Implementasi Metode Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA

Authors

  • tubagus Muhammad Riansyah individu

Keywords:

Implementation, SQ3R learning, mathematical concept understanding ability.

Abstract

Penelitian ini untuk bertujuan mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran SQ3R dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPS 11 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji Mann whitney. Berdasarkan hasil uji hipotesis data N-gain disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dengan model pembelajaran SQ3R dan kelas kontrol dengan model konvensional karena terlihat bahwa tingkat signifikan yang diperoleh dari uji Mann whitney adalah 0,000 yang berarti tingkat signifikan < 0,05. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 54,12 dan kategori sedang. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 22,34 dan dikategorikan rendah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyeni, S., Haji, S., & Connie. (2017). Pengaruh metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemahaman prosedural matematika siswa MAN 2 Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 23–29.

Budiarti, C. D. (2019). Kontribusi metode pembelajaran M-Apos terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15–22.

Effendi, R. (2018). Peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIC SMPN 2 Lahat menggunakan metode pembelajaran SQ3R. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1).

Feti R. K., Isnarto, M. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran flipped classroom berbantuan android. Seminar Nasional Pacasarjana, 618–625.

Hasanah, I. (2010). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, 14–15.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi pembhelajaran matematika, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran. Prosiding Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008. 229-235

Panjaitan, S. M. (2016). Metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa di prodi pendidikan matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen T.A. 2015/2016. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 3(2), 203–211.

Pratidiana, D., Pujiastuti, H., & Santosa, C. A. (2022). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sıswa. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 206–215.

Kartika, G. A. P. R. (2019). Upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa daerah Bali melalui penerapan model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 119-126.

Rahayuningsih, S. (2021). Penerapan metode SQ3R terhadap pemahaman konsep matematika di masa pandemi. Paedagoria: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 215-223.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M. M. (2018). Refleksi siswa kelas XII-IPA-B SMA kampus teluk dalam melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan media kertas. Jurnal Education and development, 6(1), 90–96.

Soraya, S., Rosmaiyadi, R., & Wahyuni, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi pola bilangan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 28-34.

Sudijono, A. (2015). Pengantar statistika pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta Bandung.

Widnyana, I. wayan, Parmiti, P. D., & Japa, N. G. I. (2020). Metode pembelajaran SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Ilmiiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3) 555–563.

Yesika, D. H., Pribowo, F. S. P., & Afiani, K. D. A. (2020). Analisis metode pembelajaran SQ3R dalam meningkatkan membaca pemahaman siswa SD. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 36–46.

Downloads

Published

2022-11-30