Penerapan Model Inkuiri Terencana dalam Pembelajaran Menganalisis Teks Eksposisi dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Yuli Puspitasari

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.2277

Keywords:

Model Inkuiri Terencana, Menganalisis Teks Eksposisi, Berpikir Kritis

Abstract

Membaca adalah suatu kegiatan untuk mengolah informasi dan pengalaman yang telah dipunyai sebelumnya dalam proses belajar. Model inkuiri terencana, merupakan salah satu bentuk model pembelajaran aktif yang diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan berpikir kritis siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menganalisis teks eksposisi sebelum dan sesudah penerapan model inkuiri terencana; mengetahui peningkatan berpikir kritis pada siswa yang menggunakan model inkuiri dengan siswa yang menggunakan model konvensional; membedakan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: 1) Terdapat peningkatan berpikir kritis pada siswa yang menganalisis teks melalui model inkuiri terencana dnegan yang menggunakan model konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada peningkatan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan menggunakan tipe Eksplorasi Sekuensia.Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggabungkan dua metode yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif secara bersama-sama dalam waktu yang sama. Data kualitatif melalui pengumpulan data penerapan model inkuiri, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes kemampuan menganalisis teks eksposisi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Inkuiri Terencana dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam Pembelajaran Menganalisis Teks Eksposisi dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Alwasilah, A. C. dan Senny Suzanna A. (2013). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

AR, Syamsuddin dan Vismaia S. D. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Finoza, L. (2009). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hidayati, Panca P. (2015). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA Kelas X. 242 hlm.

Keraf, G. (2003). Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.

Kuswana, W. S.. (2013). Taksonomi Berpikir .Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subana, M. dan Sudrajat. (2011). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

2020-02-28