PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR CAKRAM WARNA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9434Keywords:
: Group Work Methods, Independent Learning, Color DiscsAbstract
This research is motivated by the lack of use of learning methods in SD Negeri 6 Muara Telang, especially the use of group work methods. The purpose of this study was to determine the influence of the group work method on the independence of color disc learning in class IV SD Negeri 6 Muara Telang. The research method used in this research is quantitative. This type of research uses correlation research. The sampling technique is using saturated sampling. that the results of the simple regression analysis show a significant number of 0.001 <0.05, which means that Ha is accepted and Ho is rejected, where Ha reads "There is a significant effect of the use of group work methods on the independence of learning color discs in class IV SD Negeri 6 Muara Telang".Downloads
References
Anisa, Farhan Yadi, Aldora Pratama (2023) Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 11 Muara Telang. Jurnal on education, 6 (1) 4475-4481Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada sekolah menengah atas. Jurnal ilmu pendidikan, keguruan, dan pembelajaran, 46.
Fauziddin, M. (2016). Peningkatan kemampuan kerja sama melalui kegiatan kerja kelompok pada anak kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Paud Tambusai, 36.
Haryani & Qalbi. (2021). Pemahaman guru paud tentang alat permainan edukatif (APE) di TK pratiwi 1 kota Bengkulu. Jurnal educhild (pendidikan & sosial), 8.
Haryanti, S. (2021). Pengantar statistika 1. Bandung: CV. Media sains Indonesia
Maesaroh, S. (n.d.). Peran metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam. Jurnal Kependidikan, 154.
Papasi, J. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 1 Totikum Sulawesi Tengah. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 340.
Pristiwanti, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911.
Pristiwanti, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7911.
Rahmadania, dkk. (2021). Peran pendidikan agama islam dalam keluarga dan masyarakat. Jurnal Edumaspul, 222.
Sinambela, dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Teoritik dan Praktik. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatifkualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta cv.
Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depok: Sinambela.
Sumantri, D. H. (2022). Profil aktivitas peserrta didik pada unjuk kerja berbasis proyek dalam pembelajaran daring materi sifat-sifat cahaya. Jurnal pendidikan dan sastra inggris.
Sundahri, Aldora Pratama (2021) Pengaruh pengetahuan awal terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada tema panas dan perpindahannya di kelas V SD. Jurnal riset pendidikan dasar, 4 (2) 108-116
Surani. (2022). Kemandirian belajar siswa kelas III SDN 066 Pekkabata dalam pembelajaran tematik. Jurnal Tongguru : Studi Pengajaran Pendidikan Formal, 2.
Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Keislaman, 342.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.