Penerapan Google Classroom Melalui M-learning dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Darangdan

Authors

  • Romlah Romlah SMAN 1 Darangdan Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i2.4408

Keywords:

Berpikir Kritis, Media Google Classroom, M-Learning, Membaca pemahaman.

Abstract

Keterbatasan guru dalam menggunakan media dan model pembelajaran   berpengaruh pada permasalahan kemampuan membaca peserta didik. Media Google Classroom melalui M-Learning dianggap penulis dapat menjadi solusi pembelajaran membaca pemahaman dan berdampak pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak serta hubungan penerapan media Google Classroom dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kombinasi (mixed method). Desain penelitian yang digunakan adalah One Grup Pretest-Posttest (Tes Awal- Tes Akhir pada kelompok tunggal). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Darangdan Kabupaten Purwakarta. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, angket, dan wawancara. Instrumen tersebut dikategorikan layak setelah dilakukan uji coba instrumen dan dilakukan analisis uji coba statistik (validitas, realibilitas, uji pembeda, serta indeks kesukaran). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata pretest dan posttest, mengetahui nilai minimum dan maksimum, dan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian, yaitu (1) penerapan media Google Classroom melalui  M-Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis Peserta Didik kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Darangdan, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara media Google Classroom dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena semakin meningkatnya penerapan media Google Classroom melalui M-Learning maka akan meningkat pula kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Badudu, J.S. (1990). Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Ba’dulu & Herman. (2005). Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2007). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul & Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

F. Rahardian Bertha. dkk. (2016). Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas XII. Jawa Tengah: Viva Pakarindo.

Indrawan, Rully & Poppy Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Reflika Aditama.

Keraf, Gorys. (1981). Argumentasi dan Narasi. Jakarta.

Keraf, Gorys. (2001). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Husein Umar, (2009). Metode Penelitian untuk Skripsi Dan Tesis, Edisi kedua. Rajagrafindo Persada Jakarta.

Harimurti Kridalaksana, (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahmud. (2011). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mahmud 2012.

Muslich, Mansur. (2010). Tata Bentuk Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasucha, Yakub., Rohmadi. (2010). Penelitian Tindakan Teori dan Praktik dalam PTK, PTS, dan. PTBK. Yogyakarta: Media perkasa.

Nurhayati, Endang dan Siti Mulyani. (2006). Linguistik Bahasa Jawa Kajian Fonologi, Morfologi, Sintaksis dan Semantik. Yogyakarta: Bagaskara.

Pateda, Mansur. (1989). Analisis Kesalahan. Ende : Arnoldus.

Parera, Jos Daniel. (1984). Belajar mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga.

Rahayu, Sri. (2013). Keefektifan Metode Scramble Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ngalian 03 Semarang. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Rachmawati, Diah. (2013). Modul Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas XII. Klaten: Viva Pakarindo.

Semi, M. Atar. (2003). Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Siswasih & Kanen. (2009). Bahasa dan Sastra Indonesia 3. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryo, subroto. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwandi, Sarwiji . (2008). Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta: Media Perkasa.

Suyanto, Edi. (2011). Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media.

Verhaar, J.W.M. (2004). Asas – Asas linguistik Umum. Gadjah Mada University Press.

Wibowo, Wahyu. (2001). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2021-11-28