Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis Media Puzzle pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Al Falah Dago Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Andrie Santosa SMP Al Falah Dago
  • Titin Nurhayatin Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4396

Keywords:

Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Teks Prosedur, Media Puzzle, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (a) mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur berbasis media puzzle dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan kemampuan siswa yang menggunakan model konvensional; (b) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dan siswa yang menggunakan model konvensional; (c) perbedaan kemampuan siswa menulis teks prosedur di kelas yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dengan kemampuan siswa menulis teks prosedur di kelas yang menggunakan model konvensional; (d) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dengan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mix methodstipe the embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al Falah Dago dan sampel yang dipilih secara acak (random sampling), yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh simpulan: (1) kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dibandingkan dengan kemampuan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini didukung oleh data indeks gain dengan perbandingan 43,56 : 38,5. (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dibandingkan dengan kemampuan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini didukung dengan perbandingan nilai rata-rata 82,00 : 68,17. (3) pengaruh kemampuan menulis teks prosedur terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini didukung dengan perbandingan nilai rata-rata 82,00 : 68,17. (4) terdapat pengaruh antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menulis teks prosedur dengan nilai koefisien 0,934 pada kelas dengan model Teams Games Tournament  dan 0,901 pada kelas dengan model konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Adenan, Ita Novita. (1989). Pola Pengasuhan Anak Secara Tradisional di Kelurahan Kebagusan Daerah Khusus Ibukota Jawa Tengah. Jakarta: Depdikbud

Akhadiah, Sabarti, dkk. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Alwasilah, A. C., & Suzanna, S. (2007). Pokoknya Menulis Cara baru menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Jakarta.

Al-Azizy. 2010. Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Ingatannya. Yogyakarta: Diva Press.

Ana Istiana Noor. (2015). Peningkatan Membandingkan Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Pola Kolaboratif Think Pair And Share Dengan Teknik Brainstorming Pada Peserta Didik Kelas X Otomasi SMK N 2 Kendal (Jurnal). Kendal.

Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dananjaya, Utomo. (2012). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gavamedia Yogyakarta.

Depdiknas. (2006). Buku Saku Kurikulum Tingkat Stuan Pendidik (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. Depdiknas.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

DePorter, Bobbi. dkk. (2013). QUANTUM LEARNING: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Febriani, Meina. (2014). Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia (Jurnal).Bandung.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hadfield, Jill. (1999). Intermediate Vocabulary Games. London: Longman

Hidayati, R.P.P. (2011). Menulis Esai dan Pembelajarannya. Bandung: Prisma

Indah Kusumawati (https://eprints.uns.ac.id/6322/1/102781609200910311.pdf) situs yang diunduh pada tanggal 6 Agustus 2017

Indrawan dan Yaniawati. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Johnson, E. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Kemendikbud. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Komiadi, D. (2008). Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widia.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslich, W. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

Mustaji. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran.[ 5 Januari 2017 jam 22.00 wib].

Nadilestari, Ardisa. (2014). “Teknik Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks”. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.(di unduh 12 desember 2017 08:32)

Ngalim, Purwanto. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Muhammad. (2012). Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Pamungkas, Yosef F.A. (2010). Peningkatan Minat Mengikuti Kegiatan Bimbingan Klaksikal Melalui Game Edukatif dengan Media Puzzle (Jurnal). Yogyakarta: Tahun 2015: 39.

Rahmanelli. (2008). Efektivitas Pemberian Tugas Media Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional. (Jurnal Pelangi Pendidikan),2 (1), hlm.30

Sadiman, dkk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Semi, M.S. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Silberman, Melvin L. (2011). Active Learning. Bandung: Nuansa.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sopah, Djamaah. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran

Sudijono, Anas. (1995). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syelly Eka Permatasari. (2014). Pembelajaran Memahami Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMAN 3 Bandarlampung (di unduh 8 agustus 2017 09:05)

Tarigan, Henry Guntur. (1987). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyudi. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasol Belajar Biologi. Sragen. PTK.

Yulianti, Nuke (repository.upi.edu/S_IND_24495Chapter. pdf) situs ini diunduh 6 Agustus 2017

Zainurrahman. (2013). Menulis dari Teori hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-05-18