IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 19 SILUNGKANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8115Abstract
Dunia Pendidikan Khususnya di Indonesia bukan hanya mennuntut dan mengajarkan pengetahuan saja akan tetapi juga sangat memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter bangsa khususnya karakter peserta didik. Pembentukan karakter pada peserta didik dapat dilakukan sejak pendidikan usia sekolah dasar. Ada banyak sekali karakter yang harus di berikan dan di biasakan kepada peserta didik salah satunya yaitu karakter tanggung jawab. Pada SD Negeri 19 Silungkang karakter tanggung jawab diimplementasikan dalam kurikulum merdeka melalui beberapa kegiatan seperti kegiatan pembelajaran, dan pada kegiatan P5 ataupun dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan gotong royong, Pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik untuk membentuk tanggung jawab di dalam pembelajaran tematik seperti mengerjakan tugas dan membuat kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter tanggung jawab di dalam pembelaran dan faktor yang mempengaruhinya, supaya guru dapat membimbing peserta didik supaya peserta didik dapat melakukan kegiatan diskusi, praktikum dan lainnya sebagai bentuk tanggung jawab di dalam pembelajaran tematik kurikulum Merdeka.Downloads
References
Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460
Fajriansyah, I., Syafi, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. 6, 1570–1575.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
LAGHUNG, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Muhammad, M., Reinita, R., & Fitria, Y. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1480–1493. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/614
Nurdiana Sari, W., Faizin, A., Muria Kudus, U., & Hidayatul Mubtadiin, M. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 2023.
Okta Nadia, D., Desyandri, & Erita, Y. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07, 878–887.
Pembelajaran, D. (2021). Pengaruh Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar. 2, 104–113.
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.410
Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ, 180–186.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.