Respons Peserta Didik Kelas VIII SMPN 37 Kota Bandung terhadap Model Discovery Learning Berbantuan Media Film Pendek Pada Pembelajaran Teks Eksposisi

Authors

  • Fahman Nur Faizi universitas pasundan
  • Ahmad Fuadin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v6i1.10011

Keywords:

Respons Peserta Didik, Model Discovery Learning, Media Film Pendek, Teks Eksposisi

Abstract

Abstrak : Penelitian ini mengeksplorasi respons peserta didik kelas VIII SMPN 37 Kota Bandung terhadap model Discovery Learning dengan media film pendek dalam pembelajaran teks eksposisi. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui angket. Studi dilakukan pada 8 November 2022, melibatkan 23 peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model tersebut. Hasil menunjukkan respons positif peserta didik, termasuk peningkatan minat, partisipasi aktif, dan pemahaman materi yang lebih baik. Respons ini mendorong pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Model Discovery Learning dan media film pendek memiliki potensi meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pendekatan menarik dan efektif. Temuan ini mendukung penerapan Discovery Learning dalam berbagai pembelajaran, termasuk teks eksposisi, serta memperluas penggunaan media film pendek. Respons positif peserta didik menekankan pentingnya pendekatan aktif dan partisipatif yang mendorong kreativitas serta kemampuan berpikir mandiri. Temuan ini juga menyoroti relevansi teknologi dalam pendidikan. Dengan demikian, model Discovery Learning berbantuan media film pendek memberikan dampak positif pada respons peserta didik terhadap pembelajaran teks eksposisi, mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan, dan membantu peserta didik meraih potensi maksimal dalam pembelajaran. Kata kunci: Respons Peserta Didik, Model Discovery Learning, Media Film Pendek, Teks Eksposisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, A., Firdaus, L. ., Hadriana, H., & Sumarno, S. (2022). Respons Peserta Didik terhadap Pembelajaran Online, Blended Learning dan Tatap Muka pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2999–3013. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1771

Hasan, B. (2017). “Karakteristik Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi SOLO.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 449.

Hidayati, L., Amalyaningsi, R., Ningrum, W. A., Nurhayati, U., & Wakhidah, N. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Hybrid Learning di MTs Negeri 2 Sidoarjo. PENSA E-JURNAL:Pedidikan Sains, 10(1), 155–160. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Kohar, D. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Model Pembelajaran Berbasis Otak (Mpbo) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 36–51.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlanggga.

Muchlas, M. (2008). Perilaku Organisasi. UGM Press.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian (cetakan ke). Ghalia Indonesia.

Passer, M. W., & Smith, R. E. (2004). Psychology: The science of mind and behavior. McGraw-Hill.

Shaleh, A. R. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Prenada Media.

Sternberg, R. J. (1996). Cognitive psychology. Harcourt Brace College Publishers.

Ulfa, M. (2018). Maria Ulfa dan Saifuddin (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran, 30, 35–56. https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr1QbhxdwpkzDIAWfDLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1678436337/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fjournals.ums.ac.id%2Findex.php%2Fsuhuf%2Farticle%2Fdownload%2F6721%2F4066/RK=2/RS=HZL9IIqfERa8J__i5dlmiKx0ieg-

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. C.V Andi Offset.

Yasir, M., Suarman, S., & Gusnardi, G. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dan Motivasi Dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Jurnal Pekbis, Volume 9(2), 77–90.

Downloads

Published

2025-05-02