KONSEP PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR DALAM PANDANGAN FILSAFAT HUMANISME

Authors

  • Novalina Indriyani Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6738

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat memahami program kebijakan “Merdeka Belajar” yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam pandangan filsafat humanisme. Humanisme merupakan filsafat yang mengedapankan nilai-nilai kemanusiaan dan memandang bahwa manusia memiliki hak dan kebebasan dalam berfikir maupun bertindak. Ada kesamaan antara apa yang dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan konsep pendidikan filsafat humanisme. Penulisan artikel ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, yang mana bersumber dari literatur ilmiah yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian diperoleh konsep merdeka belajar dan filsafat humanisme menekankan aspek kebebasan, mandiri dan fleksibilitas suatu lembaga pendidikan dalam memahami kompetensi peserta didik. Peserta didik sebagai subjek pembelajaran dan kontrol dalam pembelajaran memainkan peran penting dalam penataan pembelajaran. Konsep ini memberikan kebebasan, pengalaman secara langsung, kreativitas, serta sikap dan persepsi positif tentang belajar sebagai model dasar dalam membangkitkan minat belajar peserta didik, yang pada akhirnya dapat menghasilkan keberhasilan dalam belajar dengan suasana yang membahagiakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A., & Nurhaeni. (2020). Pendidikan Humanis Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 17(2), 76–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v17i2.84

Adjam, S., Ibrahim, F., Saibi, N., Samili, A. O., & Hasim, J. (2022). Presepsi Guru dalam Penerapan Konsep Pendidikan Merdeka Belajar di SMP Negeri 31 Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 494–500. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6970716

Andayani, S. (2020). Pentingnya Menulis Kata Kunci Dengan Benar Pada Mesin Pencarian Untuk Melakukan Pencarian Yang Akurat. IQRA`: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 14(1), 111. https://doi.org/10.30829/iqra.v14i1.7574

Anjelina, W., Silvia, N., & Gitituati, N. (2021). Program Merdeka Belajar, Gebrakan Baru Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1977–1982.

Ansumanti. (2022). Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 1–6.

Arifin, S., Abidin, N., & Al Anshori, F. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 65–78.

Aziz, A., Suhada, & Masruri, A. (2022). Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini dengan Pendekatan Psikologi Humanistik Carl R. Rogers. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(2), 64–78. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.831

Bahar, H., & Sundi, V. H. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.

Deak, V., Wahidin, D., Sauri, S., & Sulistini, R. (2022). Implementasi Pembelajaran Kampus Mandiri dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(5), 1113–1128. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i5.1222

Farida, Y. E. (2015). Humanisme Dalam Pendidikan Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 105–120. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v12i1.306

Herpanda, Y., & Neviyarni. (2022). Relevansi Pemikiran Humanisme Terhadap Konsep Merdeka Belajar Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i2.1032

Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2097–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128

Muhtadi, M. (2021). Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Journal of Islamic Education, 7(01), 37–54. https://doi.org/10.53038/alashriyyah.v7i01.140

Muslikh. (2020). Landasan Filosofis Dan Analisis Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka. Jurnal Syntax Transformation, 1(3), 40–46. https://doi.org/10.46799/jst.v1i3.29

Nasution, A. G. J. (2020). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra UIN Sumatera Utara Medan AL ARABIYAH, 6(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v6i1.7921

Novalita, N., & Desyandri. (2022). Pandangan Filsafat Konstruktivisme Terhadap Konsep “Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10071–10074. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9991

Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 76–85. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2013). Curriculum : Foundations, Principles, and Issues. Boston: Pearson.

Prasetyo, O., & Pratomo, A. R. (2021). Evaluasi Penghapusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4102–4107. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1281

Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim dalam Implementasi Manajemen Kualitas Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9

Rohmah, N. N. S., Muckromin, A., & Fauziyati, E. (2022). Filsafat Humanisme Dan Implikasinya Dalam Konsep Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 135–143. http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2159

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152

Sari, E., & Noor, A. F. (2022). Kebijakan Pembelajaran Yang Merdeka: Dukungan Dan Kritik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.7

Sastrawan, K. B., & Primayana, K. H. (2020). Urgensi Pendidikan Humanisme Dalam Bingkai A Whole Person. Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(1), 1–12.

Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47–67. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1144

Sitopu, J. W. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar Di Sdit Ashabul Kahfi Kabupaten Deliserdang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(01), 39–50. https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5362

Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal SIKOLA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 220–234. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.118

Sundi, V. H., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Analisis Pengetahuan Mahasiswa Terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(01), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5365

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Tjalla, A., Sukma, D., Hendrawan, T. P., & Saleh, Z. (2022). Implementasi Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran Serta Penerapannya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 158–163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8683

Wulandari, A., Siregar, A. H., & Santiah. (2022). Pemenuhan Kebutuhan Tokoh Hertzko Haft dalam Novel Grafis Der Boxer Karya Reinhard Kleist: Kajian Psikologi Sastra. Brila: Journal of Foreign Language Education, 2(1), 50–68. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/brila/article/view/26182

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakata: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-23

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>