ANALISIS KESESUAIAN MATERI PADA BUKU TEMA KELAS 3 DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR SISWA

Authors

  • Ahmad Aliazid Muradi Universitas Mataram
  • Asrin Universitas Mataram
  • Mansur Kakim Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11192

Keywords:

Analisis kesesuaian materi, Buku Teks Tematik, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencampurkan kesesuaian materi pada buku teks tematik terbitan kemendikbud tema 3 benda si sekitarku dengan lingkungan sekitar sesuai dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, analisis dimulai dengan membaca dan menelaah seluruh data yang telah tersedia. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa buku teks tematik kemendikbud tema 3 benda si sekitarku sesuai dengan Kurikulum 2013 dilihat dari segi standar isi dan kesesuaian materi dengan lingkungan sekitar sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BSNP. Akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan baik dari segi isi, dan kesesuaian materi dengan lingkungan sekitar dilihat dari segi isi terdapat beberapa kekurangan pada materi yang mendukung tercapainya KI dan KD, dan beberapa pembelajaran tidak memuat salah satu dari dimensi pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural.Dari segi materi penerapan materi terhadap lingkungan masih sangat jarang diterapkan di lingkungan sekitar baik lingkungan keluarga,sekolah,dan masyarakat. Simpulan, kesesuaian standar isi, dan kesesuaian materi yang terdapat dalam buku ini sudah memenuhi standar yang telah ditetepkan oleh BSNP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, yoki dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Darouich, A., Khoukhi, F.,& Douzi, K. (2017). Modelization of cognition, activity and motivation as indicatorsfor Interactive Learning Environment. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 2 (3), hlm. 520-531.

Asri, A. Sahrul. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Bahasa. Vol. 3 No.1. Diakses pada 24 juli 2021. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret/article/view/94

Awalludin. (2017). Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta. Penerbit Deepublish.

BSNP. (2017). Standar Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jurnal online. Diakses padaa23ajulia2021.ahttp://telaga.cs.ui.ac.id/~heru/bsnp/13oktober08/Baha n%20Sosialisasi%20Standar%20Penilaian%20Buku%20Teks%20Pelajara n%20TIK.ppt

Ernawati, Yeni. (2018). Telaah Buku Teks Tematik Terpadu Kelas IV SD Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. Vol. 11 No.2. Diakses pada 24ajulia2021.ahttp://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi/ article/download/223/135

Kemendikbud. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Thingking Skills. Direktorat Jendral Guru dan Kependidikan.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nisyak, Shofiyatun. (2015). Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas Tujuh (VII) Penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. UIN Maulana Malik Ibrahim: Malang. Diakses pada 22 juli 2021. http://etheses.uin-malang.ac.id/5067/1/11110030.pdf

Permendiknas. 2005. Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran pasal 1. Diakses pada 31 juli. https://dokumen.tips/documents/permendiknas-no- 11-tahun-2005-buku-teks-pelajaran.html

Permendiknas. 2008. Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku. Diakses pada 31 juli. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Nomor%202%20Tahun%202008.pdf

Septantiningtyas, Niken, dkk. (2021). Pembelajaran Sains. Klaten. Penerbit Lakeisha.

Sidiq, Umar & Choiri, Miftachul. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo. CV Nata Karya.

Sudjana, Nana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif : Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, N. K. E., Asrini, & Khair B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sdn Gugus V Kecamatan Cakranegara. JIPP. Vol. 6 No. 4. Diakses pada

Salam, A. S., Sudirman, & Husniati. (2022). Standar Isi, Bahasa, dan Penyajian Buku Tematik Terbitan Mediatama Tema 4 “ Berbagai Pekerjaan “ dan Tema 5 “ Pahlawnku “ Seri HOTS Kelas IV Kurikulum 2013. JIPP. Vol. 7 No. 2c. Diakses pada

Downloads

Published

2023-12-07