Pemanfaatan Media Sosial sebagai Upaya Meningkatkan Personal Branding

Authors

  • I Aeni Muharromah Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Banten, Indonesia
  • Yunita Yunita Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.10247

Keywords:

Media Sosial, Personal Branding, Pemanfaatan Medsos

Abstract

Penelitian ini  berjudul Pemanfaatan Media Sosial sebagai Upaya Meningkatkan Personal Branding, merupakan studi kasus di Universitas Pamulang bertujuan mengetahui upaya mahasiswa memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan citra diri. Tidak semua orang menyadari media sosial dapat diusahakan dengan baik untuk meningkatkan personal branding secara positif. Komunikasi seperti apa yang disampaikan melalui media sosial sebagai alat yang digunakan untuk membangun citra diri secara online. Citra diri yang dimaksud adalah citra diri positif agar orang lain dapat mempercayai individu tersebut. Perkembangan teknologi informasi dan media jejaring sosial saat ini menyebabkan pembentukan personal brand melalui media sosial semakin penting. Identitas diri individu dibentuk secara simultan dalam ruang virtual maupun dalam realitas masyarakat sosial. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai pengguna aktif media sosial terutama diusia remaja. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Pamulang hampir sebagian besar sangat familiar dengan medsos. Meskipun demikian media sosial saat ini belum banyak secara sadar digunakan untuk personal branding oleh insan kreatif di Indonesia meskipun media sosial membuka peluang besar bagi pembentukan personal brand yang dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya pembentukan personal brand di media sosial dan relasinya dengan sinergi gaya dan bahasa visual foto profil sebagai representasi diri. Penelitian ini  menggunakan metode  penelitian  kualitatif dengan pendekatan studi kasus.  Pengumpulan data dengan menggunakan tehnik kuesioner dan wawancara untuk pendalamannya. Sumber data yang digunakan adalah sumber premier dan sekunder.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lewis, B.K. 2010. Social Media and Strategic Communication: Attitudes and Perceptions Among College Student. International Journal of Public Relation Society of America

Raharjo, Farco Siswiyanto. 2019, The Master Book of Personal Branding, Yogyakarta: Quadrant.

McNally, David and Karl D. Speak. 2004. Be Your Own Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: Gaung Persada, 2009) cet.1 h. 11

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. BandungL Remaja Rosda Karya.

Montoya, Peter. 2009. The Brand Called You. USA: McGraw Hill.

McGraw Hill. Dictionary V Taprial, P Kanwar - 2012 - books.google.com

Kaplan, Andreas M.; Haenlein, Michael. 2010, Users of the world, united The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi-Suatu Pengantar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Muharromah, Aeni. at al 2017. Pemahaman Dan Apresiasi Peserta Diklat Regional Ras5079 (Suatu Evaluasi Dari Perspektif Komunikasi), Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa ISSN: 2721-6306. Kominfo

Ariani, Azizah Dewi. 2012. Bentuk, Makna, dan Fungsi Bahasa Tulis Media Sosial sebagai Alat Komunikasi dan Interaksipada Internet, (Online) vol-2.no.1 (http//unscript.uns.ac.id) diakses 02 Desmber 2016.

Darma, Y. A. (2009). Analisis wacana kritis. Yrama Widya bekerja sama dengan Jurusan Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia (FPBS UPI).

Hobbs, R. (1998). Building citizenship skills through media literacy education. The public voice in a democracy at risk, 57-76.

Mauludin, M. A. dkk (2017). Cerdas Dan Bijak Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Tengah Era Literasi Dan Informasi Di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat. Dharmakarya, 6(1).

Robbin, A., & Buente, W. (2008). Internet information and communication behavior during a political moment: The Iraq war, March 2003. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 59(14), 2210-2231.

Amanda Vivi Imawat , et all. 2016. Analisis Personal Branding Fashion Blogger Diana Rikasari. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ISSN. 2442-6962 Vol. 5, No. 3. Public Relations Universitas Presiden.

Downloads

Published

2023-05-29