PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SDN 35 AMPENAN

Authors

  • Nurhidayatul Maulida Universitas Mataram
  • Asrin PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10972

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib dalam Kurikulum 2013. Namun, kebanyakan masalah yang dihadapi siswa ialah merasa bosan saat menerima materi bahasa Indonesia karena tidak ada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa diorama yang memuat materi Bahasa Indonesia dan tentunya telah diuji kelayakan dan efektifitasnya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket yang terdiri dari angket validasi ahli media dan ahli materi serta angket yang diberikan kepada peserta didik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V SDN 35 Ampenan. Sedangkan obyek penelitiannya adalah diorama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diorama dari ahli media mendapat skor sebesar 92% yang berarti media sangat valid atau layak digunakan tanpa revisi, kelayakan dari ahli materi sebesar 91%, serta hasil rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 79% yang berarti diorama layak dan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Prastowo. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Badriah, A., Ilamawati, F. I., & Laila, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Analisis Peran Ekonomi Dalam Kehidupan Sosial Siswa Kelas V SDN Mrican 1 (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Budiyono, Saputro, M. P. 2017. Managemen Penelitian Pengembangan (Research

& Development) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Aswaja Perindo.

Fadillah, Ahmad. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 2(1), https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Fauziyah, I. N., Natadiwijaya, I. F., & Subkhi, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Biopuzzle Pada Pembelajaran Biologi Materi Daur Nitrogen Kelas X MIPA SMA/MA. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains (pp. 62-74).

Handini, A., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Se-Gugus I Kecamatan Narmada. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 163-169. https:// 10.29303/jipp.v7i1.412

Ismilasari, Yaashinta dkk. 2013. “Penggunaan Media Diorama untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1 No.2

I Magdalena dkk. 2021. “ Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Bojong 3 Tangerang”. Jurnal Pendidikan dan Sains. Vol 3 No.2.

Kustandi, Cecep., dan Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media. Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media. Jakarta: Kencana,

Maryati, R. (2017). Pengembangan Media Diorama Papercraft Untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Berpendekatan Saintifik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo. Bapala, 4(1), 5.

Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238-246. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32878

Putri, E. N., Asrin, A., & Nurmawanti, I. (2023). Media Koin Bermuatan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2022-2027.

Sapitri, N., Guslinda, G., & Zufriady, Z. (2021). Pengembangan Media Diorama Untuk Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1589-1598.http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8556

Saputri, R. M., Asrin, A., & Ilhamdi, M. L. (2022). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 197-203. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.435

Yusuf, N. I., Karma, I. N., & Istiningsih, S. (2023). Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 7 Ampenan Kota Mataram. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 56-64. https://doi.org/10.35457/konstruk.v15i1.2605

Downloads

Published

2023-12-11

Most read articles by the same author(s)