ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PASCA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK DI SDN KEBONAGUNG 4 PORONG

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Tri Linggo Wati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9551

Keywords:

pandemi, motivasi belajar, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19. Selain hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang dampak kepada peserta didik, serta yang menyebabkan peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi maupun rendah. Jenis penelitian yang di gunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang di lakuakn di SDN Kebonagung 4 Porong. Dilakukannya observasi yang mana peserta didik masih banyak yang beragam terkait motivasi belajarnya, ada yang motivasi belajarnya tinggi dan ada juga yang rendah, yang kemudian di lakukan wawancara dan dokumentasi sebagai pengambilan datanya. Setelah di lakukan pengambilan data, di lakukan analisis data dengan melakukan pengumpulan data, pemilahan data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam memotivasi peserta didik sangat berpengaruh, faktor lingkungan juga sangat berdampak, dan media pembelajaran yang di lakukan oleh pendidik menjadi hal yang penting karena bisa menarik minat peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, S. And Kibtiyah, A. (2021) ‘Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Al-Ahsan Bareng)’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), Pp. 6444–6454.

Azizah, N. (2023) ‘Melalui Peneladanan Kisah Nabi Ayyub As Dengan Metode Role Playing Siswa Kelas V Semester I Sdn 1 Kemiri , Kec . Kunduran , Kab . Blora’, Pp. 121–132.

Damayanti, D. And Mangkurat, U. L. (2023) Pengembangan Inovasi Dalam Era Globalisasi.

Dewi, E. (2019) ‘Potret Pendidikan Di Era Globalisasi Teknosentrisme Dan Proses Dehumanisasi’, Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), Pp. 93–116. Doi: 10.32533/03105.2019.

Hapsari, F., Desnaranti, L. And Wahyuni, S. (2021) ‘Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh’, Research And Development Journal Of Education, 7(1), P. 193. Doi: 10.30998/Rdje.V7i1.9254.

Hardiansyah, M. A. Et Al. (2021) ‘Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ke Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp’, Jurnal Basicedu, 5(6), Pp. 5840–5852. Doi: 10.31004/Basicedu.V5i6.1784.

Hasanah;, Z. And Himami;, A. S. (2021) ‘Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Zuriatun’, 1(1), Pp. 1–13.

Jayul, A. And Irwanto, E. (2020) ‘Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani Di Tengah Pandemi Covid-19’, Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), Pp. 190–199.

Masrukah (2022) ‘Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sd Di Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07.

Pendidikan, K. (2003) ‘Sistem Pendidikan Nasional’.

Saragih, D. (2023) ‘Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika : Survei Pada Siswa Kelas X Sman-I Tarumajaya Bekasi’, 2(8), Pp. 3945–3963.

Sari, D. Y. (2021) ‘Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Anak Di Masa Pandemi’, … : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), Pp. 78–93. Available At: Https://Jurnal.Univpgri-

Palembang.Ac.Id/Index.Php/Pernik/Article/View/5424.

Sudarsono, S. (2021) ‘Peningkatan Hasil Belajar Daring Pjok Masa Pandemi Covid-19 Melalui Model Classroom Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Bugangan 03 Kota Semarang’, Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), Pp. 90–104. Doi: 10.51874/Jips.V2i1.17.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Pendidikan. 3rd Edn, Bandung:Alfabeta. 3rd Edn. Edited By A. Nuryanto. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2020) Cara Mudah Menyusun Skripsi: Skripsi Dan Desertasi. Edited By A. Nuryanto. Bandung: Alfabeta.

Who (2020) Covid-19, Https://Www.Who.Int/Emergencies/Diseases/Novel-Coronavirus-2019/Question-And-Answers-Hub/Q-A-Detail/Coronavirus-Disease-Covid-19#:~:Text=Symptoms. Available At: Https://Www.Who.Int/Emergencies/Diseases/Novel-Coronavirus-2019/Question-And-Answers-Hub/Q-A-Detail/Coronavirus-Disease-Covid-19#:~:Text=Symptoms.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A. And Syaza Kani Putri, Y. (2023) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review)’, Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), Pp. 13–24. Doi: 10.38035/Jpsn.V1i1.14.

Yani, E., Ibrahim, B. And Asril (2023) ‘Penggunaan Media Komik Online Bertema Pahlawan Indonesia Dengan Model Nht Untuk Meningkatkan’, 6, Pp. 232–240.

Downloads

Published

2023-08-07

Most read articles by the same author(s)