MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI BERORIENTASI PADA STRUKTUR TEKS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 LEMBANG

Authors

  • Susi Somadi SMP 1 Lembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.4401

Keywords:

Mind Mapping, Menulis Teks Cerita Fantasi, Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur teks dengan menggunakan model mind mapping untuk meningkatkan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix methode) tipe embedded. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lembang. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal pretest, posttest dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses penerapan pelaksanaan model mind mapping memberikan hasil lebih baik terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur teks serta meningkatnya kemampuan berpikir kreatif; (2) kemampuan peserta didik dalam  menulis teks cerita fantasi berorientasi pada  struktur teks dengan model mind mapping mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dengan peningkatan kemampuan rata-rata 64,50 menjadi 80,92; (3) kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur teks dengan model mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model ceramah nilai rata-rata akhir 70,80 berbanding dengan 42,20; (4) kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis cerita fantasi berorientasi pada struktur teks sebelum diberikan perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 53,40 menjadi 70,80; (5) kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran ceramah 70,80 berbanding dengan 42,20; (6) model pembelajaran mind mapping dapat memberikan pengaruh cukup baik terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan perolehan nilai korelasi sebesar 0,590 dengan nilai signifikansi 0,002 < ɑ (0,050) artinya menunjukkan signifikansi semakin baik kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur maka kemampuan berpikir kreatif pun semakin baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhaidah, S. dkk. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga.

Alwasilah, Chaedar. (2007:43). Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama. Al Tabany. T.I.B.(2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovati, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia grup.

Creswell, John W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eggy Rismasellia, (2017) Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Cerita Fantasi Dan Hubungannya Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Jatisari Kota Karawang. Thesis(S2) thesis, UNPAS. Vol 1 No 2 (2018): Vol. I, No. 2, September 2018

Fandini, Intan. Penguasaan Struktur Teks Dan Unsur Kebahasaan Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 3 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar.

Hidayati, P.P. (2018). Pembelajaran Menulis Esai Berotientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Pelangi Press Bandung.

Indrawan, R. dan Poppy Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, Heru. (2014). Pembelajaran Menulis Kreaif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Laily Nur Zahrina. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Strategi Joyfull Learning Untuk Siswa Kelas VII B SMP Negeri 7 SemarangManajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munandar, Utami. (2014). Kreativitas & Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan.2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogjakarta. Gajah Mada University Pers.

Santoso, (1990). Problematika Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Kemendikbud. 2017. Materi Bimbingan Teknis Instruktur Kurikulum SMP. Jakarta: Kemendikbud dan Direktorat BSMPTarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Utami, Ayu. (2017). Menulis dan Berpikir Kreatif. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Zulela.2012.Pembelajaran Bahasa Indonesia.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-11-28