Analisis wacana kritis dimensi praktis social-budaya dalam postingan Instagram @pramonoanungw
Keywords:
wacana kritis, model norman fairclough, media sosialAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengkaji wacana kritis pada caption dari postingan akun Instagram @pramonoanungw dengan menggunakan model analisis yang dirumuskan oleh Norman Fairclough. Dalam ranah komunikasi politik di zaman digital, penelitian ini meneliti cara penggunaan bahasa untuk membentuk narasi serta citra tokoh publik, serta bagaimana wacana ini mencerminkan pergeseran sosial, kelembagaan, dan konteks yang ada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis isi, yang meliputi pengumpulan data dari unggahan Instagram dan literatur yang relevan. Temuan dari analisis menunjukkan bahwa setiap caption tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan informasi, tetapi juga merefleksikan respons terhadap isu sosial yang penting, seperti pengelolaan sampah, akses air bersih, dan infrastruktur olahraga. Melalui aspek praktik sosial dan budaya yang mencakup situasional, institusional, dan sosial, studi ini mengungkapkan hubungan antara wacana tersebut dengan kebijakan pemerintah serta kebutuhan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya analisis wacana kritis untuk memahami komunikasi di media sosial, serta mengajak masyarakat untuk lebih peka terhadap berbagai wacana yang ada. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi dalam pemahaman praktik komunikasi politik di era digital sekaligus menekankan pentingnya dialog yang konstruktif dalam konteks sosial dan budaya yang lebih luas.
Downloads
References
Denilza, I. A., & Muzakir, F. (2025). Instagram sebagai arena wacana empati: Analisis wacana kritis terhadap respons publik atas kesaksian korban film Bid’ah pada akun @ctd.insider. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 156–170.
Erawati, A., Surif, M., & Dalimunthe, S. F. (2022). Analisis wacana kritis Nourman Fairclough terhadap Jokowi yang menyentil menterinya mengenai kenaikan harga minyak goreng. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10653–10662.
Fatoni. (2025). Tagor.co - Instagram juara! Ini media sosial favorit dunia tahun 2025. Diambil dari https://tagar.co/instagram-juara-ini-media-sosial-favorit-dunia-tahun-2025. Diakses pada 17 Juni 2025 pukul 15.32 wib.
Hadiningrat, R. M. F. K., Mayasari, & Yusup, E. (2024). Analisis wacana kritis Norman Fairclough pada konten Instagram Bintang Emon sebagai representasi kepercayaan masyarakat terhadap Direktorat Jenderal Pajak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 30443–30454.
Hakim, L., Septiana, E., Ambil, J. D. F., & Rohimah, A. (2024). Kampanye pendidikan seksual pada anak di media sosial (Analisis wacana kritis pada akun Instagram @taulebih.id). Promedia (Public Relation dan Media Komunikasi), 10(1), 57-79.
Hasugian, T., & Robin, P. (2023). Kontroversi juru bicara presidensi G20 Indonesia: Kajian analisis wacana kritis Sara Mills. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 53–62.
Hafidh, M. I. U. (2023). Representasi santri milenial dalam wacana literasi digital di Instagram (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough pada Instagram: @elmahrusy). Kediri Journal of Journalism and Digital Media (KJOURDIA), 1(1), 25–43.
Kusuma, A., Al Barqi, M. F., Faisal, A., & Ulum, B. (2024). Analisis wacana kritis dalam media sosial Instagram tentang "wanita karir": Model analisis Norman Fairclough. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 53–66.
Lubis, F., & Widia, G. (2023). Analisis wacana kritis: Dimensi sosial dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 499–510.
Lubis, N. (2020). Cadar dalam ruang publik: Analisis wacana kritis Norman Fairclough pada Instagram @aisyiyahpusat. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 6(2), 209–224.
Naurah, N. Z., & Siregar, R. K. (2023). Wacana kesetaraan gender dalam keluarga pada film Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini: Analisis wacana kritis Norman Fairclough. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan (Jahidik), 3(1), 19–35.
Purba, A., Rahmadani, P., & Sari, S. (2024). Analisis wacana kritis Fairclough dalam teks iklan Sprite 2024. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2185–2191.
Sadya, S. (2023). Dataindonesia.id - Pengguna Instagram RI terbesar keempat di dunia pada awal 2023. Diambil dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-ri-terbesar-keempat-di-dunia-pada-awal-2023. Diakses pada 17 Juni 2025 pukul 17.37 wib.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riski Wulan Fitriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.














