://doi.org/10.21009/jpi.041.14

Margita, E., Sukmawati, R. A., & Adini, M. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 3(1), 55. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8404

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Uny Press

Ngazizah, N., Rahmawati, R., & Oktaviani, D. L. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 8(2), 147-154.

Numiati, Samritin, & Irsan. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Audio Visual di Kelas IV SD Negeri 70 Buton. Prosa: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 233–239. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/prosa.v8i4.4024 PROSA

Oktaviana, V., Noor, R., & Muhfahroyin, M. (2022). Pengembangan Komik Biologi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 7(1), 66. https://doi.org/10.24127/jlpp.v7i1.2093

Pradila, M. P., & Kristin, F. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1947–1953. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5759

Puspananda, D. R. (2022). Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 51–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.1682

Putri, E. N., Asrin, A., & Nurmawanti, I. (2023). Media Koin Bermuatan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2022–2027. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5973

Regezta, D. A., Hakim, L., & Noviati. (2023). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN 32 Pangkalpinang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 5093–5103.https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8601

Rustandi, A., & Rismayanti (2021). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2),57–60. https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JIK/article/view/2546/1556

Saputri, R. M., Asrin, A., & Ilhamdi, M. L. (2022). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 197–203. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.435

Sari, I. (2021). Mempertahankan Kearifan Lokal Melalui Pendidikan: Kajian Filsafat Pendidikan dalam Konteks Masyarakat Mamasa. 1(1), 91–95.

Sari, P. P., Pangestika, R. R., & Khaq, M. (2023). Pengembangan Media Komik Bermuatan Kearifan Lokal dan Karakter Pada Kelas IV Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 136–145. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30 651/else.v7i1.13834

Sugiyono. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sulastri, D., Intiana, S. R. H., & Erfan, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kosakata ( PAKOTA ) pada Kemampuan Membaca Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5130

Sulthony, M. M., Saputro, A. W., Musahadah, Z. S., Alfariz, A. M., & Suryaningrum, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Pangan Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PELITA, 10(1), 54-65.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 2100–2112.https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597

Wira, A. (2021). Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android

Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science, (3(1), 01-10.

Yohakim, O., Bunga, M. H. D., & Puang, D. M. El. (2022). sebesar 10,633. Selanjutnya karena t. 4(2), 23–29.

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)