Pembelajaran Menulis Teks Resensi dengan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak Tahun Pelajaran 2017-2018

Authors

  • Frezzalia Nurina SMAN 1 JALANCAGAK

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4395

Keywords:

Model Project Based Learning, Menulis Teks Resensi, Cerpen, Berpikir Kritis.

Abstract

Model Project Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan temannya dalam menuangkan daya berpikirnya untuk menyelesaikan proyek yang ditugaskan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen, perbedaan signifikansi kemampuan menulis teks resensi cerpen, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan perbedaan signifikansi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian dilakukan terhadap sampel dua kelas. Satu kelas pembandingnya merupakan kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menerapkan metode campuran (mix method). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis teks resensi cerpen, lembar observasi aktivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen dengan peningkatan kemampuan menulis teks resensi cerpen lebih tinggi pada kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning dibandingkan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan selisih rata-rata sebesar 5,38, 2) terdapat perbedaan signifikan terhadap kemampuan menulis teks resensi cerpen dengan signifikansi lebih baik terhadap kelas eksperimen dengan nilai signifikansi 0,007< 0,05 batas nilai signifikan, 3) peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol dengan selisih nilai rata-rata sebesar 4,84, 4) perbedaan yang signfikan terjadi dalam hal kemampuan berpikir kritis antara kedua kelas, selisih rata-rata kelas eksperimen sebesar 9,45 sedangkan kelas kontrol sebesar 4,61 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 pembelajaran model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik dibandingkan model yang diterapkan pada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013: Bandung: PT Refika Aditama.

Achmad, S. (2008). Teknik Membuat Resensi Buku. http://wedangjae.com.

Ahmad, A. (2014). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Aksan, H. (2011). Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa.

Alhammed and Saleh. (2014). The Effect of Using the Process Approach to Writing Developing University Student’s Essay Writing Skills in EFL. International Journal of Linguistics and Communication. Diakses di https://ijlcnet.com/journals/ijlc 20 Juni 2018.

Anggraeni. 2015. Keefektifan Strategi QAR (Question –Answer Relationship) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Ulasan. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. https://eprints.uny.ac.id/23155/1/SKRIPSI.Pdf. Diakses 14 Februari 2018.

Arifin, E. Z. Dan Tasai, S. A. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademi Pressindo.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

ASC. (2010). Writing Academic Reviews. Peterborough Oshawa. Trent University. https://www.trentu.ca/academicskills/ Diakses 20 Juni 2018.

AWC. (2018). Writing a Critical Review. Academic Writing Center. https://awc.metu.edu.tr. Diakses tanggal 22 Juni 2018.

Bono, E. (2014). Revolusi Berpikir Mengajari Anak anda Berpikir Canggih dan Kreatif dalam Memecahkan Masalah dan Memantik Ide-Ide Baru. Bangdung: PT. Mizan Pustaka.

Dalman, H. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press.

Danardana, A.S. (2013). Pelangi Sastra: Ulasan dan Model-Model Apresiasi. Pekanbaru: Palagan Press.

Deswani. (2009). Proses Keperawatan dan Berpikir Kritis. Jakarta: Salemba Medika.

Dias and Brantley. (2017). Setting the Standar for Project Based Learning: A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning. Diakses di http://ijpgl.org 20 Juni 2018.

Doppelt, Y. (2003). Implementation and Assessment of Project-Based Learning in a Flexible Environment. International Journal of Technology and Design Education. Di akses tanggal 17 Juni 2018 di https://pdfs.semanticscholar.org/.

Du, Xiangyun, Kolmos, Anette. (2006). Process Competencies in a Problem and Project Based Learning Environment. Denmark. Albork University. Diakses https://vbn.aau.dk 20 Juni 2018.

Eggen, P. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT Indeks.

Esten, M. (2013). Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa Bandung.

Faiz, F. (2012). Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis). Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatima, S. (2012). Teaching Report Writing Skills Through Communicative Actives. American Internatioanl Journal of Contemporary Research. Vol. 2 No. 2. Journal Online http://aijcrnet.com/journals/. Diakses tanggal 18 Juni 2018.

Feranie, S. (2017). Enchancing Critical Thinking Skills and Writing Skills through the Variation in Non-Traditional Writing Task. International Journal of Instruction. Diakses di www.e-iji.net 20 Juni 2018.

Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gunawan, A. (2007). Genius Learning Strategy. Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Han & Bhattacharya. (2001). Contructionism, Learning by Design, and Project Based Learning. Diakses di http://www.coe.uga.edu/epltt/learningbydesgyn.thm tanggal 21 Januari 2018.

Hanafiah, N, dan Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung.

Hidayati, P. P. (2015). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Hosnan, M. (2013). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Setyawan%20Pujiono,%20M.Pd./Berpikir%20Kritis%20dalam%20Pembel%20Membaca%20dan%20Menulis%20%28Prisiding%20%20PIBSI%29.pdf.

Iis, AP. (2016.) Pembelajaran Teks Ulasan Film dan Drama pada Kurikulum 2013 bagi Siswa Kelas XI. Skripsi Diakses di http://eprints.uny.ac.id/31473/1/SKRIPSI.pdf 20 Juni 2018.

