Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Berorientasi Majas Perbandingan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik Kelas VII SMP Tulus Kartika Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Mia Widianti

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.2280

Keywords:

media gambar, berpikir kreatif, majas, menulis puisi

Abstract

 Penggunan media gambar dalam proses belajar mengajar mempunyai arti penting karena dapat membantu proses pembelajaran yang semakin efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) penerapan media gambar dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi majas perbandingan, 2) perbedaan peningkatan kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung dengan penerapan media gambar dibandingkan dengan kelas kontrol, 3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung dengan penerapan media gambar dibandingkan dengan kelas kontrol, 4) untuk mengetahui hubungan antara penerapan media gambar dengan peningkatan kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Desain yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan model desain kontrol prates dan pascates (matching pretest-posttest control group desain).Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Tulus Kartika Bandung kelas VIII terdiri atas dua kelas, masing-masing berjumlah 43 peserta didik.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan pada peserta didik kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan.Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan antara berpikir kreatif pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol.Hasil ini menunjukkan pula bahwa media gambar memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis puisi berorientasi majas perbandingan dan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VIII SMP Tulus Kartika Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis Pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.

Alwasilah, A. Ch & Alwasilah, S. S. (2007).Pokoknya menulis cara baru menulis dengan metode kolaborasi. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama.

Alwasilah, A. C. Senny, S. A. (2013). Pokoknya menulis. Bandung: Kiblat.

Aminudin, (2013).Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Penerbit: Sinar Baru Algensindo.

Baihaqi, MIF. (2016). Pengantar Psikologi Kognitif.Bandung : Refika Aditama.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Chin, C.K. Gong, (2014). The effect of wiki- basedrecursive process writing on chinese narrative essay for chineseasa second language (CSL) student in Singapore. The IAFOR Jurnal of education. Vol III. 45-59. http//Eric.go.dov.

Cahyani, Isah. (2014). Pembelajaran menulis berbasis karakter dengan pendekatan experiental learning . Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPSS UPI.

Cahyani, Isah. (2016). Pembelajaran menulis. Bandung: Upi Press. Coyle, J. P. teaching writing skills that enchance student success in future employment. Journal Collected Essays on Teaching and Learning Vol.III, hlm. 195-200.

Damayanti. (2013). Pengaruh model kooperatif concept centence terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Jurnal PGSD, Vol. 1, No 8. Hlm.1-5.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas.(2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta : PT Gramedia.

Djojosuroto.(2005). Puisi, Pendekatan, dan pembelajran.Bandung: Nuansa.

Djojosuroto, Kinayanti (2006). Pengantar Puisi Analisis dan Pemahaman. Bandung: Nuansa.

Dwijayanti, P. & Kauchak, D. (2012).Strategi dan model pembelajaran, mengajarkan konten dan kemampuan berpikir. Edisi keenam. Jakarta:Indeks.

Elbow, Peter.(2007). Writing without Teacher: Merdeka dalam menulis. Jakarta. Indonesia Publishing.

Enre, Fachrudin Ambo. (1988). Dasardasar keterampilan menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Evayanti, S. (2015).Penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkankemampuan enulis teks narasi dan berpikir kreatif. (Tesis).Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia, Bandung.

Fatemah.dkk. (2015). Critical Reflection of an Iranian EFL Clasroom: Effective Ploys in Narrative Paragrafh Writing Development. Advances in Language and Literary Studies, v6 n4 p28-35.https:eric.ed.gov. filsaime,

D. K. (2008). Menguak rahasia berpikir kritis dan kreatif. Jakarrta: Prestasi Pustaka.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.Bandung : Pusbill

Hidayati, dkk. (2012). Peningkatan kemampuan menulis narasi ekspositoris berbantuan mind mapping siswa kelas VII.2 SMPN 2 Kamang Magek Kabupaten Agam. Jurnal.UNP. Vol. 1, No. 1.Hlm. 238-245.

Indrawan, R dan Poppy Y. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Iskandarwassid, dan Dadang Sunendar.(2011). Strategi pembelajaran Bahasa.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jassin, (2002). Peningkatan kemampuan menulis Puisi Bebas dengan pilihan kata yang tepat pada siswa kelas VIII.2 SMPN 2 Kamang MagekKabupaten Agam.Jurnal.UNP. Vol. 1, No. 1.Hlm. 244-255.

Joyce, B.dkk. (2009). Models of teaching (model-model pengajaran).Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jubaedah. (2013). Pembelajaran menulis karangan narasi bermuatan karakter dengan menggunakan metode inkuri dan media video klip.(Tesis). Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Marlinda, M.P. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. Jurnal Penelitian. Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 2. hlm. 1-12. Miller, R.K. (2006). Motives for writing.Fifth edition. New York: McGrow Hill.

Published

2021-11-28