PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD

Authors

  • Lia Yuni Loviana PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Sri Wahyuni PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Indah Sukowati SD Negeri Lowokwaru 3 Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8360

Keywords:

Critical Thinking Ability, Learning Outcomes, Problem-Based Learning.

Abstract

This study attempts to ascertain if applying the Problem Based Learning learning paradigm to flat form material improves students' learning outcomes and results in terms of critical thinking abilities. This study is a two-cycle classroom action research project. All of the class 1A students of SDN Lowokwaru 3 Malang who participated in this study totalled 23, including 13 females and 10 boys. in the first semester of the academic year 2021–2022. The information for this study came from field notes, written tests, and observations. The study's findings show an improvement in critical thinking abilities from cycle I, going from 67% to 84% in cycle II. After using the Problem Based Learning paradigm for two cycles, student knowledge learning results improved. In cycle II, mastery learning increased from cycle I by 52% to 96%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246-258.

Asriningtyas, A. N (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siwa Kelas 4 SD.

Eggen. P (2018). Strategi dan Model Pembelajaran : Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi keenam. Satriyo Wahono. Jakarta PT. Indeks.

Fathurohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kalimedia.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Hasim, E (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pergurun Tinggi dimasa pandemi covid 19.

Husen, A., Indriwati, S. E., & Lestari, U. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA melalui Implementasi Problem Based Learning Dipadu Think Pair Share. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 853—860.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.

Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 6 (2)

Purwanto, W., Djatmika, E. T., & Hariyono, W. (2016). Penggunan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1700—1705.

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Sumitro, A., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Downloads

Published

2023-06-09