MERDEKA BELAJAR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT KONSTRUKTIVISME

Authors

  • Deni Okta Nadia Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6824

Keywords:

Freedom of Learning, Philosophy of Constructivism

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurikulum belajar mandiri yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berdasarkan perspektif filosofi konstruktivisme. Kebebasan belajar diciptakan sebagai pendorong munculnya kemandirian belajar. Filosofi konstruktivisme memandang belajar sebagai aktivitas manusia dalam membangun dan melahirkan pengetahuan dengan cara memberi makna pada pengetahuan sesuai dengan pengalamannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka untuk menggali sumber-sumber yang relevan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengamati fenomena pendidikan di Indonesia. Merdeka Belajar menekankan bahwa pembelajaran yang sesungguhnya berasal dari ide siswa sendiri yang menjadi dasar untuk mengembangkan pengetahuan siswa. Kata kunci: Kebebasan Belajar, Filsafat Konstruktivisme

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Siswoyo, M. P. (2021). MERDEKA BELAJAR. Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=chFZEAAAQBAJ

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana, Y. (2022). Teori Perkembangan Jean Piaget dan Vygotsky Bagaimana Implikasinya Dalam Perkembangan Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582.

Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760

Arifin, S., & Muslim, M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–11.

Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 1(1), 76–83.

Azizi, M. K., & Shafrizal, A. (2022). Merdeka Belajar Dalam Sudut Pandang Teori Belajar Konstruktivisme dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 796–803. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5321

Bainar. (2019). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Kurikulum. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 16(2), 2–4.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Dadi, F. B. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dasar. Widyasari-Press.Com, 2015, 69–78. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2021/06/8.-Fredirikus-Bulu-Dadi-Kebijakan-Pengembangan-Kurikulum-di-Sekolah-Dasar.pdf

Daga, A. T. (2020). Analisis Tujuan Dan Filsafat Kurikulum Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Weetebula Dalam Perspektif Pengembangan Kurikulum Oliva-Gordon. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 138–152. https://doi.org/10.53395/jes.v4i2.196

Darmadi, H., Putra, R. M. S., & Gumelar, M. S. (2020). Apa Mengapa Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). An1mage. https://books.google.co.id/books?id=5CD_DwAAQBAJ

Dr. Pupu Saeful Rahmat, M. P., & Pustaka, S. M. (2019). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. PT. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=75vFDwAAQBAJ

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. 12(2), 155–164.

Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264–6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827

Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1169

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Mustaji, L., & Subroto, W. (2021). Efektivitas kelas virtual pada siswa sekolah dasar: literature review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 59–66. http://103.107.187.25/index.php/Pionir/article/view/10292

Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.

Nurhayati. (2019). Perkembangan Individu. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 2(1), 26–46. https://doi.org/10.5281/zenodo.2575106

Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30653/001.201711.2

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241

Putra, W. (2022). Cognitive Development in the Golden Ages Perkembangan Kognitif pada Masa Golden Ages. 1(3), 215–224.

Rahmah, S. (2022). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. 2(3), 77–95.

Romla, S. (2021). Implementation of Merdeka Belajar at Kampus Merdeka " Rights to Learn Three Semesters Outside the Study Program " [Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka “ Hak Belajar Tiga Semester Di Luar Program Studi ”]. Proceedings of the International Consortium of Education and Culture Research Studies, 10(3), 11–24. https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1313

Salamun, S., Subakti, H., Arifin, R., Suesilowati, S., Tasrim, I. W., Chamidah, D., Purba, S., Karwanto, K., Masri, S., & Simarmata, J. (2022). Filsafat Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=wPx6EAAAQBAJ

Sari, E. M., & Tharir, A. (2021). Systematic Literature Review Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS), 1(1), 345–352.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 184–187.

Sopacua, J., & Fadli, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran, 26(1), 1. https://doi.org/10.30984/pp.v26i1.1413

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Ulandari, L., Ridha, A., Rozalita, D., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Analisis Kebijakan Standar Pembiayaan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 2596–4424.

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996

Downloads

Published

2022-12-26

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>