IKAPI. (2013). Undang-Undang Sisdiknas. Bandung: Fokus Media.

Indrawan, R dan Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Iqbal 2016. Pengaruh Model Project Base Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Siswa. Skripsi dapat diakses di http://digilib.unila.ac.id/21531/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf 20 Juni 2018.

Iskandarwassid dan Sunendar. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Isnatun dan Farida. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VIII SMP. Jakarta: Yudhistira.

Isriani dan Dewi. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep & Implementasi). Yogyakarta: Fmilia (Group Relasi Inti Media).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrma Widya.

Kusneni, dkk. (2012). Prosiding Bahasa & Sastra Indonesia: Pengengembangan Kebahasaan dan Kesusastraan Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Penguatan Jati Diri Bangsa. Jurnal online tersedia di

Kuswana. (2013). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lasauskiene and Rauduvaita (2015). Project Based Learning at University: Teaching Experiences of Lectures. Journal social and behavioral sciences. Diakses di www.sciencedirect.com 20 Juni 2018.

Lelana. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi: Tidak diterbitkan.

Manshur. (2008). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Maria, S. (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas VIII. Tesis. Dapat diakses di http://digilib.unila.ac.id/22804/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf 20 Juni 2018.

Marlina. (2012). Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) Menggunakan Media Ajar Kliping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kompetensi Dasar Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan. Journal dapat diakse di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj. 18 Juni 2018.

Maryani. (2015). Kecerdasan Ruang Dalam Pembelajaran Geografi. Bandung: UPI.

Mulyati. (2010). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Murti, B. (2012). Berpikir Kritis (Critical Thinking). http://fk.uns.ac.id.

Noah dan Raphael. (2016). Project Based Leanring on Students’ Performance in the Concept of Classification of Organisms Among Secondary Schools in Kenya. Journal of Education and Practice. Vol. 7. No. 16. Diakses di http://www.Ijste.org 22 Juni 2018.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah mada.

Nurgiyantoro. B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Odelia, R. (2018). Benefits of Using Short Stories in the EFL Context. Asian EFL Journal. Diakses www.Asian-efl-journal.com 22 Juni 2018.

Oktavianawati, P. (2009). Pengertian dan Unsur-unsur Resensi. Wordpress.com.

Permendiknas. (2005). Proses Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Permendiknas. (2006). Standar Isi. Jakarta: Kemendikbud.

Purwanti. (2009). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku dengan Menggunakan Teknik Cuplik dan Rangkai Kalimat Pada Siswa Kelas IX. Semarang: Skripsi. Tidak diterbitkan.

Robert and barbara, (2006). Critical Thinking Framework For Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Educaion. ISSN 1812-9129. Journal online http://www.isetl.org/ijtlhe/ diakses 17 Juni 2018.

Rosidi. I. (2009). Menulis...Siapa Takut?. Bandung: Kanisius.

Rosyada. (2015). Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Prenada Media.

Salam, dkk. (2016). Full Length Research Article The Effect of Project-Based Learning Against Students Engagement. International Journal of Development Research. Diakses 20 Juni 2018. http://www.journalijdr.com.

Sani, dkk (2015). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Penyajian Produk Workshop MSDK Berbasis Project Based Learning. Jurnal FamilyEdu. Vol 1 No. 1. Diakses di http://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/download/4076/2935 18 Juni 2018.

Sani. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Semi. A. (2003). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sihotang dan Rima. (2012). Critical Thingking Membangun Pemikiran Logis. Jakarta: PT. Pusak Sinar Harapan.

Soffalina. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Surakarta: Skripsi diakses http://eprints.ums.ac.id/8439/1/A310060057.pdf 04 Januari 2018.

Stanton, R. (2012). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudarman. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. (hal 84)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo. (2004). Mengembalikan Wibawa Guru. Jakarta: Balai Pustaka.

Sundyana. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Project Based Learning. Tesis: tidak diterbitkan.

Suriasumantri. (2009). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Thomas. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. Journal The Autodesk Foundation 111 Mcinnis Parkway San Rafael, California 94903. http://ww.bob_pearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf.

Tim Edukatif. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlanga.

Titik W.S., dkk. (2012). Teknik Menulis Cerita Anak. Yogyakarta: Pinkbooks.

Triana, N. (2016). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dan Keterkaitan dengan Kemampuan Berpikir Kritis. Tesis: Tidak diterbitkan.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresive. Surabaya: Kencana.

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Tesis. http://ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/download/6960/pdf di akses 15 Januari 2018.

Waluyo. (2014). Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.

Warisman. (2011). Keterkaitan Bahasa dan Logika dalam Berpikir Kritis. Jurnal Bahasa. Vol 5 Nomor 1, Januari 2001. http://journal.trunojoyo.ac.id/prosodi/article/view/77/99 diakses 14 Januari 2018.

Wena. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Wijayanti, S. (2013). Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pres.

Zubaedi. (2012). Desaian Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zulfitrian. (2012). Keterampilan Menulis Resensi Novel Karya Gol A. Gong Siswa Kelas XI. Tanjung Pinang. Artikel E-Journal.

Downloads

Published

2023-05-18