ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN 4 AMPENAN

Authors

  • Ridha Maulani Hidayah Universitas Mataram
  • Nurhasanah Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13952

Keywords:

IPS, Kesulitan Belajar, Upaya Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan belajar pada muatan pembelajaran IPS materi karakterisitik geografis Indonesia siswa kelas V SDN 4 Ampenan dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SDN 4 Ampenan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kesulitan belajar pada muatan pembelajaran IPS yang dialami siswa kelas V SDN 4 Ampenan yaitu kesulitan dalam memahami materi, kesulitan dalam menyelesaikan soal, siswa kurang aktif dalam diskusi kelompok, siswa sulit konsentrasi dalam belajar, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, kondisi kesehatan tubuh siswa yang kurang baik dalam belajar, dan kemampuan pengindraan siswa yang kurang baik dalam belajar; 2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar antara lain: guru menggunakan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran IPS, guru mengaitkan materi dan soal dengan kehidupan sehari-hari, guru memberikan remedial, serta guru memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa. Kesulitan belajar yang dialami siswa senantiasa harus dapat diberikan penanganan yang tepat agar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan optimal. Mengatasi kesulitan belajar siswa tentu tidak hanya menjadi tugas guru saja melainkan perlu adanya peran dan kerja sama orang tua siswa dalam mendidik, memotivasi dan memperhatikan perkembangan belajar siswa.   Kata Kunci: IPS, Kesulitan Belajar, Upaya Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alloway, T. P., & Carpenter, R. K. (2020). The Relationship Among Children’s Learning Disabilities, Working Memory, and Problem Behaviours in A Classroom Setting: Three Case Studies. The Educational and Developmental Psychologist, 37(1), 4-10.

Anggraini, S. A., Mashari, A., Tohir, A., & Agung, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Banjar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Tunas Bangsa, 1(1), 9-12.

Assyifa, S. H., Nurhasanah, & Tahir, M. (2023). Analisis Kemampuan Kerjasama dalam Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 37 Cakranegara Tahun Ajaran 2022/2023. JIPP, 8(3), 1577-1582.

Hariani, F., Tahir, M., & Oktaviyanti, I. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Muatan IPS Kelas V di SDN 12 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 119-124.

Lidi, M. W. (2018). Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya dalam Mengatasi Kesulitan Beelajar. Foundasia, 9(1), 15-26.

Mawardi, & Handayani, S. (2019). Faktor-faktor Penunjang Kemampuan Belajar di Sekolah Dasar Negeri Lae Langge Kecamatan Sultan Daulat Kota Subussalam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 98-113.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi 33. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuriana, R., & Hotimah, I. H. (2023). Penerapan Meaning Learning dalam Pembelajaran Sejarah. Jambura History and Culture Journal, 5(2), 1-15.

Nursaptini, Sobri, M., Novitasari, S., Indraswati, D., & Sutisna, D. (2021). Mentoring Children With Learning Difficulties in Inclusive Primary Schools. Jurnal Pendidikan Inklusi, 4(2), 85-91.

Pardomuan, K. (2017). Peran Konselor Membantu Pengentasan Malas Belajar Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 2(2), 1-4.

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639-1646.

Pratiwi, L. (2018). Media Video: Solusi Pembelajaran IPS Bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi (pp. 337-350). Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rofiqi, & Rasyid, M. Z. (2020). Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa. Malang: Literasi Nusantara.

Sukamto, Siswanto, J., & Anggraini, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Bagi Siswa SDN Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221-229.

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 94.

Zahro, N. F., Dachlan, A. M., Hunaida, W. L., Anisha, Arfiyah, Auliyah, & Hanifah. (2022). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran IPS di MI An-Noor Karangsari Ngawi. JIEES, 3(1), 41-50.

Downloads

Published

2024-05-18

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>